Langsung ke konten utama

PROPOSAL PENELITIAN

PROPOSAL PENELITIAN

PERBEDAAN ANTARA SISTEM OPERASI WINDOWS DENGAN SISTEM OPERASI LINUX/OPEN SOURCES (BEBAS BIAYA LISENSI) YANG BERDAMPAK KEPADA JUMLAH

PENGGUNA DARI MASING-MASING

SISTEM OPERASI TERSEBUT

Disusun untuk memenuhi salah satu tugas dari dosen mata kuliah bahasa Indonesia

Dosen: Undang Sudana S.S

Oleh:

Ence Surahman

0800201

KONSENTRASI GURU TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN

FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

TAHUN 2008

1. LATAR BELAKANG MASALAH

Ada tiga komponen utama dalam setiap unit komputer agar komputer tersebut bisa dirasakan manfaatnya dalam membantu setiap bidang pekerjaan manusia. Adapun ketiga komponen tersebut yaitu:

v Komponen perangkat keras (hardware)

v Komponen perangkat lunak (software)

v Komponen kemampuan pengguna (brainware)

Ketiga komponen yang telah dituliskan diatas semuanya saling berkaitan erat satu sama lainnya sehingga pada titik puncak optimalisasinya akan mampu membuat suatu sistem yang sempurna.

Seperti yang dituliskan diatas bahwa ketiga komponen diatas sangat diperlukan dalam sistem komputer,. Sekarang saya akan menjelaskan mengenai komponen yang kedua yaitu komponen perangkat lunak (software), komputer yang menggunakan perangkat keras semahal apapun, dengan kemampuan pengguna (brainware) semahir apapun apabila komponen perangkat lunaknya ada tapi kurang baik atau mungkin tidak ada sama sekali, maka komputer tersebut tidak akan pernah bisa terasa manfaat kecanggihannya.

Dalam faktanya dilapangan perangkat lunak itu beragam jenisnya sesuai dengan tujuan penggunaan serta pemanfaatannya. Secara garis besar saya tuliskan bahwa perangkat lunak yang saya maksudkan itu diantaranya:

1. Sistem Operasi (operating sistem)

Sistem operasi yang saat ini ada dan digunakan oleh para pengguna komputer (user) secara umum terbagi kedalam dua jenis, yaitu:

v Sistem operasi berbasis windows

Sistem operasi windows merupakan sistem operasi yang berbayar dalam hal lesensinya. Sistem operasi ini diproduksi oleh perusahaan Microsoft yang dipimpin oleh seorang pengusaha besar dunia yaitu Wiliam Bilget. Dalam praktek pemanfaatannya sistem operasi ini sangat banyak penggunanya, mulai dari kalangan pengusaha dan perusahannya, pendidik, maha siswa, pelajar dan sebagainya. Mereka kebanyakan menggunakan sistem operasi berbasis windows.

Namun, karena lisensi sistem operasi ini berbayar atau tidak dipasarkan secara gratis, maka dalam prakteknya banyak pengguna sistem operasi ini yang melakukan tindakan pelanggaran hukum atau yang lebih trennya kita mengenal istilah “pembajakan”. Pertanyaan kita mengapa para pengguna sampai harus membajak? Jawabannya semua orang pasti setuju karena lisensinya harus dibeli dengan harga yang tidak sedikit. Seperti yang saat ini ada , jika kita mau menggunakan sistem operasi ini maka kita harus rela menguras kantung keunganan kita sampai 1 atau 2 juta rupiah. Ditambah lagi ketika kita kan menggunakan program aplikasi lain seperti photoshop maka untuk memiliki program aplikasi inisecara lega kita harus mengeluarkan uang sampai sebesar 14 juta rupiah. Maka jelas saja setiap orang mengingikan untuk menggunakan sistem operasi dengan program aplikasi windows tapi tidak mau kehilangan uangnya, sehingga terjadilah pembajakan sopfware.

v Sistem operasi berbasis linux

Kalau dalam pembahasan diatas saya menjelaskan tentang sistem operasi yang berbayar, dengan program aplikasinya juga berbayar. Sehingga terjadi banyak proses pembajakan didalamnya, dibawah ini saya akan mengupas tentang sistem operasi yang tidak berbayar dalam lisensinya. Sistem operasi tersebut ialah sitem operasi linux atau dalam istilah trennya sitem open source.

