Langsung ke konten utama

Mahasiswa Beprestasi Universitas Pendidikan Indonesia Tahun 2011


Pemilihan Mahasiswa beprestasi Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 26 Mei 2011 yang dikuti oleh 11 perwakilan terbaik (peringkat 1) dari masing-masing Fakultas dan Kampus Daerah, yaitu Ence Surahman Jurusan Teknologi Pendidikan/FIP, Fitranty Adirestuty Program Studi Pendidikan Ekonomi/FPEB, Reza Setiawan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin/FPTK, Reza Nurizki Program Studi Pendidikan Bahasa Perancis/FPBS, Annisa Nurramadhani Program Studi IPSE/FPMIPA, Yasmin Nindya CH Jurusan Pendidikan Sejarah/FPIPS, Leli Salimatul Hapsah Program Studi PGSD/Kampus Daerah Tasikmalaya, Sugih Gunawan Jurusan PJKR/FPOK, Aji Fauziana Ridwan Program Studi PGSD/Kampus Daerah Purwakarta, Cici Amaliana Program Studi PGSD/Kampus Daerah Serang, Farisa Zahrotul Latifah PGSD/Kampus Daerah Sumedang. 

Pedoman Umum Pemilihan Mapres 2011 didasarkan atas tes kepribadian, Indek Prestasi Kumulatif (IPK), Naskah Karya Tulis, Presentasi karya Tulis dalam bahasa Inggris/Asing, prestasi kegiatan ko dan ektrakurikuler. Pada ajang pemilihan mahasiswa beprestasi Universitas Pendidikan Indonesia dinilai oleh dewan juri pada kategori karyatulis, bahasa Inggris/Asing, ko dan ektrakurikuler kegiatan kemahasiswaan. Adapun juri yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. H. Aim Abdulkarim, M.Pd (Penilai Bidang IPS), Dr. Mudzakir, M.Si (Penilai Bidang IPA), Dr. H. Mubyar Agustin, M.Pd (Penilai Bidang Pendidikan), Dr. Cecep Darmawan, S.Pd.,S.IP., M.Si didampingi oleh Pembantu Dekan Akademik dan kemahasiswaan Fakultas beserta Direktur Kampus Daerah menjadi penilai bidang ko dan ektrakurikuler kegiatan kemahasiswaan.
Suasana pemilihan mahasiswa beprestasi ini sangat mengesankan sekali, dikarenakan para peserta mahasiswa beprestasi beradu kebolahan dengan presentasi menggunakan bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Perancis dan Bahasa Belanda. Dari semua para peserta mahasiswa beprestasi ini mengalami persaingan yang sangat ketat, hal tersebut dibuktikan dengan Indek Prestasi Kumulatif antara 3,4 sampai 3,96. Selain itu para peserta mapres juga memiliki berbagai karya tulis inovatif yang disajikan. Akan tetapi dari semua peserta terbaik mahasiswa berprestasi terbaik ini UPI harus memilih satu yang terbaik untuk mewakili Universitas Pendidikan Indonesia pada ajang pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat Nasional di Jakarta.
Mahasiswa Berprestasi Peringkat 1 diraih oleh Ence Surahman, lahir di Garut, Tanggal 5 Oktober 1989, anak kedua dari 3 bersaudara ini memiliki golongan darah 0, Kuliah di jurusan Kurikulum dan Tekologi Pendidikan UPI mengambil konsentrasi pendidikan guru TIK. Yang paling mengesan dari Ence adalah lahir dari orang tua yang berpendidikan SD dan menempuh puluhan kilometer agar bisa sekolah di SD,SMP dan SMA terbaik di Kabupaten Garut.
Tapi berbagai kekuarangan yang dimiliki bukan menjadi penghalang untuk bisa sukses, ence memiliki pengalaman aktif di oraganisasi yang pernah di geluti yaitu Ketua Departemen Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan. Sekarang menjadi Ketua Program Tutorial PAI MKDU Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak hanya itu juga aktif menjadi fungsionaris Badan Koordinasi Mentoring Se-Indonesia.
Kesuksesan Ence Surahman juga dibuktikan dengan prestasi akademiknya dengan meraih IPK 3,78 (Cumlaude). Kesungguhan, kerja keras dan dedikasinya dalam dunia kemahasiswaan dan akademik mengantarkan dia meraih juara 1 pemilihan mahasiswa Beprestasi Univbersitas Pendidikan Indonesia yang secara otomatis menjadi perwakilan UPI dalam pemilihan mahasiswa beprestasi tingkat nasional di Jakarta sebuah ajang kempetisi prestasi kemahasiswaan yang bergengsi di Indonesia.
Ence surahman mampu menjadi yang terbaik dalam kegiatan mahasiswa beprestasi tingkat universitas ini didukung dengan karya tulisnya dengan gagasan ''Pengembangan NC Mobile Learning Software untuk Akses dan Pemerataan Pendidikan''. Melaului karya tulis, pengalaman kegiatan ko dan ektrakurikuler dan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa inggris/bahasa asing, ence akan bersaing dengan juara-juara 1 mapres pada perguruan tinggi Negeri dan Swasta se Indonesia di Jakarta tanggal 13 s.d 16 Agustus 2011.
Sumber : http://www.upi.edu/spot/id/50/Mahasiswa-Beprestasi-Universitas-Pendidikan-Indonesia-Tahun-2011

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste