Langsung ke konten utama

TOR MATERI BIAR DUNIA KAMPUS NGGAK MAMPUS

KLU-KLU MATERI YANG DIHARAPKAN:

TEMA MATERI : “BIAR PRIBADI ANAK KAMPUS NGGAK MAMPUS”

DURASI MATERI :60 MENIT+SESI TANYA JAWAB

PERTIMBANGAN DIANGKATNYA TEMA DIATAS:

1. MENGINGAT :1. Tidak sedikit mahasiswa yang tidak faham tugas dan fungsi serta tanggungjawabnya sebagai insan pendidikan

2. Masih saja ada mahasiswa yang belum mampu menempatkan dirinya sebagai mahasiswa, realitanya mereka masih biasa membawa dan melakukan kebiasaan-kebiasaan sewaktu di SMAnya dulu.

3.Ada mitos bahwa kehidupan sewaktu mahasiswa itu adalah kehidupan yang serba bebas, apalagi jauh dari orang tua, sehingga masih ada mahasiswa yang lebih memilih kediskotik, atau nonton kebioskop, tidak terkecuali ada mahsiswa yang minum minuman keras sewaktu menghadapi banyak tugas kuliah, mungkin karena alasan depresi. Tidak terlewat juga yang biasa berhubungan dengan sesama jenis tanpa batas, padahal islam sangat jelas melarang hal itu.

4. Tidak sedikit mahasiswa namun memakai casing seperti preman (laki-laki), atau seperti wanita tuna susila (WTS) (perempuan), maksdunya pakaiannnya tidak menunjukan insan pendidikan,

5. Tidak sedikit mahasiswa yang lebih suka senang-senang saja dibandingkan menambah wawasannya.

6. Tidak sedikit mahasiswa yang kesannya mengesampingkan agama, seolah tabu ketika berbicara tentang islam, ibadah dsb.

7. Hilangnya sikap peduli kepada masalah umat/rakyat alias tidak kritis, tidak ada sedikitpun simpati dan empati.

8. Banyak mahasiswa yang tidak menghormati dosen, baik itu ketika tatap muka dikelas (ribut), atau misalnya ketika diberikan tugas suka banyak yang ngeyel, dan mengerjakannya asal-asalan.

9. Jika dibandingkan dengan generasi zaman dulu tentu sangat berbeda sekali, apalagi jika dibandingkan dengan pribadi cendikiawan pada saat prakemerdekaan.

2. MENIMBANG :1. Tugas mahasiswa sebagai agent of change, yang benar-benar perlu dibuktikan dalam setiap jejak langkah kehidupan sebagai mahasiswa, baik itu dikampus ataupun dirumahnya.

2. Mahasiswa adalah generasi harapan bangsa. Generasi yang akan menggantikan.

3. Kuliah adalah jejak yang harus mantap dalam rangka mempersiapkan menjadi bagian masyarakat.

4.Lalu seperti apakah prilaku mahasiswa yang seharusnya dimunculkan oleh mahasiswa.

3. MEMUTUSKAN :Dirasa perlu diberikan pemahaman bahwa kampus seharusnya dijadikan ladang untuk mencari dan menambah wawasan untuk mempersiapkan diri ketika memasuki masyarakat, dengan selalu mengutamakan agama.

Catatan: Klu diatas hanya garis besarnya, tafadol ditambahkan yang lebih konkritnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste