Langsung ke konten utama

Postingan

HAKIKAT PENDIDIKAN

HAKIKAT PENDIDIKAN Pendidikan adalah ruhnya suatu bangsa, negara dan peradaban. Pendidikan tak ubahnya bagaikan pulsa bagi handphone, pendidikan layaknya pelumas bagi mesin-mesin yang berderu, pendidikan layaknya irama dalam sebuah syair lagu, pendidikan bagaikan peta dan kompas bagi penjelajah rimba yang tersesat, pendidikan bagaikan lubang cahaya bagi yang terjebak dalam gua, atau juga pendidikan seumpama wangi minyak kesturi disekitar tumpukan sampah busuk. Itulah sebutan yang cocok disandang oleh Pendidikan. Pada dasarnya tidak ada pendidikan yang salah, tidak ada pendidikan yang menyimpang, juga tidak ada pendidikan yang jelek karena hakikat dari pendidkan itu ialah untuk memanusiakan manusia. Begitu mulya bukan? Pertanyaannya mengapa didalam kehidupan kita, kadang sering mendengar yang namanya pendidikan menyimpang, atau lain hal yang menjelekan pendidikan. Saya menegaskan yang menyimpang dan yang salah bukan system pendidikannya melainkan pelaku (subjek dan objek) pendidika

PENGERTIAN BELAJAR

PENGERTIAN BELAJAR DIKAJI DARI SEJARAH DAN PERKEMBANGAN HASIL PEMIKIRAN PARA AHLI Tak ada satupun setiap aktivitas yang kita lalaui dalam keseharian kita, melainkan merupakan seuatu proses belajar. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan belajar? Dibawah ini akan saya uraikan beberapa pengertian para ahli dalam ranah pembelajaran, yang akan saya sajikan sesuai dengan titimangsa pemunculannya pengertian-pengertian tersebut. 1. Belajar adalah suatu perubahan yang tahan lama dalam mekanisme-mekanisme perilaku yang diakibakan oleh pengalaman-pengalaman dengan peristiwa-peristiwa lingkungan. ( Domjan dan Bukhard (1986) 2. B elajar adalah satu perubahan yang relatif tahan lama pada perilaku akibat pengalaman , ( Chance (1988) ) 3. Menurut Santrock, learning is a relatively permanent change in behaviour that occurs through experience (perubahan perilaku yang relatif tetap akibat pengalaman) (Mazur, 1990). 4. Belajar adalah suatu proses yang mana perubah

KOMUNIKASI DATA

PEMBAHASAN MAKALAH TENTANG KOMUNIKASI DATA 2.1 PENGERTIAN KOMUNIKASI DATA 1. Komunikasi data adalah transmisi atau proses pengiriman dan penerimaan data dari dua atau lebih device (sumber), melalui beberapa media. Media tersebut dapat berupa kabel koaksial, fiber optic (serat optic) , microware dan sebagainya. 2. Komunikasi data merupakan gabungan dari beberapa teknik pengolahan data. Dimana telekomunikasi yang dapat diartikan segala kegiatan yang berhubungan dengan penyaluran informasi dari titik ke titik lain. Sedangkan pengolahan data adalah segala kegiatan yag berhubungan dengan pengolahan. 2.2 JENIS-JENIS KOMUNIKASI DATA Secara umum jenis-jenis komunikasi data dibagi atau digolongkan menjadi dua macam yaitu : a. Infrakstruktur terrestrial Aksesnya dengan menggunakan media kabel dan nirkabel. Untuk membangun infrakstuktur terrestrial ini membutuhkan biaya yang tinggi, kapasitas bandwitch yang terbatas, biaya yang tinggi dikarenakan denga

MASALAH NASIONALISME DI INDONESIA

KAJIAN TENTANG MASALAH YANG TERJADI DINEGARA INDONESIA SAAT INI DIKAITKAN DENGAN NASIONALISME BANGSA YANG SEJAK DULU TELAH TERTANAM Oleh: Ence Surahman 0800201 Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Kelas Konsentrasi Pendidikan Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Sebuah studi tentang dampak terlupakannya penerapan nilai-nilai dan norma-norma kehidupan masyarakat di Indonesia. PROLOG Mata kita tidak akan bisa lepas begitu saja dari penglihatannya, mlut kita tidak akan bisa terdiam dengan phenomena yang terjadi, hati kita pun tidak akan berbohong lagi dengan semua relaita yang teramat jelas ada dihadapan kita saat ini berkaitan dengan pola kehidupan masayarakat khususnya Di Indonesia dan di dunia pada Umumnya. Indonesia adalah Negara yang terkenal dengan keragaman, baik itu keragaman rasnya, kepercayaannya, budaya, adat istiadat, prinsif hidup, kebisaaan, dll, yangmana hal itu semua telah diupayakan pe