Langsung ke konten utama

5 Hal Yang Sudah Kita Bersihkan Di Bulan Ramadhan


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(Inspirasi Lebaran)

Sahabat yang baik hati, yang telah melewati rintangan dan ujian selama ramadhan kemarin, dan saya ingin sampaikan selamat kembali fitrah dan semoga Allah telah mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu, dan setelah ini mari melangkah dengan penuh optimisme dan kepuh keyakinan bahwa dosa-dosa kita yang telah menumpuk semoga tidaka da satupun yang Allah sisakan melainkan telah dihapusNya. Aamiin.
Pada tulisan inspirasi lebaran ini saya ingin berbagi mengenai beberapa hal yang pada hakikatya telah kita bersihkan selama ramadhan kemarin dan semoga memang kita telah melakukannya dengan amat rapi dan tidak setengah-setengah.
Kurang lebih ada 5 hal yang telah kita bersihkan, diantaranya;
Pertama tazkiyatul akal, yakni insya Allah kita telah melakukan pembersihan akal kita dari pikiran-pikiran yang tidak semestinya. Proses ini telah kita lakukan dengan cara memperbanyak mengikuti kajian ilmu baik secara langsung ataupun melalui  media elektronik, memperbanyak bacaan buku-buku yang akan membuat kita paham akan ilmu. Maka dengan begitu kita telah melakukan tazkiyatul akal kita.
Kedua tazkiyatul amal, dengan banyaknya perbuatan baik yang kita lakukan selama bulan ramadhan, dan insya Allah kita akan selalu melakukannya dengan penuh keikhlasan maka dengan begitu insya Allah amal-amal kita akan terhindar dari perbuatan riya terlebih sombong, dan itulah kunci diterimanya amal-amal yang kita lakukan yakni, diperintahkan oleh Allah dan dicontohkan oleh rosulullah serta kita lakukan dengan penuh keikhlasan.
Ketiga tazkiyatul maal, selama ramadhan insya Allah kita telah memprogramkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan upaya membersihkan harta kita, diantaranya dengan mengeluarkan zakat profesi, infak dan sedekah, memberikan buka dan sahur untuk mereka yang tidak mampu, memberikan bantuan hari raya dan sejenisnya yang insya Allah dengan begitu harta-harta yang Allah tiitipkan kepada kita bisa bersih dan hak-haknya.
Keempat tazkiyatul qolbi, insya Allah amal ibadah dan aktivitas kita selama shaum, akan membuat hati kita terjaga dari penyakit-penyakit hati seperti iri, dengki, hasad, riya, sombong, dan sejenisnya yang berkaitan dengan penyakit hati, dengan proses menjaga diri selama ramadhan maka insya Allah hati kita telah dididik untuk menjadi hati yang baik, hati yang lembut hati yang penuh harap dan takut kepada Allah swt.
Kelima tazkiyatul nafsi, setelah ramadhan usai, setelah insya Allah banyak perbuatan baik kita lakukan, setelah harta kita dibersihkan, begitupun amal perbuatan kita dan juga akal serta hati kita, maka insya Allah diri kita juga telah kita bersihkan, dan semoga dengan begitu kita hadir menjadi pribadi yang mutaqqin dan yang kembali kefitrah. Mari kita berdo’a allahumaj’alna minal ‘aidzin walfaidzin, aamiin ya rabbal’alamin.  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste