5 Hal Penghancur Amalan Puasa Kita

02.53.00


Oleh : Ence Surahman, S.Pd
(Inspirasi Lebaran)
Sahabat yang baik hati, tentu bahagia bukan? Ramadhan telah kita lewati dan insya Allah amalan-amalannya diterima oleh Allah dan dosa-dosa kita telah diampuniNya. Namun ketahuilah bahwa ternyata ada 5 perkara yang akan menghilangkan amalan ibadah puasa yang telah kita lakukan. Apakah kelima hal tersebut?
Pertama, gemar mencari-cari aib/keburukan orang lain. Ini adalah sifat buruk yang tidak semestinya kita lakukan. Tapi memang itulah manusia yang tidak tahu ilmunya, sebagaiamana pepatah orang bijak “semut diujung samudra terlihat jelas namun gajah dipelupuk mata tidak terlihat” artinya  keburukan orang lain yang jauh padahal kecil ia ketahui namun kesalahan dirinya yang besar tidak ia sadari. Hati-hatilah dengan sifat diatas.
Kedua, sifat keras hati, sifat ini berkaitan dengan banyaknya penyakit hati dalam diri kita yang tidak bisa dihilangkannya. Orang yang keras hatinya cenderung gemar berburuk sangka, gemar hasad, iri, dengki, dan penyakit-penyakit lain seperti tidak mau tunduk dan taat kepada perintah Allah, itula penyakit yang bisa menghilangkan pahal puasa kita.
Ketiga hilangnya rasa malu. Karena rasa malu adalah sebagian dari pada iman, maka orang yang tidak memiliki rasa malu ia akan denagn bebas dan tanpa ragu untuk melakukan perkara yang dilarang oleh Allah, dilarang oleh norma dan aturan masyarakat dan yang sejenisnya. Hati-hatilah karena ia bisa menghilangkan pahala puasa kita. 
Keempat adalah panjang angan-angan yang membuat ia lupa dengan kematian dan membuatnya lupa dengan alam kubur, lupa dengan hari kiamat dan lupa dengan akhirat, yang ada dalam pikirannya hanya upaya untuk mencapai mimpi-mimpi dunianya dan melupakan kewajiban dirinya dengan Allah swt. Ini juga penyakit yang bisa membuat hilangnya pahala puasa kita.
Kelima, hubud dunia, ini juga penyakit yang harus kita waspadai karena ia bisa menghilangkan pahala puasa kita. Penyakit ini adalah penyakit yang terlalu cinta dunia, sehingga ia mengesampingkan pilar-pilar cinta yang lainnya seperti cinta Allah, cinta Rosulullah, cinta kepada orang tua dan cinta kepada sesama orang-orang yang beriman.
Telah banyak kisah orang seperti ini, baik kisah cinta duninya seorang qorun dan kisah-kisah orang-orang yang cinta dunia lainnya. Kita semestinya berhati-hati dengan penyakit itu, semoga kita terhindar dari penyakit hubud dunia karena penyakit ini akan membuat ia lupa dengan Allah, lupa dengan tugasnya sebagai hamba, tugasnya sebagai makhluk Allah. Dan ini penyakit yang amat berbahaya. Wallahu’alam.   Semoga pahala shaum kita senantiasa dijaga dengan baik oleh Allah sampai kita bertemu lagi dengan puasa yang akan datang dengan tidak berkurangnya pahala yang telah kita kumpulkan selama ramadhan kemarin, aamiin.



You Might Also Like

0 komentar

You can give whatever messages for me,,

Total Pengunjung

Profil

Ence Surahman, Pecinta kesederhanaan, penikmat ketenangan dan pejuang kebahagiaan asal Cikaramat Ds. Mekarmulya Kec. Talegong Kab. Garut Prov. Jawa Barat dapat dihubungi via ence@miti.or.id | @encesurahman89@gmail.com | Fb: Ence Surahman Kesatu dan Ence Surahman Kedua | @encesurahman | IG: Ence Surahman | | encesurahman.blogspot.co.id

Template by Blogger, Content of Author. Diberdayakan oleh Blogger.