Langsung ke konten utama

Jurnal Internasional yang mempublikasikan artikel tentang STEM Education

Postingan ini ditujukan untuk para peneliti yang tertarik mendalami bidang STEM education. Kebetulan saat ini saya sedang membaca banyak artikel tentang topik tersebut. Artikel ini fokus untuk menyajikan informasi nama-nama jurnal internasional yang banyak berkontribusi dalam mempublikasikan karya ilmiah dengan topik STEM Education. Sumber utama dari postingan kali ini adalah artikel berjudul: Li, Y., Wang, K., Xiao, Y., & Froyd, J. E. (2020). Research and trends in STEM education: a systematic review of journal publications. International Journal of STEM Education7(1), 1-16. Pada artikel tersebut diinformasikan sebanyak 45 jurnal internasional yang paling berkontribusi dalam menyerbarluaskan hasil penelitian tentang STEM education. Daftar ke 45 jurnal tersebut dapat dilihat pada tautan berikut ini. Namun agar para pembaca dapat mengakses langsung ke halaman websitenya, maka pada tulisan kali akan saya tautkan masing-masing websitenya.

45 selected journals and the top 36 with STEM education publications

No.Journal nameStart yearScopusWoS
1African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education1997 Q3ESCI 
2American Educational Research Journal1964 Q1 SSCI 
3British Journal of Educational Technology1970 Q1SSCI 
4Canadian Journal of Science, Mathematics and Technology Education2001 Q2ESCI 
5Computers & Education1976 Q1SSCI 
6Educational Technology Research and Development1953 Q1SSCI 
7Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education2005 Q2
8European Journal of Engineering Education1975 Q1ESCI 
9European Journal of STEM Education2016 -
10International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education2013 Q4
11International Journal of Education in Mathematics, Science, and Technology2013 Q2ESCI 
12International Journal of Engineering Education1985 Q2SSCI 
13International Journal of Innovation in Science & Mathematics Education1997 Q3
14International Journal of Mathematical Education in Science and Technology1970 Q2 ESCI
15International Journal of Science and Mathematics Education2003 Q1SSCI
16International Journal of Science Education1979 Q1SSCI 
17International Journal of STEM Education2014 Q1SSCI 
18Journal for STEM Education Research2018 -
19Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching1981 -
20Journal of Engineering Education1912 Q1SSCI 
21Journal of Pre-College Engineering Education Research2011 Q1
22Journal of Professional Issues in Engineering Education and Practice1956 Q2
23Journal of Research in Science Teaching1963 Q1SSCI 
24Journal of Research in STEM Education2015 -
25Journal of Science Education and Technology1992 Q1SSCI 
26Journal of STEM Education2000 -
27Journal of STEM Outreach2018 -
28Journal of STEM Teacher Education1998 -
29Journal of Technology and Science Education2011 -
30Research in Science and Technological Education1983 Q2
31School Science and Mathematics1901 Q4ESCI 
32Science Education1916 Q1SSCI 
33Technology, Pedagogy and Education1992 Q1SSCI 
34The Journal of Educational Research1920 Q1SSCi 
35The STEAM Journal2013 -
36World Transactions on Engineering and Technology Education2002 Q3

(Journals listed below are those that did not have author self-identified STEM education publications)

37Engineering Science and Education Journal (closed in 2002)1992 -
38European Journal of Science and Mathematics Education2013 -
39International Journal for Technology in Mathematics Education2004 Q4ESCI 
40International Journal of Technology and Engineering Education2004 -
41Mathematics and Computer Education (closed in 2002)1967 -
42Teaching Mathematics and Computer Science2003 -
43Review of Science, Mathematics and ICT Education2007 -
44Journal of STEAM Education (Non-English)2018 -
45Science & Education1992 Q1SSCI 

Berdasarkan data pada tabel tersebut dapat kita lihat bahwa artikel dengan topik STEM education terbit pada beberapa jurnal. Secara rinci ada 15 jurnal Q1 dan Q2 yang terindeks di SSCI WoS. Rata-rata jurnal tersebut berada di bawah penerbit yang besar seperti Wiley, Springer, Taylor and Francis. Demikian semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste