Ibadah Wajib Yang Paling Ringan

18.27.00

oleh : Ence Surahman, S.Pd


Sahabat yang baik hati, bagaimana kabarnya? Semoga kabar baik lahir batin menyertai hari-hari kita, saya mohon maaf karena sudah lama tidak lagi menyapa teman-teman semua. Masalahnya bukan karena saya sibuk, namun sejujurnya beberapa hari kemarin walaupun ada ide untuk menulis namun rupanya hanya sebatas ide dan tidak disertai dengan action untuk menulisknanya, sehingga idenya berlalu begitu saja. Dan melalui tulisan ini saya mencoba untuk memulai kembali kebiasaan menulis tulisan ringan saya yang semoga dapat memberikan  inspirasi untuk teman-teman semua.
                Kali ini saya mau cerita, tadi pagi tepatnya Kamis, 09 Januari 2014 sewaktu mengikuti agenda rutin dhuha dan pembacaan waqi’ah  bersama di musholah almujahadah Daarul Qur’an. Selepas kami melaksanakan shalat dhuha dan membaca surat waqi’ah bersama sebelum para siswa masuk kekelasnya masing-masing, seperti biasa ada ceramah singkat terlebih dahulu dari siswa yang dijadwalkan. Pagi ini yang bertindak selaku pembicara yakni ananda Agung Makmur siswa kelas XI IPS yang mengingatkan saya dan jama’ah yang hadir tentang ibadah wajib yang paling ringan.
                Sebelum saya lanjutkan, adakah diantara teman-teman yang mengetahui ibadah wajib tersebut? Yups betul sekali jawabannya adalah shalat yang lima waktu. Mengapa kemudian kita katakan ibadah wajib yang paling ringan? Jawabanya sederhana. Coba kita bandingkan dengan ibadah wajib lainnya yang semestinya dilakukan oleh semua orang muslim. Misalnya ibadah haji, untuk bisa ke tanah suci melaksanakan ibadha haji maka seseorang minimal harus menyiapkan uang tidak kurang dari 30 juta rupiah belum untuk keperluan lainnya. Artinya tidak semua orang dengan mudah bisa melaksanakan ibadah haji namun berbeda dengan ibadah shalat lima waktu.
                Berikutnya kita bandingkan dengan ibadah shaum, untuk melaksanakan ibadah shaum tentu hanya orang-orang yang masih kuat, sementara yang sudah tua tidak sanggup lagi melaksanakannya, sementara ibadah shalat lima waktu, mau yang muda ataupun yang tua tidak terlalu terkendala untuk melakukannya.

                Intinya shalat lima waktu adalah ibadah wajib yang paling ringan, cukup menyempatkan waktu minimal 5 menit untuk satu waktu dan sekitar 25 menit dari 24 jam waktu yang kita miliki sehari semalam, dan untuk melaksanakannya seseorang tidak mesti mengeluarkan anggaran khusus untuk bisa melakukannya. Hal ini semakin menjelaskan bahwa ibadah shalat wajib lima waktu adalah ibadah wajib yang paling ringan.
                Selain itu ibadah shalat juga menjadi ibadah yang paling utama dari ibadah-ibadah lainnya, bahkan ada keterangan yang menjelaskan bahwa ibadah shalat lima waktu sebagai tihangnya agama dan merupakan ibadah yang pertama kali akan dihisab kelak diyaumil hisab, wallahu’alam, semoga kita semua diberikan kekuatan dan taufik oleh Allah untuk senantiasa melaksanakan shalat lima waktu tepat waktu dan sebaiknya dilaksanakan secara berjama’ah dimesjid khususnya untuk kaum adam. Demikian semoga bermanfaat, aamiin. 

You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.