Langsung ke konten utama

draf Mc Formal PT Update Mei 2010

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Salam sejahtera untuk kita semua
Inalloha yarfailahuladzina amanu, walazina utul ilma darojah, al-ayat
Kun a’liman, muta’aliman, aumuhiban, au mustamian illalkhoir. Al-hadist
Rabbi sahri sodri, waya sirli amri, wahlulukdatamilisani yaf kaul kauli.

Bapak Rektor Universitas Pendidikan Indonesia... Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata,M.Pd yang kami hormati
Bapak Ketua Mata kuliah Dasar Umum (MKDU) Universitas Pendidikan Indonesia, Bapak Drs. Fakhrudin M.Ag, yang kami hormati
Bapak Ketua DKM Al-furqon Universitas Pendidikan Indonesia beserta jajarannya, yaitu bapak ……………………………………… Yang kami hormati
Seluruh Dekan dan dosen Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Pendidikan Indonesia yang kami hormati
Para Tutor Program Tutorial PAI MKDU UPI yang kami cintai
Seluruh Tamu Undangan yang kami hormati
Dan hadirin para peserta Program Tutorial PAI MKDU UPI yang kami banggakan

Alhamdulillah, segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah yang Maha Kuasa, atas rahmat dan hidayah-Nya kita dapat berjumpa dalam keadaan sehat wal’afiat. Tiada lagi yang bisa kita nafikan dari segala nikmat Allah yang telah diberikan. Semoga kita semua tergolong orang-orang yang bersyukur, amin.

Shalawat beserta salam, semoga selalu tercurah kepada Nabi kita tercinta, Muhammad Shalallahu ‘alaihi Wassalam. Juga kepada keluarga, sahabat, dan ummatnya hingga akhir zaman. Amin.
Hadirin yang berbahagia…

Alhamdulillah, Allah telah membawa kita semua untuk bisa hadir mengikuti acara Penutupan Rangkaian Kegiatan Program Tutorial Pendidikan Agama Islam Mata Kuliah Dasar Umum Universitas Pendidikan Indonesia,Semestr Genap. Hari Ini Ahad, 09 Mei 2010, bertempat di Ruang utama Mesjid Al-Furqon Universitas Pendidikan Indonesia Bumi Siliwangi.
Ijinkan saya, Ence Surahman Mhs. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Angkatan 2008 untuk memandu acara pembukaan ini.

Untuk mengawali jalannya acara, marilah kita bersama-sama mengucapkan “Basmallah”
Bismillahirrohmanirrohim…
Rangkaian acara untuk Pembukaan seminar ini diantaranya:
1. Pembukaan
2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an
3. Sambutan-sambutan
4. Penyerahan Cendra mata.
5. Doa dan Penutup

Hadirin yang berbahagia…
Mari kita beranjak pada acara selanjutnya. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang akan dilantunkan oleh Saudara ……………………………………. Dengan saritilawah oleh saudari …………………………………………, keduanya adalah anggota UKM Keislaman Unit Pengembangan Tilawah Qur’an UPI. Kepadanya kami persilakan (pembacaan aya suci Al-Qur’an)
Jazakumullah khairan, semoga tilatil qur’an tadi bisa memberikan jalan hidayah bagi yang mendengarkan, dan kabaikan bagi ummat Islam pada umumnya.
Beranjak pada acara selanjutnya, sambutan-sambutan,

Sambutan yang pertama akan disampaikan oleh Ketua Umum Program tutorial PAI MKDU UPI, Kepada Saudara Tri Kurniawan dari Prodi Manajemen Angkatan 2006, kami persilakan. (Ketum Sambutan)
Sambutan ke-2 akan disampaikan Ketua Penyelenggara Program Tutorial PAI MKDU UPI. Kepada Bapak Dr. Toto Suryana, M.Pd, Kami persilakan. (Sambutan Ketua Penyelenggara PT)
Selanjutnya sambutan dari Ketua DKM Al-Furqon Universitas Pendidikan Indonesia, yth. Bapak …………………………………………………., kepadanya kami persilakan.
Sambutan yang selanjutnya dari Ketua Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) UPI, yang terhormat Bapak Drs. Fakhrudin M.Ag, kami persilakan.
Sambutan yang terakhir sekaligus menutup secara resmi seluruh rangkaian Kegiatan Program tutorial PAI MKDU UPI semester Genap yang akan disampaikan oleh Bapak Rektor Universitas Pendidikan Indonesia, yang pada kesematan ini akan didisposisikan kepada Bapak ………………………………………., selaku ……………………………………………. …………………………………………………….. dengan segala hormat kami persilakan. (Rektor sambutan)

Penyerahan Plakat dari Program Tutorial PAI MKDU UPI kepada:
Ketua Penyelangrara Program Tutorial,
Ketua DKM Al-Furqon Universitas Pendidikan Indonesia
Kepada ketua MKDU UPI dan
Kepada Rektor Universitas Pendidikan Indonesia
Akan diberikan oleh Ketua Umum Program Tutorial PAI MKDU UPI, Kepada para penerima cendra mata dimohon untuk berdiri sejenak untuk menerima cendra mata dari Program Tutorial.
Hadirin yang berbahagia…

Selesai sudah rangkaian acara pembukaan ini. Kami ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan seluruh rangakaian kegiatan Program Tutorial selama satu semester, dan semoga Allah memberikan balasan kebaikan yang berlipat ganda, amin.

Kepada para peserta kami ucapkan selamat mengikuti rangkaian acara selajutnya dan mohon untuk tidak beranjak keluar sampai acaranya selesai. Dan Seoga ilmu yang didapatkannya akan menjadi cahaya penerang jalan panjang dalam menempuh liku-liku kehidupan semoga kita semua senantiasa diberikan kemudahan, keberkahan dan lindungan serta hidayah dari-Nya, sehingga terhindar dari godaan Syetan yang terkutuk. Amin.

Marilah kita akhiri acara penutupan ini dengan mengucapkan “Hamdallah”
Alhamdulillahirobbil’alamin…
Mohon maaf ats kekurangannya.
Wabillahi taufik walhidayah, wal inayah, walbarokah,
Wassalamu’alaiakum warahmatullahi wabarakatuh.
Selanjutnya acara saya kembalikan kepada sahabat saya Supriadi dan Nandi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste