Langsung ke konten utama

Kajian Kemuslimahan Bilingual: Recharge Your Iman





            In order to increase the togetherness or silaturahim between the muslimah students of Pps UNY, “Kajian Kemuslimahan Bilingual” was held by KMP Kerohanian on December 4, 2015. Another purpose of the event was also to improve the English skills of the participants involved. Ibu Lusi Nurhayati, M.Appl.Ling., one of the English lecturers of FBS UNY, kindly delivered the religious lecture. All the participants reflected their enthusiasm during the religious lecture.
            The occasion started with a gentle discussion about our iman which always fluctuates, we could not agree more. It is such a normal thing that we realize our iman goes up and down. For one thing, we can never be sure of how high our iman is, or how high it will be. As a rule, iman is anything but static. Indeed the heart turns all the time, and we ask Allah, the Turner of hearts, to fix our hearts upon the right and straight path.
            Then, Ibu Lusi continued her lecture through explaining six tips that can help us to recharge our iman. Firstly, is having the will to start again. We know this famous quotes, “Where there is a will, there is a way”. Second, do not neglect your sholat. Whatever happens, even if you pray it with wavering concentration, do not stop praying. Third, randomly open the Qur’an and see what Allah wants to tell you. Whenever you feel like you are losing your energy and your performance is starting to drop, quickly turn to the Qur’an and you will always find a way out. Fourth, talk to a religious and knowledgeable person. Yes, it will definitely help you know exactly what you need to, so it will lift up your spirits again. Fifth, fast on a random day and do good on it. Fasting is a great iman booster especially when you accompany it with doing good to others. Sixth, Visualize and read about Paradise. Visualize the reward in the next life for holding on to your faith in this life which is imagine Paradise.
            Finally, the participants were given the chance to ask some questions. They spoke both English and Bahasa to make sure what they meant was. In due to Bilingual forum, Ibu Lusi also gave the answers with those two languages. We got some conclusions beside the six steps to recharge our iman. A good muslimah is always concerned about her iman. Guidance is in the hands of Allah. It is an ongoing, daily, series of actions and we have to go back to Allah to seek it over and over again. Last, we have to always remember this. Life is short. We do not know what is around the corner. Young people are passing away faster than elders. Nothing is promised except death. (Humas Media KMP UNY)  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste