Langsung ke konten utama

Top 20 Peneliti Dunia Bidang Teknologi Pendidikan berdasarkan Potret Google Scholar



Pembaca yang budiman, tulisan ini akan mengantar Anda pada informasi tentang nama-nama dan link profil publikasi para peneliti dunia pada bidang Teknologi Pendidikan (Educational Technology). Data yang saya sajikan berdasarkan data yang tersedia pada laman Google Scholar. Sebenarnya mudah saja mencarinya, dapat dengan melihat salah satu peneliti yang menuliskan bidang kepakaran "educational technology" pada profil Google Scholarnya. Untuk itu bisa saja ada peneliti yang lebih top dari daftar yang saya tuliskan namun karena tidak menuliskan pada profil GSnya sehingga tidak dapat terdeteksi.

NoNameAffiliationTotal DocumentsTotal CitationsCitation/Doc
1Jianjun Adam WangInstructional Technology Specialist67                67.976   1014.567.16
2Marlene ScardamaliaUniversity of Toronto343                48.580     141.632.65
3Paul A. KirschnerEmeritus Professor (Educational Psychology), Open University of the Netherlands1094                46.763       42.744.97
4Minhong WangAssociate Professor of Education, The University of Hong Kong321                45.266     141.015.58
5Mark WarschauerUniversity of California, Irvine36141440     114.792.24
6Punya MishraAssoc. Dean of Scholarship & Innovation, Mary Lou Fulton Teacher's College, Arizona State408                41.387     101.438.73
7Chin-Chung TsaiChair Professor, Program of Learning Sciences, National Taiwan Normal University508                38.867       76.509.84
8Matthew KoehlerMichigan State University242                38.261     158.103.31
9Joey J. LeeTeachers College, Columbia University1761                33.828       19.209.54
10Susan R BermanUniversity of Pittsburgh, UPMC, Carnegie Learning, Inc78                29.448     377.538.46
11Ana Beatriz MartinezUniversidad Central de Venezuela2882                26.401          9.160.65
12Charles R. GrahamBrigham Young University145                25.969     179.096.55
13VIRENDRA KUMARMahatma Gandhi Antarrashtriya Hindi Vishwavidyalaya Wardha2822                25.804          9.143.87
14Mike SharplesEmeritus Professor of Educational Technology, The Open University428                24.331       56.848.13
15Mary Beth RossonProfessor of Information Sciences & Technology, Pennsylvania State University487                24.163       49.616.02
16Jesus SalinasProfessor of Educational Technology, Grup Tecnologia Educativa (GTE)419                22.024       52.563.25
17Diana LaurillardUniversity College London252                21.068       83.603.17
18Rolf PfeiferUniversity of Zurich549                20.662       37.635.70
19Alan F. Smeaton MRIA FIEEEProf of Computing / Founding Co-Director, Insight Centre for Data Analytics, Dublin City University808                19.734       24.423.27
20Rand SpiroMichigan State University154                19.333     12.554
Top 20 Researchers in Field of Educational Technology based on Google Scholar

Perlu dicatat data tersebut saya sajikan apa adanya, saya tidak sempat mengecek satu persatu apakah jumlah artikel yang tertulis itu semuanya atas nama dari penulis tersebut atau bukan. Karena kita tahu bahwa di Google Scholar seseorang bisa saja mengklaim artikel orang lain dan di masukan pada profilnya. Ini merupakan salah satu dari kekurangan Google Scholar. Semua itu kembali ke kesadaran masing-masing peneliti apakah dirinya akan meremove artikel orang lain yang memiliki kesamaan namanya atau tidak. Memang sebaiknya dilakukan triangulasi dengan melakukan perbandingan pada database lain seperti Scopus, Wos, Semantic Scholar, Dimension dan lain-lain.

Tapi inti poin yang mau saya sampaikan untuk para pembaca khususnya kolega peneliti, mahasiswa, dan peminat bidang Teknologi Pendidikan, agar kita dapat mengetahui perkembangan terbaru dari topik riset para peneliti top dunia, maka kita dapat mengikuti profilnya. Sehingga ketika ada artikel terbaru yang mereka terbitkan, kita memperoleh notifikasi dan dapat membaca artikelnya dengan segera, barangkali artikelnya open access. Itu yang saya lakukan sejak 5 tahun terakhir. Saya coba ikuti profil Google Scholar para peneliti hebat yang topik risetnya sesuai minat saya. Dengan begitu saya dengan cepat dapat mengikuti perkembangan proyek riset yang mereka publikasikan. Demikian semoga bermanfaat.

Hsinchu, 24 January 2022, 21.55

Komentar

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste