5 Hal Yang Sudah Kita Bersihkan Di Bulan Ramadhan

02.52.00


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(Inspirasi Lebaran)

Sahabat yang baik hati, yang telah melewati rintangan dan ujian selama ramadhan kemarin, dan saya ingin sampaikan selamat kembali fitrah dan semoga Allah telah mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu, dan setelah ini mari melangkah dengan penuh optimisme dan kepuh keyakinan bahwa dosa-dosa kita yang telah menumpuk semoga tidaka da satupun yang Allah sisakan melainkan telah dihapusNya. Aamiin.
Pada tulisan inspirasi lebaran ini saya ingin berbagi mengenai beberapa hal yang pada hakikatya telah kita bersihkan selama ramadhan kemarin dan semoga memang kita telah melakukannya dengan amat rapi dan tidak setengah-setengah.
Kurang lebih ada 5 hal yang telah kita bersihkan, diantaranya;
Pertama tazkiyatul akal, yakni insya Allah kita telah melakukan pembersihan akal kita dari pikiran-pikiran yang tidak semestinya. Proses ini telah kita lakukan dengan cara memperbanyak mengikuti kajian ilmu baik secara langsung ataupun melalui  media elektronik, memperbanyak bacaan buku-buku yang akan membuat kita paham akan ilmu. Maka dengan begitu kita telah melakukan tazkiyatul akal kita.
Kedua tazkiyatul amal, dengan banyaknya perbuatan baik yang kita lakukan selama bulan ramadhan, dan insya Allah kita akan selalu melakukannya dengan penuh keikhlasan maka dengan begitu insya Allah amal-amal kita akan terhindar dari perbuatan riya terlebih sombong, dan itulah kunci diterimanya amal-amal yang kita lakukan yakni, diperintahkan oleh Allah dan dicontohkan oleh rosulullah serta kita lakukan dengan penuh keikhlasan.
Ketiga tazkiyatul maal, selama ramadhan insya Allah kita telah memprogramkan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan upaya membersihkan harta kita, diantaranya dengan mengeluarkan zakat profesi, infak dan sedekah, memberikan buka dan sahur untuk mereka yang tidak mampu, memberikan bantuan hari raya dan sejenisnya yang insya Allah dengan begitu harta-harta yang Allah tiitipkan kepada kita bisa bersih dan hak-haknya.
Keempat tazkiyatul qolbi, insya Allah amal ibadah dan aktivitas kita selama shaum, akan membuat hati kita terjaga dari penyakit-penyakit hati seperti iri, dengki, hasad, riya, sombong, dan sejenisnya yang berkaitan dengan penyakit hati, dengan proses menjaga diri selama ramadhan maka insya Allah hati kita telah dididik untuk menjadi hati yang baik, hati yang lembut hati yang penuh harap dan takut kepada Allah swt.
Kelima tazkiyatul nafsi, setelah ramadhan usai, setelah insya Allah banyak perbuatan baik kita lakukan, setelah harta kita dibersihkan, begitupun amal perbuatan kita dan juga akal serta hati kita, maka insya Allah diri kita juga telah kita bersihkan, dan semoga dengan begitu kita hadir menjadi pribadi yang mutaqqin dan yang kembali kefitrah. Mari kita berdo’a allahumaj’alna minal ‘aidzin walfaidzin, aamiin ya rabbal’alamin.  


You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.