Langsung ke konten utama

DRAF MC FORMAL PEMBUKAAN TUTORIAL UPI

Pembukaan Program Tutorial

Pendidikan Agama Islam Mata Kuliah Umum

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Semester Ganjil 2008-2009

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yaa ‘alima ma fish-shudur, akhrijni, minazhulumati illannur.

Rabbi sahri sodri, waya sirli amri, wahlulukdatamilisani yaf kaul kauli.

Bapak Rektor Universitas Pendidikan Indonesia... yang kami hormati

Bapak Ketua Jurusan Mata Kuliah Umum Bunyamin Maftuh Drs.M.Pd,M.A yang kami hormati

Bapak Koordinator Penyelenggara Program Tutorial Mata Kuliah Umum Pendidikan Agama Islam A. Toto Suryana Afriatin Drs.M.Pd yang kami hormati

Bapak-bapak dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang kami hormati

Dan hadirin para peserta Program Tutorial yang kami banggakan

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa, atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berjumpa dalam keadaan sehat wal’afiat. Tiada lagi yang bisa kita nafikan dari segala nikmat Allah yang telah diberikan.

Shalawat beserta salam, semoga selalu tercurah kepada Nabi kita tercinta, Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wassalam. Juga kepada keluarganya, sahabatnya, dan ummatnya hingga akhir zaman. Amin.

Hadirin yang berbahagia…

Alhamdulillah, Allah telah membawa kita semua untuk bisa hadir mengikuti acara Pembukaan Program Tutorial Pendidikan Agama Islam Mata Kuliah Umum Universitas Pendidikan Indonesia semester ganjil 2008-2009.

Ijinkan saya, Ence Surahman Mahasiswa Jurusan kurikulum dan Teknologi Pendidikan angkatan 2008 memandu acara pembukaan ini.

Untuk mengawali jalnnya acara, marilah kita bersam-sama mengucapkan “Basmallah”

Bismillahirrohmanirrohim…

Rangkaian acara untuk Pembukaan Program Tutorial ini adalah :

1. Pembukaan

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

3. Sambutan-sambutan

4. Pembukaan secara resmi

5. Do’a awal kegiatan

6. Penutup

Hadirin yang berbahagia…

Mari kita beranjak pada acara selanjutnya. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dilantunkan oleh Saudara… dengan saritilawah Saudara/i…

keduanya merupakan perwakilan dari UPTQ UPI.

(pembacaan aya suci Al-Qur’an)

Jazakumullah khairan, semoga tilatil qur’an tadi bisa memberikan jalan hidayah bagi yang mendengarkan, dan bagi ummat Islam pada umumnya.

Beranjak pada acara selanjutnya, sambutan Ketua Umum Program Tutorial, yang akan disampaikan Saudara Herman Felany, kepadanya kami persilahkan.

(Ketum Sambutan)

Sambutan ke-2 akan disampaikan Koordinator Penyelenggara Program Tutorial Mata Kuliah Umum Pendidikan Agama Islam Universitas Pendidikan Indonesia.

Kepada Bapak… Kami persilahkan.

(Sambutan Koordinator Penyelenggara Program Tutorial)

Selanjutnya sambutan dari Rektor Universitas Pendidikan Indonesia

Sekaligus membuka secara resmi Pembukaan Program Tutorial semester ganjil 2008-2009.

(Rektor sambutan)

Hadirin yang berbahagia dengan demikian kegiatan Program Tutorial semester ganjil 2008-2009 telah dibuka secara resmi.

Selanjutnya marilah kita berdo’a kepada Allah Subhanahu Wata’ala agar kegiatan yang akan kita laksanakan mendapatkan ridhaa dan menjadi amalan bagi kita semua. Pembacaan do’a awal kegiatan akan dipimpin oleh Elan Sumarna M.Ag kepadanya kami persilahkan.

(Dosen memimpin baca do’a)

Hadirin yang berbahagia…

Selesai sudah rangkaian acara pembukaan hari ini. Dari mimbar ini kami ucapkan selamat menjalani kegiatan Program Tutorial dan semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa meridhaai setiap pilihan langkah yang kita pilih.

Marilah kita akhiri acara pembukaan ini dengan mengucapkan “Hamdallah”

Alhamdulillahirobbil’alamin…

Wabillahi taufik walhidayah, wassalamu’alaiakum warahmatullahi wabarakatuh.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste