Langsung ke konten utama

Mengungkap hikmah dibalik Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Oleh Ence Surahman
Tepat 1339 Tahun yang lalu, disuatu tempat yang saat ini kita kenal dengan nama Mekah, lahirlah seorang manusia pilihan Allah, yang ketika terlahir dalam keadaan yatim atau telah ditinggal mati oleh sang Ayah. Terlahir dari rahim seorang ibu yang sangat mencintainya yaitu Siti Aminah, bayi yang lahir pada tanggal 12 Robiul awal ini bernama Muhammad. Seorang yatim yang besar dibawah asuhan kakek dan pamannya.
Kelahiran seorang hamba Allah, ini memang telah ada dalam skenario Allah, bahkan title beliau sebagai nabi ini telah Allah beritahukan dalam kitab sebelum Al-Qur’an, yang kemudian ada ahli-ahli kitab yang baik yang meyakini hal tersebut. Bahkan dalam keterangan dinyatakan bahwa nabi Musa sekalipun menginginkan menjadi umat Nabi Muhamad ini. Siapa sangka anak yang besar dikeluarga kafir Quraiy ini, menjadi nabi yang sangat Allah cintai, menjadi nabi yang punya hak untuk menyelematkan atau memberi safaat kepada umatnya nanti diyaumul hisab, seorang pemimpin yang adil dan bijaksana sehingga dicintai oleh semua orang khususnya para pengikutnya. Bahkan risalah yang dibawanya senantia melekat dalam diri pengikutnya walaupun terhalang waktu dan jarak yang sangat jauh. Namun itulah kehendak Allah, Allah memberi kepada yang Ia kehendaki.
Kalau kita membicarakan tentang kisah/sejarah (Syiroh) perjalanannya, maka akan sangat lama, untuk itu dalam tulisan ini, saya akan mencoba untuk menguraikan hikmah-hikamh dibalik kelahiran Nabi Muhammad SAW. Diantaranya sesuai dengan pemahaman saya adalah sebagai berikut:
1. Pembawa risalah dakwah (ajakan/seruan) kepada semua manusia dari berbagai penjuru muka bumi, dari bebagai ras dan suku bangsa yang berbeda agar hanya menuhankan 1 Tuhan saja yaitu Allah.
2. Pembawa penerang jalan hidup manusia. Yang pada kesempatan itu moral dan akhlak kebanyakan manusia tidak lebih baik dari pada hewan,
3. Pembawa peringatan kepada manusia yang tidak taat kepada Allah
4. Pembawa kabar gembira bagi manusia yang taat dalam menjalankan aktivitas yang diperintahkan Allah,
5. Pemberi tauladan yang baik, dari berbagai sisi, baik sisi beliau sebagai kepala keluarga, sebagai Nabi, sebagai pemimpin umat, sebagai ahli ibadah, sebagai manusia biasa dsb. Sampai-sampai semua perbuatan, perkataan beliau ditulis menjadi sebuah pedoman hidup ke-2 umat muslim setelah Al-Qur’an yaitu Hadist, dan menjadi tuntunan semua umatnya.
Hikmah diatas belum semuanya tertulis, sebenarnya masih banyak hikmah yang bisa kita temukan. Namun demikian, dari semua hikmah yang ada itu pada intinya adalah bagaimana caranya agar kecintaan kita kepada beliau semakin kuat, dan istiqomah untuk meneruskan dan menjalankan semua risalah ini dengan komitmen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste