Langsung ke konten utama

Jurnal Bidang Pendidikan Terindeks SSCI WoS dan Scopus di Afrika

 Salah satu tantangan studi PhD di luar negeri khususnya Taiwan adalah persyaratan publikasi karya ilmiah untuk syarat lulus yang mengharusnya terbit pada jurnal terindeks SSCI WoS. Secara umum jurnal yang sudah terindeks SSCI WoS bisa dipastikan juga terindeks di Scopus, namun tidak semua jurnal terindeks Scopus juga terindeks di SSCI WoS. Untuk mencari apakah suatu journal terindeks Scopus maka kita bisa menggunakan website https://www.scimagojr.com/journalrank.php?area=3300&country=Africa&category=3304 sedangkan untuk mengetahui apakah jurnal tersebut terindeks SSCI maka kita bisa menggunakan website https://mjl.clarivate.com/search-results agar informasinya tidak misleading maka kita gunakan ISSN agar pencarian lebih tepat.

Dari hasil pencarian saya pada hari ini, Ahad, 12 September 2021, di kawasan Afrika saya hanya menemukan 13 jurnal bidang pendidikan, dan hanya ada 3 jurnal yang terindeks SSCI. Memang tidak mudah suatu jurnal untuk terindeks di SSCI WoS. Sebagai gambaran, saat ini ada 6 jurnal bidang pendidikan Indonesia yang terindeks Scopus namun belum ada satupun yang terindeks di SSCI WoS. Adapun daftar jurnal bidang pendidikan di Afrika yang terindeks SSCI WoS adalah sebagai berikut.

JournalScopusSSCIURL
Education as ChangeQ2Yeshttps://upjournals.co.za/index.php/EAC/issue/archive
SA Journal of EducationQ2Yeshttp://sajournalofeducation.co.za/index.php/saje/index 
South African Journal for Research in Sport, Physical education and Recreation (SAJRSPER) Q4Yeshttps://www.sajrsper.com/

Daftar jurnal di atas bukan jaminan bahwa artikel Anda akan memenuhi syarat kelulusan, karena dalam faktanya proses review bahkan submit naskah itu dalam kontrol penuh supervisor. Sebagian supervisor tidak hanya melihat indeksasi SSCI tapi juga mempertimbangkan skor impact factor dari jurnal yang dituju. Apalagi kalau professor kita sudah berlangganan dengan jurnal-jurnal top, maka jangan harap akan dikasih ijin untuk submit ke jurnal-jurnal yang tidak masuk radar beliau. Jadi intinya mengenai proses submit naskah yang melibatkan nama SPV, kita harus selalu manut dengan titah dan arahannya. Demikian semoga bermanfaat.

Hsinshu, 12 September 2021 (16.50)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste