Langsung ke konten utama

Analis Buku sumber

Deskripsi Tugas.
Tugas ini bersifat individu, merupakan tugas dari topik materi tentang Sumber bahan ajar cetak (printed material). Alhamdulilah saya kebagian jenis buku sumber yang akan saya analisis. Kemudian hasil analisis ini nantinya akan menjadi bahan acuan saya dan teman-teman mahasiswa ketika menyusun bahan ajar untuk siswa.
1. Identitas Buku
Dibawah ini akan saya paparkan identitas buku yang saya analisis.
Judul Buku : FIQIH SUNNAH Jilid 1
Judul asli : Fiqhus Sunnah
Penulis : Sayyid Sabiq
Penerjemah : Nor Hasanuddin, Lc, MA, Dkk
Penyunting : Dendi Irfan
Arif Anggoro
Dadi M. Hasan Basri
Jumlah halaman: 593 halaman
Desain Sampul : Agi Sandyta
Desain Isi dan tata letak : Iman Cahya
Jenis Kertas : Costum Size (25x15 cm)
Tebal buku : 4 cm
ISBN : 979-3855-28-2
Cetakan 1 : Maret 2006
Penerbit : Pena Pundi Aksara
Jln. Cempaka Putih tengah XVIII No. 12
Cempaka Putih, Jakarta – pusat 10510
Email: penerbitpena@yahoo.co.id
Web : www.penerbitpena.com
Anggota IKAPI
Pengantar : Imam Hasan Al-Banna

2. Sinopsis Buku
Karya monumental dari Syekh Sayyid Sabiq ini mengupas masalah-masalah fiqih Islam berdasarkan dalil-dalilyang bersumber dari Al-Qur’an, Sunnah yang sahih, dan ijma’ulama kaum muslimin. Memberikan bentuk yang sebenarnya tentang fikih Islam, juga agar umat Islam dapat berpegang teguh kepada kitab dan sunah serta melenyapkan pertikaian pendapat, fanatic mazhab, dan menghapus mitos yang mengatakan bahwa pintu ijtihad belum tertutup.
Dipaparkan secara mudah dan praktis disertai dengan kupasan panjang lebar sehingga sesuai dengan kebutuhan ymat saat ini. Karena itulah, tidak mengherankan jika buku ini menjadi salah satu rujukan utama dalam masalah fikih dihampir semua penjuru dunia islam.
Jilid pertama dari empat jilid ini mengupas mulai dari masalah Thaharah dengan berbagai macamnya, shalat wajib, hingga sebagian masalah zakat.
















3. Instrumen Penilaian dan Deskrisi
No Aspek Yang Dinilai Skala* Deskripsi
B C K
1 Cara Penyajian Buku
1. Urutan keteraturan tema pembahasan Ñ´ Tema pembahasan dalam buku ini sangat baik, berurutan antara tema, disesuaikan dengan topik umum pembasahan, karena memang dalam pembahasan fikih, harus berurutan sesuai dengan kaidah.
2. Tahapan Penyajian Ñ´ Semua kelengkapan ada dan terpenuhi, diawali dengan daftar, isi, pengantar, legalitas hak cipta untuk percetakan, pendahuluan dan pembahasan yang jelas, hanya karena buku fikih sunah karang Sayid sabiq ini ada samapi 4 jilid, sehingga di jilid 1 ini tidak ada penutup, indeks, glosarium dll.
3. Saling memperkuat isi materi Ñ´ Saya tilai sangat baik, karena seperti yang saya kemukaakan diatas, untuk buku-buku seperti buku fikih ini, memang pembahsan-nya tidak bisa sembarangan saja, tetapi harus sesuai dengan kaidah.
4. Menarik untuk pembaca Ñ´ Sekalipun buku ini bukan buku bacaan dengan bahsa yang formal, namun buku ini terkesan lebih luwes, apalagi ditambah dengan motif-motif yang cukup menghiasi, manambah asik untuk membacanya.
5. Merangsang dan menangtang pembaca untuk terus mempelajarinya Ñ´ Pembahasannya banyak yang berhubungan, jadi ketika kita membaca suatu topik, banyak yang berhubungan dengan materi dibab atau tema yang lain. Sehingga membuat pembaca menajdi penasaran untuk membaca topik yang berhubunngan.
6. Sistematika penulisan memperhatikan aspek kemampuan kognitif pembaca Ñ´ Karena buku ini bersifat umum, jadi pembahasannya tidak ada pengkhususan untuk pembaca dengan perkembangan tertentu, buku ini tidak melihat siapa yang akan membaca, mau anak-anak, remaja, orang dewasa, atau bahkan orang tua sekalipun, dan juga tidak memperhatikan gelar akademik pembacanya. Sehingga untuk indikator yang ini saya tilai kurang baik.
2 Bahasa
1. Benar, baik dan baku (B3) Ñ´ Setelah saya telaah buku ini, saya tidak menemukan kesalahan dalam penulisan ejaan, atau kesalahan penempatan bahasa, dan penuturan kalimat juga penempatan istilah yang baku, sehingga walaupun buku ini adalah terjemahan namun saya sangat salut karena tidak terdapat kesalahan-kesalahan terkait dengan penilaian benar, baik dan baku. Semuanya sudah sangat baik.
2. Penentuan jenis dan ukuran huruf Ñ´ Buku ini penulisannya dalam bentuk 2 kolom, artinya tulisan Koran, dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran huruf 10. Sehingga ukuran kertas dan lay out tulisan sangat baik, dan tidak terlalu kecilataupun besar.
3. Ketepatan dalam penulisan istilah, kosakata dan symbol Ñ´ Hal ini saya nilai baik, karena dalam buku ini banyak istilah yang digunakan khususnya istilah dalam bahasa arab, namun secara kaidah penulisannya sudah benar, begitupun dalam penulisan kosa kata dan symbol dalam tulisan.
4. Kesesuaian dengan kaidah EYD (tanda baca) Ñ´ Saya rasa sangat baik, karena kaidah tanda baca, serta tat aturan penulisan dlama buku ini sudah sangat baik dan tidak terdapat kesalahan-kesalahan, sangat berbeda dengan buku-buku yang lainnya.
5. Membedakan tema, dan pembahasan Ñ´ Selain dari hal diatas kelebihan dalam buku ini adalah memudahkan pembaca untuk bisa membedakan, mana judul, tema, topik biasanya jenis hurufnya lebih besar, dan ada yang dibedakan dengan ditambah Bold dan isi, serta hal lain, missal untuk terjemahan hadist dan ayat Alqur’an dalam bentuk tulisan yang italic.
3 Ilustrasi penjelasan materi
1. Relevan dengan isi pembahasan Ñ´ Saya nilai ini baik, karena pembahasan sangat relevan, jadi pembahasannya tidakkeluar dari ranah pembahasan, semuanya teratur dengan baik apalagi ditambahkan dengan pengaut berupa hadist dan keterangan yang shohih.
2. Tidak mengganggu kesinambungan antar kalimat, antar paragraf, dan antar bagian dari keseluruhan isi buku Ñ´ Secara umum saya menilai, penulis dan editor sangat memahami dalam rangka memadukan kata demi kata, kata menjadi kalimat, kalimat menjadi paragraf, dan bagian-bagian dalam pembahasan, dan seluruh isi buku sangat baik, teratur, terpadu, sistematis, sehingga membentuk pembahasanyang utuh, baik dan benar. Baik secara etika bahasa ataupun keshohihan isi.
3. Terpadu dari keseluruhan Ñ´ Materi yang dipaparkan oleh penulis sangat terpadu, sehingga rangkaian pembahasan secara keseluruhan menjadi utuh.
4. Jelas baik dan esensial atau menjelaskan isi pembahasan Ñ´ Salah satu kelebihan buku Fikih Sunnah ini sehingga saya memberikan nilai baik adalah yang ditulis oleh penulis sangat esensial, artinya sangat mendasar, dan tidak kesana-kemari, pemahasannya sangat utuh dan baik.
4 Kelengkapan buku standar
1. Judul dan sampul (desain sampul) Ñ´ Penulisan judul buku mendapat penilain labih dari saya, berbeda dengan kebanyakan buku ang lain apalagi jika dibandingkan dengan buku-buku yang bacaan atau komik, sangat jauh, karena judul buku ditulis dengan format sederhana, namun dengan tulisan yang mencolok dan mononjol, sehingga sangat memikat, ditambah dengan sampaul yang top, saya telaah, sampulnya sangat menari kuntuk dilihat, dengan motif bunga yang berdesai kaligrafi menambah indah wujud dan bentuk buku. Pemilihan warna sampulnyapun sangat elegan.
2. Keberadaan persembahan Ñ´ Sekalipun hal ini bukan sebuah keharusan, namun menjadi biasaan dalam buku-buku, bahkan dalam skripsi, tesis dan buku formal lain, dalam hal ini pun penulispun mempersembahakan buku untuk semua orang yang igin mempelajari tentang fikih Islam, hal yang menarik justru sederetan kalimat ini mengandung unsure motivatif bagi pembaca. Selain itu dilembar kedua terdapat tulisan pembuka semua aktivitas orang Islam yaitu kalimah Albasmalah. Dan ini menunjukan sebuah pembelajaran untuk semua muslim.
3. Keberadaan identitas buku Ñ´ Hal ini menjadi sebuah keharusan dalam buku, dalam buku ini sangat jelas dan menjelaskan kepada pembaca tentang informasi dalam jilid buku ini. Hanya karena buku ini terdapat 4 jilid, sehingga jumlah halaman tidak dituliskan.
4. Keberadaan dan sistematika penyusunan daftar isi materi Ñ´ Penulisan daftar isi buku ini punya kelebihan tersendiri, selain sistematikanya yang sederhana, namun jelas topik-topik pembahasannya , selian itu ditambah dengan warna backgroud yang mencolok (pink) sehingga daftar ini terkesan sangat menarik.
5. Keberadaan pengantar dan pendahuluan buku Ñ´ Pengantar menjadi keharusan juga, baik itu pengantar dari penulis ataupun penerbit, atu bahkan pengantar dari seseorang yang dianggap punya title sehingga menambah kesan baik dan layaknya buku dibaca, dalam hal ini buku fikih sunnah inipun terdapat pengatar dari seorang Imam dari Mesir yaitu Imam hasan Al-Banna pendiri Organisasi Islam Dunia Ikhwanul Muslimin, yang benyak memberikan kontribusi nyatra dalam kehidupan berIslam, berupa pembinaan umat.
6. Pembahasan materi-materi Ñ´ Bagian ini manjadi yang sangat penting untuk diperhatikan. Sayapun begitu, sangat menyoroti isi dari buku ini, dan ternyata sangat luar biasa, saya menjadi semakin sadar bahwa orang-orang Islam banyak yang punya kelebihan dalam menulis, dan mengeluarkan gagasan, begitupun Syeh Sayyid Sabiq, sangat luar biasa beliau memaparkan materinya, dengan pembasahan yang sistematis, serta dengan bahasa yang sangat supel, sehingga membiuat kita nyaman dalam membacanya. Selian itu yang paling penting adalah tingkat validitas atau kesohihan isi buku. Sehingga bukunya bisa diterima oleh semua kalangan, karena tidak menimbulkan pertentangan, hal itu bukti bahwa penulis sangat memahami hukum fikih secara utuh.
7. Keberadaan halaman, dan footer Ñ´ Halaman ditulis dengan dikurungi oleh kotak, sehingga menjadi lebih jelas terlihat, selain itu tulisan footer disesuaikan dengan pembahsannya, artinya sesuai dengan pembahasan materinya.
*Ket : B=Baik,
C=Cukup,
K=Kurang.

4. Penutup/Kesimpulan
Secara umum, setelah saya telaah, analisis secara cermat buku yang berjudul Fikih Sunnah ini, saya menyimpulkan bahwa buku ini syarat dengan kelebihan, dan keistimewaan, sampai akhirnya saya menilai baik semua elemen dari instrumen penilain buku ini.
Selain itu buku ini mempunyai manfaat yang banyak, karena buku seperti ini menjadi sumber rujukan yang sangat penting bagi seorang muslim dalam melaksanakan dan mengaktualisasikan dirinya dalam rangka menghamba kepada Tuhannya.
Saya berkesimpulan buku ini layak dan sangat baik untuk jadi bahan rujukan, semua orang yang memerlukan isi dari pembahasan dalam buku ini.


Badung, 28 Februari 2010
Analis buku


Ence Surahman
NIM.0800201

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste