4 Kesan Setelah Ramadhan

02.53.00


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(Inspirasi Lebaran)

Ramadhan telah kita lalui, dan insya Allah kewajiban ramadhan telah kita penuhi, kita serahkan sepenuhnya kepada Allah untuk hasil yang akan kita dapatkan dari ramadhan, namun kita tetap berdo’a semoga kita sampai pada tujuan utama ramadhan yakni pribadi mutaaqin dan dihapuskannya dosa dan kesalahan yang telah lalu. Aamiin.
Setelah kita melakukan minimal 5 pembersihan diri meliputi tazkiyatul akal, tazkiyatul amal, tazkiyatul maal, tazkiyatul qolbi dan tazkiyatul nafsi, maka dengan begitu insya Allah setidaknya ada 4 kesan yang akan kita dapatkan setelahnya, yakni;
Pertama kesan fisiolgi yakni kesan yang berkaitan dengan pisik kita, insya Allah pisik kita akan sehat karena shaum akan membuatnya demikian, hal itu disebabkan teraturnya pola makan dan istirahat yang dilakukan selama ramadhan maka insya Allah pisik kita akan sehat dan bugar.
Kedua kesan psikologi, yakni berkaitan dengan kesan kejiwaan diri kita, insya Allah proses shaum yang telah kita upayakan dengan baik, akan mendidik kita untuk memiliki kejiwaan yang baik jiwa yang lembut, jiwa yang tidak mudah marah, jiwa yang tidak mudah putus asa, jiwa yang rendah hati dan tidak sombong dan jiwa yang penuh rasa bahagia karena telah melewati ujian dengan baik dan itulah visi jauh kedepan kita, yakni didunia telah diuji dengan banyak ujian, dan insya Allah diakhirat kita dapati balasan dari Allah berupa kebahagiaan.
Ketiga kesan sosiologi yakni kesan berjama’ah dengan antas sesama, bulan puasa telah melatih kita untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan prinsip-prinsip bersosialisasi yakni dalam shalat berjama’ah, dan shalat taraweh dan witir semua telah mengajarkan kita arti kebersamaan yang hakiki. Tidak ada yang tinggi dan rendah dalam pandangan Allah yang membedakan hanya keimanan dan ketaqwaannya. Maka yang kaya dan miskin akan dipandang sama dan ketika shalat berjama’ah maka semuanya telah sama dan seragam itulah hakikat dari kebersamaan atau ijtima dari inspirasi ramadhan yang telah kita lewati.
Dan yang keempat adalah kesan teologi yakni kesan yang berkaitan dengan keagamaan kita kesan yang berhubungan dengan keyakinan kita kepada Allah swt, ramadhan telah mengajarkan banyak hal kepada kita dan itulah yang menjadi tujuan ramadhan kita yakni meningkatnya keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah swt.
Semoga keempat kisan tadi meliputi kesan fisiologi, kesan psikologi, kesan sosiologi dan kesan teologi kita bisa melekat rapat dalam diri kita dan kita bisa menjadi ramadhan sebagai bulan teladan untuk kita teruskan amalan-amalannya disebelas bulan kedepan dan semoga Allah memberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan ramadhan tahun depan, aamiin.  


You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.