Berbeda dengan sistem operasi berbasis windows, dalam sistem operasi ini jika kita hendak menggunakannya maka kita tidak harus mengeluarkan uang banyak utuk memilikinya karena lisensinya gratis. Sehinggga dalam prakteknya tidak ada istilah pembajakan.

2. Program aplikasi (alfication programs)

Yang kedua dalam perangkat lunak itu terdapat program aplikasi. Program aplikasi ini merupakan software yang mendukung sistem operasi. Maksudnya ketika sistem operasi sudah ada dalam istilah ITnya terisntalkan kedalam komputer maka untuk menggunakan atau untuk menghasilkan sesuatu yang kita inginkan, maka kita memerlukan program aplikasi, seperti contoh untuk mengolah data menjadi informasi kita mengenal program aplikasi microsof word bagian dari Microsoft office, kalau dalam sistem operasi berbasis windows atau kita mengenal istilah open office untuk sistem operasi open source. Keduanya sama-sama bisa digukan untuk pengolahan data atau dokumen. Begitupun untuk mengolah audio, video, grafis, semua itu akan bisa didapatkan setelah kita mengistalkan program-program aplikasi yang kita inginkan.

Dari uraian diatas tersirat inti permasalahan yaitu mengenai perbedaan kedua sistem operasi antara sistem operasi berbasis windows dengan sistem operasi berbasis linux atau open source.

Maka dari hal itu dalam penelitian dalam penyusunan skripsi yang akan saya lakukan ini, saya sengaja mengambil tema tentang komponen perangkat lunak dalam suatu sistem komputer. Dengan judul penelitian yang secara lengkapnya yaitu “PERBEDAAN TINGKAT KEMUDAHAN DAN KESULITAN DALAM MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI WINDOWS DENGAN SISTEM OPERASI LINUX ATAU OPEN SOURCES (BEBAS BIAYA LISENSI) YANG BERDAMPAK KEPADA JUMLAH PENGGUNA DARI MASING-MASING SISTEM OPERASI TERSEBUT”.

2. IDENTIFIKASI MASALAH

Dalam penelitian yang akan saya lakukan ini, saya menitikberatkan pada perbedaan signifikan antara sistem operasi yang berbasis windows dengan sistem operasi berbasis linux. Mengingat dalam kenyataan sehari-hari ternyata pengguna sistem operasi windowlah yang lebih banyak dibanding dengan pengguna sistem operasi linux walaupun kebanyakan dari para penguna sistem operasi windows itu ialah para pembajak software.

Dalam pelaksanaannya nanti ketika saya akan mengidentifikasi masalah yang akan saya teliti hanya seputar:

1. Perbedaan umum antara sistem operasi berbasis windows dengan sistem operasi berbasis linux

2. Perbedaan tingkat kemudahan dan kesulitan dalam menggunakan sistem operasi keduanya

3. Dampak dari tingkat kemudahan dan kesulitan penggunaanya

4. Ketersediaan program aplikasi pendukung antara kedua sistem operasi tersebut.

Harapannya dengan penelitian saya ini saya berharap para pembajak akan dapat membuka matanya untuk benar-benar bisa memikirkan kembali tindakan yang dilakukannya itu sehingga mereka akan terhindar dari tindakan pembajakan.

Walaupun dalam kenyataanya hukum diindonesia belum berhasil dalam menangani masalah pembajakan software tersebut dikarenakan kesulitannya dalam melacak dan menemukan para pembajak itu.

3. PEMBATSAN DAN PERUMUSAN MASALAH

3.1. Pembatasan Masalah

Agar masalah yang akan saya teliti ini pembahasannya tidak terlalu luas yang akan memungkinkan terjadinya simpang siur inti maslah yang diteliti, maka saya membatasinya hanya pada perbedaan tingkat kemudahan dan kesukaran dalam menggunakan sistem operasi berbasis windows dengan sistem operasi yang berbasis linux, yang berdampak pada jumlah pengguna kedua sistem operasi tersebut.

3.2. Perumusan Masalah

Untuk menunjang batasan masalah yang telah dibatasi ruang lingkupnya diatas, maka dalam pelaksanaan penelitiannya saya membuat rumusan masalah seperti dibawah ini:

1. Bagaimanakah perbedaan umum antara sistem operasi berbasis windows dengan siostem operasi berbasis linux?

2. Bagaimanakan perbedaan tingkat kemudahan dan kesukaran antara kedua sistem operasi tersebut?

3. Bagaimanakah dampak dari perbedaan-perbedaan yang diteliti diatas?

4. DEFINISI OPERASIONAL

Maksud dari judul penelitian skripsi yang akan saya lakukan yaitu akan menjelaskan bagaimanakah perbedaan antara kedua sistem operasi diatas meliputi perbedaan tingkat kemudahan dan kesulitan penggunaannya, perbedaan tingkat ketertarikan para pengguna melihat program aplikasi yang disediakannya. Sehingga hasilnya akan terlihat jelas bagaimana perbedaan umum antar keduanya dan akan menginspirasi kita untuk pandai-pandai memilih penggunaan kedua sistem operasi tersebut.

5. TUJUAN DAN MAFAAT PENELITIAN

5.1. Tujuan Penelitian

Setiap penelitian harus memiliki tujuan yang hendak dicapai dari hasil penelitinnya. Begitupun dengan penelitian yang saya lakukan ini, saya pun mempunyai tujuan utama dari penelitian ini, tujuannya yaitu:

1. Untuk menguraikan perbedaan umum antara sistem operasi berbasis window dengan sistem operasi linux

2. Untuk mengetahui perbedaan tingkat kemudahan dalam menggunakan kedua sistem operasi tersebut

3. Untuk menjawab pertanyaan mengapa kebanyakan para penguna komputer lebih suka menggunakan sitem operasi windows dibanding linux?

4. Untuk memberikan gambaran pilihan yang jelas bagi kita untuk memilih sistem operasi yang sesuai dengan keinginan kita, dan tidak bertentangan dengan undang-undang hak cipta.

5.2.Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan konstribusi serta informasi kepada khalayak terutama kepada oran-orang yang tertarik dengan computer dan seluk beluk didalamnya.

Adapun hasil akhir dari penelitian ini dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

v Secara toritis

Hasil penelitian ini diharapkan menadji literaturatau sumbangn ilmu bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga para pecinta computer dapat mempertimbangkan secara matang dalam memilih perangkat yang akan digunakannya. Selain itu penelitian ini pun diharapkan akan mengahsilkan hal-hal sebagi berikut:

1. Teruraikannya perbedaan utama antara sistem operasi berbasi windows dengan sistem operasi berbasis open source.

2. Terjawabnya pertanyaan mengenai jumlah pengguna sistem operasi berbasis windows.

3. Terbukanya pilihan yang jelas bagi semua pengguna komputer, untuk memilih sistem operasi berbasis windows dengan sistem operasi berbasis linux.

v Secara praktis

Secar praktis hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan gambaran bagaimana seharusnya kita memanfaatkan system operasi yang tersedia.

6. ANGGARAN DASAR / HIPOTESIS

Jika dilihat dalam prakteknya dilapangan, secara umum antara sistem operasi berbasis windows dengan sistem operasi berbasis linux keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun secara umum sistem operasi berbasis windows lebih mudah digunakan (friendly), sehingga banyak yang menggunakan sistem operasi berbasis windows ini.

7. KERANGKA TEORI

Adapun dalam penelitian yang akan saya lakukan ini, kerangka teori yang saya gunakan sebagai sumber penelitian yaitu diambil dari buku dan materi perkuliahan, hasil diskusi dengan sesama maha siswa yang mengetahui tentang pokok bahasan ini, dan juga dalam tahap penyempurnaannya saya juga mengambil teori dari internet.

Secara sederhana kerangka teori yang saya maksudkan akan saya ulas sedikit diawah ini.

Sistem operasi dalam komputer sangat diperlukan, karena tanpa sistem operasi komputer yang memilki perangkat keras sebaik apapun, dengan kemampuan ahli semahir apa pun tetap tidak akan bisa diambil manfaatnya.

Sistem operasi bagaikan ruh makhluk. Tanpa sistem operasi maka matilah sebuah komputer. Walaupun sistem operasi ini tidak terlihat wujudnya, namun perannya sangat penting.

Kendati demikian ternyata terdapat berbagai jenis dan tipe dari sistem operasi yang tersedia saat ini. Secara umum terbagi menjadi 2 yaitu yang berbasis windows dan yang berbasis linux. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Secara umum sistem operasi berbasis windows lebih banyak digunakan oeh para pengguna komputer, hal itu terjadi karena kemudahan dan ketersediaan program aplikasi pendukung lainnya.

Linux pun memiliki kelebihan tersendiri yaitu, berlisesnsi gratis, tidak mengenal virus, dan kita bisa mengembanganya sendiri karena tadi lisensinya gratis, source kodenya pun bisa diketahui oleh semua orang.

8. METODE PENELITIAN

8.1. Metode Pengumpulan Data

Dalam pelaksanaannya, metode pengupulan data yang akan saya gunakan yaitu metode pengajuan pertanyaan tertulis (kuisioner), dan juga metode wawancara (interview) langsung kepada para responden, dengan angket yang akan saya sediakan selengkap mungkin, sehingga data yang terkumpul akan dengan mudah diolah.

8.2. Metode Pengolahan Data

Adapun metode pengolahan datanya saya akan menggunakan metode analisis data, dengan melihat sampel data yang telah didapatkan dari para responden. Setelah itu dengan menggunakan berbagai perhitungan yang sudah bisa dilakukan dalam mengolah data. Dan akhirnya ditariklah kesimpulan dengan validitas yang seakurat mungkin dan penilaian seobjektif mungkin.

9. SUMBER DATA

9.1. Populasi

Yang menjadi populasi penelitian yang akan saya lakukan ini adalah seluruh maha siswa jurusan Kurikulum dan teknologi Pendidikan tahun angkatan 2008. Dengan pertimbangan karena setiap waktu merka ada sehingga akan mempermudah proses pengumpulan data.

9.2. Sampel

Sampel adalah kelompok yang digunakan dalam penilitian sehingga informasi dapat diperoleh. Jumlah sampel yang akan diambil dari seluruh populasi yang ada yaitu sebanyak 50 orang saja. Dengan pertimbnagn responde yang telah memiliki computer atau laptop.

10. SISTEMATIKA PENULISAN LAPORAN

Setelah penelitian selesai saya kerjakan maka sayapun akan membuat laporanya. Adapun sistematika laporan penelitian yang akan saya buat adalah sebagai berikut:

BAB I Pendahuluan

Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai latar belakang pembuatan lapora penelitian, nama penelitian yang dilakukan,tujuan dilaksanakannya penelitian,manfaat yang akan diadaptkan dari penelitian, metode yang telah dilakukan.

BAB II Kajian Teori

Dalam bab ini saya akan menguraikan mengenai hasil kajian teori, hipotesis atau esimpulan sementara, kerangka teoti yang dianalisis.

BAB III Pembahasan Hasil Penelitian

Dalam bab ini saya akan menguraikan hasil-hasil penelitian yang telah saya lakukan, dengan berbagai data masukannya, pengupulan dan pengolahan datanya, serta penarikan simpulan dari hasil penelitiannya. Yang mana hasil ini akan menjadi sumber informasi baru yang kan dirasakan oleh semua alangan.

BAB IV Kesimpulan

Simpulan disini adalh hasil inti dari penelitian yang telah saya lakukan. Hasilnya itu akan menjadi bahan penilaian terhadap hipotesisang sebelumnya saya uraikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste