Langsung ke konten utama

Sambutan Ketua MITI KM di Agenda Ramah Tamah TemWil Jadiy




Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Yang kami hormati pimpinan kampus UNS sebagai tuan rumah beserta jajarannya
Yang kami hormati para Ketua dan Pengurus semua lembaga Mitra MITI KM wilayah JADIY yang sudah bekolaborasi aktif selama ini

Yang kami hormati ketua pelaksana kegiatan beserta jajaran panitia, semoga setiap hela nafasnya mendapatkan balasan yang setimpal dariNya, amin YRA.
Yang kami cintai dan kami banggakan para peserta kegiatan temwil, calon ilmuwan, teknolog, seniman, budayawan, pendidik, politisi, ekonom, semua yang sudah hadir semoga senantiasa dalam kesehatan dan semangat kompeten, profesional dan kontributif.

Hadirin tamu undangan yang berbahagia.
Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, shalawat dan salam kita haturkan kepada manusia pilihan Nabi Muhammad SAW. 

Sebelumnya saya sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya berhubung malam ini tidak dapat hadir secara langsung bertemu dengan para calon ilmuwan teknolog muda, berhubung saya sedang ada urusan lain yang mengharusnya untuk segera ditunaikan secara sempurna, semoga tidak mengurangi esensi pertemuan kita malam ini. insyaAllah jika tidak ada perubahan jadwal, hari Ahad, saya akan mengusahakan hadir di agenda temwil jadiy. 

Ada beberapa hal yang hendak saya sampaikan dalam sambutan kali ini.
Pertama, terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi aktif dalam mensukseskan kegiatan kita, terimakasih kepada para ketua dan pengurus lembaga mitra, para panitia dan peserta kegiatan. Yakinlah bahwa kegiatan kita bukan hanya sekedar kegiatan ceremonial, melainkan membawa spirit dan misi kemandirian bangsa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi masa depan. Suksesnya kegiatan kita tidak hanya diukur dari jumlah partisipan yang hadir, melainkan terjaganya mata rantai semangat para calon ilmuwan dan teknolog bangsa. MITI KM sebagai wadah yang sengaja dibentuk untuk menjalankan fungsi kaderisasi calon ilmuwan dan teknolog muda Indonesia di kampus. 

Kedua, proses mutulisme kita yang selama ini kita bangun dan kita bina bersama adalah strategi akselerasi dan kapitalisasi pencapaian visi dan misi kita, karena kita bergerak dalam ruh yang sama. Maka semangat kolaboratif harus selalu kita junjung tinggi, mengingat permasalahan yang sedang dihadapi umat manusia diseluruh dunia begitu komplek dan kemampuan kita secara mandiri sangat terbatas, sehingga proses bermitra adalah cara kita menyatukan visi dan langkah nyata kita dalam memberikan kontribusi kepaa dunia. 

Di level dunia, kita mengenal adanya FEW krisis. FEW merupakan  singkatan dari FOOD, ENERGI dan WATER. Sektor pangan, energi dan air bersih saat ini sedang menjadi masalah bersama dan sering menjadi bahasan dibeberapa konferensi dan para ilmuwan. 

Mari kita jawab, apa yang bisa kita lakukan dalam mencari solusi atas permasalahan tersebut. Mengenai pangan, MITI sudah memulainya dengan sebuah gerakan nasional yang bernama Go Pangan Lokal, tahun ini akan kita desain lebih kontributif dan minim resiko serta efektif secara waktu. Dalam bidang energi perlu kita galakan riset dan pengembangan tentang energi terbarukan. 

Ketiga, marilah kita berkolaborasi untuk kerjasama membangun asa demi tercapainya visi dan misi kita bersama. Fokus MITI KM tahun 2016 adalah kontribusi IPTEKS untuk membangun kesejahteraan bangsa. Melalui visi kepengurusan “Membangun Wadah SDM Unggul dalam Bidang IPTEKS yang berjiwa KPK (Kompeten, Profesional dan Kontributif)”, mari kita asah diri dan mitra MITI KM untuk memperbanyak kontribusi dalam menyelesaikan permasalahan masyarakat melalui kreasi dan inovasi IPTEKS. 

Fokus garapan MITI KM meliputi bidang teknologi, kesehatan, perekonomian, pangan, pendidikan dan penyikapan isu-isu strategis. Selanjutnya tahun ini kita akan lanjutkan proses penataan kelembagaan agar semakin kokoh, kemudian optimalisasi media baik online maupun offline, pengembangan bina wilayah baru di kawasan Indonesia timur meliputi Maluku dan Papua. Selanjutnya program pelayanan kepada mitra dan masyarakat ilmiah Indonesia berupa Jasa Unduh Jurnal International (JUJI), online essai, pendampingan  studi keluar nergeri melalui program youth connection. Di samping itu, mengingat banyaknya isu strategis yang terkait dengan hajat hidup masyarakat ilmiah Indonesia, maka MITI KM akan mulai membangun budaya kritis konstruktif dalam bentuk sikap MITI KM terhadap isu tersebut.

Demikian yang dapat saya sampaikan, terimakasih atas perhatiannnya dan mohon maaf atas segala kekurangannya. Selamat menikmati sajian agenda hingga selesai. 

Salam KPK (Kompeten, Profesional, Kontributif)
Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Solo, 4 Maret 2016
Ketua Umum MITI KM 2016
ttd
Ence Surahman, S.Pd

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste