Langsung ke konten utama

Kuliah Academic English Reading and Discussion, Fall 2021

 

  1. Thursday, 16 Sept 2021

Hari ini pertemuan pertama kuliah Academic English Reading and Discussion (AERD). Mata kuliah ini total 3 sks diampu oleh Prof. Lucy Wang. Saat ini ada 7 mahasiswa yang telah bergabung 4 dari Taiwan dan 3 dari luar negeri yang tersebar dari Indonesia, Hongkong dan Singapure. Pertemuan hari ini dimulai dengan orientasi dan perkenalan serta materi pada unit 1. Secara umum perkuliahannya menarik, profesornya juga memiliki pembawaan yang kalem dan menyenangkan. Beberapa aspek penilaian dari perkuliahan ini meliputi: (1) Attendance and participation –20%, (2) Presentations – 20%, (3) Assignments – 30%, (4) Midterm project –15% dan (5) Final project –15%.

Catatan penting dari pertemuan ini adalah tentang Assignment 1-4 diambil dari apa yang telah kami pelajari pada unit 1, 3, 5, dan 7. Kemudian midterm berupa 2 pages report yang berisi refleksi dari apa yang sudah dipelajari selama setengah semester, meliputi reading skill, dan grammar yang baru dipelajari, dll. sedangkan untuk final project berupa minimal 3 pages report yang berisi penjelasan tentang peningkatan pemahaman dan keterampilan berkaitan dengan akademic reading and discussion, termasuk bagaimana menerapkan keterampilan membaca, dan menjelaskan kata-kata yang muncul sebagai tambahan kemampuan grammar berdasarkan root word yang telah dipelajari. Pada ses pertemuan pertama ini professor juga sempat memperlihatkan contoh tugas dan final project yang telah dikerjakan mahasiswa semester lalu. Semoga semua berjalan lancar. amin.

2. Thursday, 23 Sept 2021

Hari ini model pembelajarannya sama dengan minggu lalu, kami diminta untuk melanjutkan materi dan mengerjakan soal pada unit 1. Perbedaannya hari ini sebagian dari kami sudah bisa datang ke kelas. Ada 4 mahasiswa yang datang secara tatap muka langsung, dan ada 4 mahasiswa yang mengikuti secara online karena berada di luar negeri. Akhirnya hari ini ada tambahan 3 mahasiswa, satu laki-laki dari taiwan, dan 2 perempuan dari Hongkong dan Thailand. Ada tugas pada pertanyaan discussion section pada halaman 15 dan halaman 21. Dikerjakan dalam kertas selembar untuk empat pertanyaan. Deadline tanggal 25 November. Setelah itu kami diminta membagikan alasan mengapa kita harus menjadi better reader. Pada bagian akhir perkuliahan kami diminta untuk berbicara dan menyampaikan apa yang telah kami pelajari dari unit 1. Karena dalam dua pertemuan kami telah menyelesaikan unit satu. Sesuai rancangan awal, bahwa setelah selesai setiap unit kami diminta untuk mengungkapkan apa yang telah kami pelajari. Saya merasa teachernya ini sangat lembut, dan sangat telaten. Beliau melakukan penilaian terhadap performance setiap mahasiswanya satu persatu. Setiap kami menjawab benar maka kami akan mendapatkan skor tambahan, dan itu benar-benar dicatat. Sunggung luar biasa. Namun sisi lain, membuat kami semangat untuk aktif di kelas.

3.Thursday, 30 September 2021

Kuliah hari ini tidak jauh beda dengan hasil sebelumnya namun hari ini ada dua tambahan mahasiswa yang hadir secara langsung dikelas, dan ada satu mahasiswa yang tidak lanjut ambil kelas ini karena masalah pembatalan jadwal penerbangannya. Sama dengan dikelas sebelumnya karena orangnya sama. Di sistem akademik sudah muncul nama yang terbaru yang mengambil mata kuliah tersebut, totally ada 10 mahasiswa terdiri dari 1 perempuan dan 9 laki-laki.

Setelah itu kami melakukan diskusi dan mengerjakan beberapa soal yang tersedia pada buku utama. Kami diberikan kesempatan untuk diskusi dan menyampaikan pendapatnya secara bergantian untuk mengumpulkan poin. Kami mengerjakan semua bagian dari soal pada buku terutama pada unit dua. Hari ini saya belajar beberapa vocabulary baru seperti tact (bijaksana), deliberate (disengaja), think on your feet(mengambil tindakan cepat), concise (ringkas), rapport (hubungan), mocking (mengejek), overdo (keterlaluan), crudeness (kasar), clash (bentrokan), courtesy (sopan). Selain itu juga belajar mengenal beberapa singkatan dalam dunia periklanan di koran, seperti neg (negotiable), expt only (experienced only), imm (immedietely), wknds (weekends), req (requirement), PT (part time), sched (scheduled). So far kelas ini terkesan kalem namun seru juga, karena waktu tiga jam tidak terasa bosan ketika kami harus aktif untuk berpartisipasi dalam pembelajaran.

4. Thursday, 07 October 2021

Perkuliahan hari ini modelnya sama dengan minggu sebelumnya. Karena minggu lalu sudah selesai satu unit dua chapter. Maka professor meminta kami untuk menjadi volunter yang bertugas untuk menyajikan pengalaman apa yang telah dipelajari pada unit satu. Saya memilih untuk mengambil unit 1 chapter dua. Saya pikir semakin semakin semakin baik. Mata kuliah ini ada 8 tugas terdiri dari 6 tugas individu dan 2 tugas kelompok. Saya sudah menyelesaikan satu tugas pertama, maka ini akan menjadi tugas kedua. Kami diminta membuat bahan tayang berisi pengalaman belajar dan apa yang telah dipelajari pada chapter yang ditugaskan. Disajikan selama 5 menit pada minggu yang akan datang. Semoga waktunya tepat karena minggu depan juga ada jadwal untuk presentasi makalah di UNRI.

Hari ini topik bacaannya tentang travel adventure (unit 3 ch 1), menceritakan cerita dua orang yang berkunjung ke Kota Casablanca di Afrika. Mereka mencari nama Abdelatif, namun ternyata salah alamat dan menemukan Abdelatif yang berbeda. Walaupun akhirnya menemukan yang asli. Namun keramahan dari tuan rumah membuat penulis merasa tersentuh. Ceritanya cukup seru. Hari ini saya belajar beberapa kata baru seperti streak, exclaimed, jaded, prevently, radiant, gigle, pristine, decipher, dan lapse. Selain itu kami juga belajar beberapa sinonim kata yang menunjukan emosi dari kata keterangan, seperti fondy=love, cautiously=care, aware, worry, urgently=hurry, panic, impatience, urgency, solemnly=sadnes, firmly=surely, confident, tactfully=prudently, simpathy, emphaty, angrily=, humbly, confidently=surely , joyously=happines, enjoy, Selain itu kami juga diminta mengerjakan beberapa paket soal termasuk soal yang paling akhir dari chapter hari ini yang akan menjadi bagian dari tugas kedua kami.

5. Thursday, 14 October 2021

Hari ini perkuliahan dimulai dengan presentasi personal experience tentang pengalaman belajar pada chapter yang dipilih. Saya memilih chapter 2 unit 1 tentang Job interview type. Saya membuat 7 slide berisi apa yang saya telah pelajari dari chapter 2. Kami hanya punya waktu 5 menit untuk presentasi dan tanpa ada sesi tanya jawab. Setelah itu kami melanjutkan materi minggu lalu yakni kami diminta membuat dua kalimat dari kata keterangan yang ada dari chapter 1 unit 3. Karena hari ini saya ada conference dan harus presentasi paper, saya ijin untuk keluar kuliah lebih dulu. Harusnya jam 3, hari ini saya keluar jam 2 lebih 5 menit. Alhamdulillah professornya sangat baik dan pengertian bahkan karena alasannya ilmiah, beliau sangat respect. Teman kami yang lain juga beberapa ada yang ijin lebih dulu baik untuk urusan bisnis maupun urusan pribadi.

6. Thursday, 21 October 2021

My motto (just to it, what you can do, don't to be perpect, because perpectionist is one kind of procastination), Dany (life is not finding your self, but creating your self), Kobe (let me to change the world), Ian (chose your passion), Dani Chen (open the book then you can open the world), Traveling one mile is better than reading thousands of books), Waris (the future is about the time we use), Eliot (enjoy the process), Petter (work hard, and play hard). Hari ini topik kuliah kami masih tentang traveling, kami belajar kata-kata yang berhubungan dengan aktivitas traveling. Di samping itu kami juga belajar kata-kata dengan akar kata ject, seperti abject (hina atau no hope), object (somthing), project (a planned piece of work), subject to (tunduk pada), interject (menyisipkan), dejected (sedih), trajectory (lintasan), objection (keberatan). Ada kata mutiara dari Filsuf China Lao Tzu tentang travel, "A good traveler has no fixed plans and is not intent on arriving".

7. Thursday, 28 October 2021

Hari ini kami membahas chapter baru di unit 4. Materinya tentang short story. Kami seperti biasa diberikan beberapa pertanyaan awal, kemudian bacaan dan pertanyaan lanjutan. Beberapa kata baru yang kami pelajari hari ini antara lain anecdote (funny stories), arbitrary (random), exqisite (unique), facet (aspect,side), insight (knowledge), precision (accuracy), presumed (supposed), profound (deep), reinforce (strength), sparse (litle, rare), simile (allegory), metaphor (indirect way), vignetters (sketsa). Selanjutnya kami diminta untuk menyampaikan pandangan kami tentang pendapat dari author yang menyatakan bahwa membuat short stories lebih sulit daripada menulis long stories karena kita harus memastikan idenya sampai secara utuh namun jumlah kata yang terbatas. Selanjutnya pendapat tentang bacaan bisa merubah pengalaman hidup seseorang. Secara umum saya setuju dengan kedua pernyataan tersebut.

8. Thursday, 04 November 2021

Hari ini kami melanjutkan materi minggu lalu pada unit 4 bagian akhir chapter 1 dan memulai bagian dua unit 4. Namun sebelum itu ada dua teman kami yang presentasi dari apa yang mereka pelajari pada chapter 3. Segaimana yang saya dan Dany lakukan 3 minggu lalu. Hari ini kami juga belajar beberapa kata baru antara lain postscript (a short remark or message added to the bottom of a letter after you have signed your name, usually introduced by the abbreviation PS), scribble (to write or draw something quickly or carelessly), superscript (a word, letternumber, or symbol written or printed just above a word, letternumber, or symbol, usually in a smaller size), inscription (words that are written or cut in something), transcribe (to record something written, spoken, or played by writing it down), conscript (to force someone to serve in an army or one of a country's armed forces), subscribe 9to pay money to an organization in order to receive a product, use a service regularly, or support the organization), manuscript (the original copy of a book or article before it is printed), prescription (a piece of paper on which a doctor writes the details of the medicine or drugs that someone needs), dan describe (to say or write what someone or something is like). Topik hari ini berisi artikel tentang JK Rowling penulis novel series Harry Potter yang sangat fenomenal. Sepintas artikel menjelaskan tentang latar belakang penulis, kemudian inspirasi dari tulisan dan ide karakter serta jalan cerita yang dituliskan. Menurut JK Rowling ada 4 resep agar tulisan menjadi bagus yakni karakter yang kaut, humor, alur cerita dan kisah yang horor. Selain itu ada fakta unik bahwa JK Rowling biasanya menulis ide cerita pertama pada buku catatannya, kemudian menuliskannya pada komputer. Hal itu karena ide tulisan bisa muncul dimana saja dan kapan saja. Beberapa kata baru yang kami pelajari hari ini antara lain infant (a baby or a very young child), divorced (married in the past but not now married), in terms of (in relation to something), diagram (a simple plan that represents a machinesystem, or idea, etc., often drawn to explain how it works), amuse (showing that you think something is funny), settle on (to formally give money or property to someone), plot (the story of a bookfilmplay, etc.), exaggrerated (seeming larger, more importantbetter, or worse than it really is), set out (to start an activity with a particular aim), dan basis (the most important factsideas, etc. from which something is developed). Karena hari ini sudah selesai satu unit baru, maka kami dapat mengerjakan tugas ketiga kami walaupun deadlinenya masih lama.

9. Thursday, 11 November 2021

Hari ini kami kuliah melanjutkan materi pada chapter sebelumnya masih tentang JK Rowling. Selain itu kami belajar beberapa kata baru dan beberapa terminologi baru khususnya dalam bidang literature seperti simile yang artinya (the use of) an expression comparing one thing with another, always including the words "as" or "like":, metaphor yang berarti an expression, often found in literature, that describes a person or object by referring to something that is considered to have similar characteristics to that person or object:, alliteration yang berarti the use, especially in poetry, of the same sound or soundsespecially consonants, at the beginning of several words that are close together, assonance yang artinya the similarity in sound between two syllables that are close together, created by the same vowels but different consonants (e.g. "back" and "hat"), or by the same consonants and different vowels (e.g. "hit" and "hat"), and onomatopoia yang artinya the act of creating or using words that include sounds that are similar to the noises the words refer to. Ada juga phrasal seperti come up, creep in, turned out, think it over, make up, addd up. Setelah itu kami mendiskusikan dan sharing penulis favorit dan buku favorit yang direkomendasikan untuk dibaca disertai alasannya. ada yang merekomendasikan buku The Secret, kemudian Step Job, saya merekomendasikan dua buku pertama The 100: A Ranking of the Most Influential Persons in History karya Michael H. Hart, kedua The Secret of water dari Masaru Emoto. aPada bagian akhir kami kami mendiskusikan topik baru tentang intelligence, untuk kami lanjutkan pada pertemuan berikutnya yang lebih banyak tentang materi emotional intelligence.

10. Thursday, 18 November 2021

Hari ini kami melanjutkan materi tentang IQ dan EQ, definisi, cara mengukur dan perbedaannya. Bagian awal kami membaca artikel tentang ulasan buku berjudul emotional inteligence karya Daniel Goleman. Goleman meneliti perkembangan emosi sekelompok anak dari sejak kecil kemudian dites kembali setelah berusia dewasa. Buku yang cukup menarik dan best selling. Intinya buku tersebut menjelaskan bahwa EQ lebih penting daripada IQ dalam menentukan kesuksesan hidup seseorang. Banyak orang sukses di dunia berhasil lebih dipengaruhi oleh EQ daripada IQ. Selain itu Goleman juga menjelaskan bahwa EQ bisa diajarkan di rumah dan di sekolah karena ia akan berkembang sampai usia lima belas tahun. Mungkin setelah usia itu juga masih bisa berubah namun usia terbaik untuk mengajarkan EQ adalah sebelum 15 tahun.

Hari ini kami juga belajar tentang skimming sebagai reading skill. Selain itu kami belajar beberapa kata baru seperti implulse, stability, tracked down, phone to, rational, empathy, restraint, across the board, astute. Adhere to, staple, intake, therapuetic, yiled, validate, rule out, correlate, sparingly, bulk (impuls, stabilitas, dilacak, telepon ke, rasional, empati, menahan diri, di seluruh papan, cerdik. Patuhi, pokok, asupan, terapeutik, hasil, validasi, singkirkan, korelasikan, hemat, massal).

Selanjutnya kami berdiskusi tentang apakah EQ bisa diajarkan di rumah dan di sekolah? jawabannya tentu bisa. orang tua adalah model pertama bagi anak-anak. Mereka akan melihat bagaimana perilaku orang tua dan orang dewasa di rumahnya. Begitu pun ketika disekolah, siswa akan belajar dari siswa yang lain dan dari guru. Guru dapat merancang pembelajaran untuk melatih banyak refleksi tentang sebuah situasi. Misalnya dengan role playing, studi kasus. Namun dari itu semua yang paling penting adalah suri tauladan yang baik dari orang tua dan guru.

11. Thursday, 25 November 2021

Hari ini kami membahas beberapa kata yang terkait dengan wacana yang kami pelajari minggu lalu. Lebih tepatnya kami mendiskusikan dan menjawab pertanyaan pada halaman 98 dan 99. Selain itu kami mempelajari beberapa kata baru antara lain insensify (v) to become greater, more serious, or more extreme, or to make something do this, distend (v) (usually of the stomach or another part of the body) to swell and become largeespecially because of pressure from inside, tension (n) a feeling of nervousness before an important or difficult event, pretend (v) to behave as if something is true when you know that it is not, especially in order to deceive people or as a game, extension (n) the fact of reachingstretching, or continuing; the act of adding to something in order to make it bigger or longer, contend (v) to compete in order to win something, tendency (n) If someone has a tendency to do or like something, they will probably do it or like it, and tender (n) gentleloving, or kind.

12. Thursday, 02 December 2021

Kuliah hari ini dimulai dengan mengerjakan soal pada bagian B akhir dari chapter 1 unit 6. Setelah itu kami membahas chapter baru yakni chapter 2 unit 6 tentang left brains, right brains, and boards game. Kami menjelaskan beberapa board game yang banyak kami gunakan, paling menyenangkan dan paling menantang. Kemudian kami bedakan antara scrabble (berbasis kartu atau kata) and pictionary (berbasis gambar). Beberapa kata baru yang kami pelajari pada pertemuan ini antara lain intensify, contend, pretend, distend, tender, tendency, extension, tension. kemudian pada chapter 2 kami belajar tentang novelty, forefront, hipotesis, conceive, dynamics, criteria, in conjunction with.

13. Thursday, 09 December 2021

Hari ini kami belajar seperti biasanya, kemudian kami belajar beberapa makna kata antara lain accept, intercept, recipient, Anticipate, Anticipate, Captivate, Receive, capacity, Captor yang artinya antara lain mencegat, penerima, Antisipasi, Antisipasi, Memikat hati, Menerima, kapasitas, Penahan. Jawaban untuk part B secara berurutan antara lain capacity, anticipate, accepted, intercept, captivated, recieve, captors, and recepient. Beberapa kata tersebut berasal dari bahasa latin capere yang artinya take, receive, and seize. Hari ini dosen juga mengenakan salah satu situs untuk belajar bahasa inggris bernama voicetube sangat bagus untuk melatih kemampuan mendengar bahasa Inggris. Selanjutnya kami mendiskusikan beberapa pertanyaan yang menyangkut new way of thinking yang fokus pada multiple intellegence, bagaimana sistem pendidikan mendukungnya dan bagaimana cara untuk meningkatkan penguasaan pada kecerdasan yang paling lemah.
Pada bagian akhir kami mendiskusikan tentang diet mediteranian yang dianggap paling bagus didunia. Karena mereka menggunakan model diet yang baik dengan menyediakan porsi komposisi menu yang seimbang antara karbohidrat, vegetable, fruits, protein, and glukosa.

14. Thursday, 16 December 2021

Hari ini kami memulai kuliah dengan mendengarkan presentasi dari dua teman kami yakni Kobe dan Eliot. Selanjutnya kami melanjutkan materi tentang diet mediteraniain, beberapa kata yang kami pelajari antara lain Adhere to, Staples, Yielded, Therapeutic, Intake, Validated, Ruled out, Correlating, bulk, Sparingly, adapun maknanya secara berurutan antara lain Melekat, pokok, menghasilkan, Terapeutik, Pemasukan, Divalidasi, Dikesampingkan, berhubungan, dalam jumlah besar, hemat. Hari ini kami mendiskusikan bahan bacaan tentang mediteranian diet yang diakui WHO sebagai model diet yang paling sehat, bahkan secara genetik sangat berpengaruh, walaupun tidak olahraga teratur namun mereka memiliki fisik yang sehat dan umur yang lebih panjang. Jumlah lemak tidak masalah yang peniting jenis lemak yang dikonsumsi tepat, lemak dari buah dan kacang-kacang.

15. Thursday, 23 December 2021

Hari ini kami kami belajar beberapa kata baru yang berhubungan dengan (geneticaly modified) foods antara lain:

Advocacy groupskelompok advokasi
Geneticistsahli genetika
Genetic modificationmodifikasi genetis
PesticidesPestisida
Herbicidesherbisida
Revolves aroundBerkisar
Generating menghasilkan
Chromosomeskromosom
Texturetekstur
Eliminates menghilangkan
Proponentspendukung
FrankenfoodsFrankenfoods
Moratorium Moratorium
Campaignkampanye
Cow deseasepenyakit sapi
Progressiveprogresif
Attributed to Dikaitkan dengan
Butting headskepala menyeruduk
MandatoryWajib
AlertPeringatan
Ambiguity Kemenduaan
Daftar vocabulary yang muncul dalam teks bacaan

16. Thursday, 30 December 2021

Hari ini kami belajar banyak hal mulai dari mengidentifikasi makna, definisi, bentuk kata, kata-kata yang terkait dengan beberapa akar kata sampai membuat contoh kalimat dan menjawab beberapa pertanyaan berkaitan dengan soal yang diberikan. Hari ini kami juga belajar beberapa kata antara lain

Word in EnglishTranslate in Bahasa
AppreciateMenghargai
Desire Menginginkan
AcceptMenerima
Center on Pusatkan
Turn onMengaktifkan
Revolved onBerputar pada
ResistMelawan
GenerateMenghasilkan
Bring aboutMembawa
SurfacePermukaan
TextureTekstur
SmellBau
AppearancePenampilan
SupporterPendukung
OpponentLawan
AdvocateMenganjurkan
ProponentPendukung
Atribute to Atribut untuk
Refer toMengacu pada
Assign toMenetapkan ke
Take offsense toJangan tersinggung
RequiredDiperlukan
MandatoryWajib
VoluntarySukarela
Non negotiableTidak bisa ditawar
ProgressiveProgresif
TraditionalTradisional
TimidPemalu
CautiousWaspada
WarnMemperingatkan
CautionPeringatan
AlertPeringatan
TreatenDiobati
Uncertaintlytidak pasti
SecurityKeamanan
AmbiguityKemenduaan
VaguenessKetidakjelasan
InsistBersikeras
Consistentlysecara konsisten
SubstitutePengganti
Persistbertahan
StatuePatung
Instituelembaga
SuperstitionTakhyul
DesistBerhenti
ConstituteMerupakan

Hari ini kami juga belajar tentang punctuation mark meliputi () parentheses, ; semi-colon, -dash, -hyphen, /slash, ' ' single quotation marks, : colon, and " " quotes.

  1. Anna said, "Let's go. I don't want ot miss the last bus".
  2. Many new forms of communication were introduces during the 20th century: fax, e-mail, and cell phones.
  3. She put on the dress, then looked at herself in a full length mirror
  4. If the person uses the cooking area, he/ she should clean it up
  5. Good nutrition is important for athletes it's also vital or the rest of us
  6. The Amazon rain forest the largest (rain forest in the world) has thousands of different species of plants and animals
  7. The bouquet had a assortment of flowers - for example, roses, tulips, and orchids

Pada sesi akhir salah satu teman kami Dany Chen kebagian jadwal untuk presentasi, sehingga semua mahasiswa telah memenuhi tugas presentasinya.

17. Thursday, 6 January 2022

Kuliah hari ini membahas tentang bahasa, kami mendiskusikan bahasa apa yang paling banyak dan paling sedikit digunakan didunia, kemudian apa bahasa pertama kedua dan ketika kami dalam keseharian. Selanjutnya bahasa apa yang sudah mati dan apa penyebabnya, apa yang hilang ketika bahasa itu mati, lalu bagaimana bahasa mempengaruhi cara berpikir seseorang.

Selanjutnya kami mendiskusikan bacaan dan menemukan beberapa kata yang perlu kami pahami maknanya agar dapat mengerjakan soal yang disediakan.

EnglishBahasaEnglishBahasa
Divergence Perbedaanconversationalpercakapan
ConvergenceKonvergensiprohibitionlarangan
linguisticlinguistikexpandmengembangkan
endangeringmembahayakanagreementperjanjian
on the brink ofdi ambangundersandabletidak dapat dimengerti
squeezingtindihanreductionpengurangan
colloquial bahasa sehari-hariverging onhampir
encompassmencakupdissimilarityperbedaan
Botanistsahli botaniconvergebertemu
AncestralLeluhurrestrictionlarangan
intelligible jelasenlargememperbesar
dwindleberkurangrebirthkelahiran kembali
suppressionpenekananbordering onberbatasan
resilienceketangguhandepletionpenipisan
faminekelaparanliterarysastra
cracksretakincomprehensibletidak bisa dimengerti
resurgencekebangkitansuppressionpenekanan
preservationkelestarianmultiplyberkembang biak
vital vitalhanging onbertahan
excerptkutipanrecovery pemulihan

Selanjutnya kami mendiskusikan bahan dan contoh serta panduan untuk mengerjakan final project kami. Secara umum tugasnya adalah diminta untuk merefleksikan apa materi yang sudah dipahami dengan kebutuhan profesionalisme akademik berkaitan dengan tulisan ilmiah, caranya kami dapat mereview tulisan orang lain pada bidang kami lalu mengidentifikasi kata-kata dan keterampilan bahasa yang kami telah pelajari lalu kami merefleksikannya. Beberapa komponen utama yang dapat kami jadikan bahan antara lain: prediction to the topic meliputi : reading skill (scanning, skimming, main information and supporting idea, vocabulary skill root meliputi: phrasal words, homphones, adverb of emotion dan rReal life skill meliputi: abrevation, data sheet, applicationnote discussion, research paepr discussion.

18. Thursday, 13 January 2022

Alhamdulillah akhirnya sampai diujung cerita. Perkuliahan ini termasuk yang paling nyaman dijalani, walaupun ada enam tugas, namun tekanannya tidak terlalu besar. Kami hanya menggunakan satu bahan ajar. Sehingga kami cukup fokus dengan itu. Setiap pekan kami belajar hal-hal baru baik yang menyangkut reading skill, vocabullary skill maupun real life skill. Sangat beruntung berkesempatan mengambil mata kuliah ini. Banyak hal baru yang saya tahu dari dunia reading and discussion. Penting untuk bekal kami dalam membuat tulisan berbahasa Inggris. Kelas yang kecil membuat kami lebih saling mengenal. Metode belajar setiap pekan membuat kami lebih akrab. Diskusi topik-topik membuat kami saling terbuka dengan perbedaan perspektif. Kami bercerita, kami bercengkrama, kami saling mendorong. Senang akhirnya kami dapat menyudahi perjalanan ini. Doa terbaik semua tetap sehat dan bahagia. Lancar semua urusannya. Semoga ilmu yang di dapat dapat berguna dan bermanfaat.

Salam semangat dari malam yang dingin

Hsinchu, 13 Januari 2022, 00.03 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste