Langsung ke konten utama

Postingan

MODEL DESAIN PEMBELAJARAN

UJIAN AKHIR SEMESTER Membuat Analisis Terhadap Model-Model Perencanaan Pembelajaran (Design Of Instructional) Serta Implementasinya Dalam Penyusunan Silabus Dan Rpp Disusun Sebagai Tugas Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Dosen Pengampu: Dra. Masitoh, M.Pd =================== ================== Disusun Oleh: Ence Surahman 0800201 Mahasiswa Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia-Bandung KATA PENGANTAR Pembelajaran bagian dari pendidikan, yang merupakan pilar penting dalam tubuh ketahanan nasional, menjadi sesuatu yang sangat penting untuk kemudian diperhatikan oleh semua kalangan, terlebih bagi orang-orang yang bergelut didalam dunia pendidikan. Pendidikan yang baik menjadi sebuah tolok ukur terhadap kualitas hidup manusia dijamannya. Pendidikan pada dasarnya terbagi dalam tiga jalur yaitu pendidikan formal (formaly education), pendidikan informal (informal

MASTERY LEARNING

=================================== MINI PAPER TENTANG: MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNNG) SEBAGAI MODEL BELAJAR YANG EFEKTIF UNTUK MEMBELAJARKAN PELAJARAN YANG PRAKTIS MISALNYA MATA PELAJARAN TIK DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS DOSEN MATA KULIAH KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN ================================== DOSEN: DRS. ASEP HERRY HERNAWAN, M.PD OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) ================================= MHS. KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA-BANDUNG ================= ASUMSI DASAR Metode pembelajaran adalah cara untuk mempermudah peserta didik mencapai kompetensi yang ditentukan.. Hal ini berlaku baik bagi guru (dalam pemilihan metode mengajar) maupun bagi peserta didik (dalam memilih strategi belajar). Dengan demikian semakin baik metode, akan semakin efektif pula pencapaian tujuan belajar (Winarno Surahmad, 1982). Langkah metode pembelajaran yang dipilih memainkan peranan uta

TAHUN BARU....? SIKAP KITA.....???

ANTARA TAHUN BARU ISLAM DENGAN TAHUN BARU MASEHI,,, BAGAIMANA SIKAP KITA SEBAGAI MUSLIM, SEHARUSNYA??? Ketika kita telah bertemu dengan bulan yang berakhiran ber, maka kitapun telah sama-sama faham bahwa tahun yang baru akan segera datang. Atau ketika kita telah bertemu dengan masa-masa ibadah haji, maka dalam urutan bulan Hijriah, hal itu menjelaskan tentang pergantian bilangan tahun yang baru. Dan secara otomatis pula dalam benak kita tengan tertulis bahwa dalam kalender masehi tengah menginjak usia kesekia tahun, missal untuk sekarang telah bersiap kedatangan tahun 2010, di hijriah sebagai tahun eksistensi Islam dimuka bumi tengah menyambut kedatangan tahun ke-1431. Dan inya Allah dibawah ini akan coba saya paparkan sikap kita yang sebaiknya dilakukan dalam rangka menyambut kedatangan moment istimewa itu, dan kitapun harus memahami momen istimewa umat muslim yang mana yang seharusnya, lantas yang lainnya terkait hal-hal yang tidak sepatutnya kita perhatikan dan kita kultuskan terka

KONSEP DASAR PEMBELAJARAN

KATA PENGANTAR Segala fuji, fuja dan syukur, beserta segenap penghambaan hendaknya senantiasa kita panjatkan hanya untuk Allah semata, Tuhan yang telah mencipta kita, sedang mengatur semua hal yang terjadi pada diri kita dan akan kepada-Nya kita semua mempertanggungjawabkan semua perbuatan selama hidup didunia pana ini. Alhamdulilah atas karunianya kami kelompok 1, telah selesai menyusun perbaikan (revisi) makalah yang telah kami persentasikan dalam persentasi kelas pada hari Rabu, 18 November 2009, pada kegiatan perkuliahan Kurikulum dan Pembelajaran kami. Salawat beserta salam semoga selamanya tercurah limpah atas baginda tercinta orang yang paling mulya dalam pandangan manusia dan juga Allah, seorang revolusioner, yang telah menghantarkan kita semua menuju titik cahaya terang untuk kebahagiaan yang hakiki. Yakni Nabi Muhammad SAW. Semoga sampai juga kepada keluarga tercintanya, sahabat setianya dan seluruh umatnya yang senantiasa taat, turut dan akan selamanya menjadi risalah agama

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

NAMA : ENCE SURAHMAN NIM: 0800201 MHS. KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA-BANDUNG ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang pembiayaan pendidikan, saya coba sedikit gambarkan diagram keterkaitan antara pendidikan dengan komponen-komponen manajemennya. Gambar di samping ini saya persepsikan bahwa kelima faktor penunjang pendidikan itu sangat vital perannya dalam rangka melaksanakan proses pendidikan, baik itu dilevel mikro ataupun makro, kesemua faktor penunjang itu sunggguh tidak bisa dipilah-pilah lagi, dan kesemuaannya, akan menjadi satu kesatuan yag terintegrasi, dengan kesimpulan bahwa hilangnya diantara salah satu dari kelima faktor penting ini akan mengakibatkan lemahnya kerangka pendidikan bahkan bisa mengakibatkan lesu atau terdiamnya proses pendidikan, sebagai contoh dalam aktivitas pendidikan, sementara biaya

Tanya Jawab tentang Pengelolaan Pendidikan

1. Urgensi mempelajari pengelolaan pendidikan Dalam UU No 20 Tahun 2003 tetang system pendidikan Nasional, disebutkan bahwa pendidikan merupakan upaya sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Karena pendidikan menyangkut hajat hidup orang banyak, terlebih merupakan hal vital yang harus diutamakan, maka dalam pelaksanaannya benar-benar harus dilakukan dengan tata kelola yang baik, tidak bisa pendidikan dilakukan serampangan atau se enak e dewe, atau semau gue. Dalam hal ini aktor-aktor yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan harus benar-benar faham akan tata kelola atau pengelolaan pendidikan, baik itu pendidikan level makro ataupun mikro. Karena merupakan satu kesatuan system, pendidikan harus dikelola dengan p

JAWABAN UTS KURPEMB 09

1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemikiran bagi pengembang dan pelaksana teknis dari kurikulum tersebut yang disusun. Ide berarti berupa hasil pemikiran atau akivitas intelektual. 2. Dimensi kurikulum sebagai suatu rencan