Langsung ke konten utama
KERANGKA PEMBUATAN BAHAN BELAJAR BERPROGRAM
SALAH SATU TUGAS MATA KULIAH PENGEMBANGAN BAHAN AJAR (PBA)
Disusun oleh:
Ence Surahman
0800201.

MAHASISWA KONSENTRASI PENIDIKAN GURU TIK
JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA BANDUNG
2010


KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala fuji beserta syukur selayaknya kita panjatkan kekhadirat Allah yang kita semua ada dalam genggaman-Nya, salawat beserta salam semoga senantiasa tercurahlimpahkan kepada panutan kita semua, Nabyulloh Muhammad SAW. Kepada keluarga sahabat, tabi’in itbaun tabi’in juga seluruh umatnya hingga akhir zaman. Semoga kelak diakhirat diberikan safa’atul uzma, amin.
Berikut ini akan saya paparkan materi tentang Etika Profesi guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Materi ini ditujukan bagi mahasiswa yang sedang mengontrak matakuliah Etika Profesi Guru TIK, yang bisa juga dibaca oleh kalangan umum, khususnya bagi orang-orang yang bergelut didunia TIK. Hal ini penting karena menyangkut hak dan kewajiban yang harus diphamai oleh seorang guru dala bidang kajian TIK.
Kekurangan dari bahan belajar berprogram ini tentu ada, namun kendati demikian, saya berharap bahan ajar ini akan memberikan nuansa baru dan manfaat yang banyak bagi siapapun yang memperlajarinya. Terimakasih.
Bandung, 12 Mei 2010
Pembuat Bahan Ajar


Ence Surahman
NIM: 0800201




DAFTAR ISI

IDENTIFIKASI PROGRAM
Mata kuliah : Etika Profesi Guru TIK
Pokok Bahasan : Etika dan Filsafat
Sub Pokok Bahasan : Konsep Dasar Etika sebagai Bagian dari Filsafat
Materi Pokok : Penjelasan tentang konsep dasar Etika, filsafat dan istilah-istilah yang berhubungan lainnya.
Sasaran : Mahasiswa jenjang S1 Semester V
Waktu : 2X45 Menit
Julah Bingkai : 30 Bingkai

DAFTAR MATERI
1. Pengertian Etika
2. Jenis-jenis etika
3. Konsep moral, immoral,
4. Perbedaan etika dengan etiket
5. Profesional mengajar
6. Pengertian filsafat,
7. Keterkaiatan antara konsep etika dengan filsafat
8. Keterhubungan yang melatar belakangi etika profesi masuk pada kajian flilsafat
Bingkai 1-2
Bingkai 3-6
Bingkai 7-10
Bingkai 11-12
Bingkai 13-18
Bingkai 19-21
Bingkai 22-25
Bingkai 26-30


STANDAR KOMPETENSI
Standar kompetensi
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dan seluk beluk etika dan filsafat
Kompetensi Dasar
Mahasiswa dapat memberikan penjelasan tentang konsep dsar etika, dan filsafat beserta seluk beluknya.
Indikator
1. Dapat menjelaskan tentang definisi Etika,
2. Dapat menyebutkan istilah-istilah yang berkenaan atau berhubungan dengan makna etika
3. Dapat menjelaskan tentang jenis-jenis etika yang ada.
4. Dapat mendeskrifsikan definisi moral, amoral, dan immoral.
5. Dapat mendeskrifsikan definisi etiket, dan estetika.
6. Dapat menjelasakan pengertian filsafat,
7. Mendeskrifsikan cabang-cabang filsafat dari berbagai kateori
8. Menjelaskan keuntungan mempelajari filsafat.
9. Menjelaskan keterhubungan antara etika dengan filsafat

PETUNJUK PENGGUNAAN
1. Memalaui bahan ajar berrogram ini ,Anda akan dibimbing selangkah demi selangkah untuk memahami materi.
2. Dalam mempelajarinya, pastikan anda senantiasa mengikuti proseur yang dikembangakan, dan jangan ngacak karena akan berakibat tidak mantapnya pemahaman yang akan Anda kuasai.
3. Dipelajari secara teliti
4. Apabila menemukan beberapa kendala, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya atau langsung mencari bahan dari sumber yang lain.
5. Selamat menikmati pembelajarannya. Semoga anda memperoleh pehaman yang utuh.

URAIAN MATERI
Uraian materi nanti menyusul

PERTANYAAN LATIHAN
Pertanyaan disesuaikan dengan materi yang dibahas

RESPON JAWABAN SALAH
Ketika pelajar bahan ajar ini menjawab salah maka aka nada instruksi selanjutnya, dan kemudian akan menukan jawaban yang benar.
RESPON JAWABAN TEPAT
Apabila jawaban yang dibubuhkan ternyata benar, maka pelajar akan memperoleh pengahrgaan. Dana kan memperoleh kepuasan sendiri.

RANGKUMAN
Rangkuman berisi pokok-pokok pembahan yang dibahas pada bingkai materi.




TES FORMATIF
Tes formatif merupakan tes yang diberikan untuk menguji sejauhmana kemampuan siswa dalam memahami materi yang yang telah dipelajarinya.bentuk pengujiannya bisa berupa soal pilihan ganda ataupun esay.
GLOSARIUM
Berisi daftar istilah-istilah yang susah dipahami. Untuk memberikan kemudahan kepada pelajar bahan ajar berprogram ini.
PETUNJUK BINGKAI
Petunjuk bingkai merupakan peta bingkai yang dipelajri oleh pelajar.
DAFTAR PUSTAKA DAN KUNCI JAWABAN
Berisi daftar pustaka yang dijadikan sumber bahan dalam materi-materi yang dikembangkan dalam bahan ajar ini.

Komentar

  1. bozz Q msh lum paham tentang pembel berprogram ni, bisa g minta tlg liat contoh pembel berprogram yang u buat, please kirim ke email ane ya di prahara_bozz@yahoo.co.id

    BalasHapus

Posting Komentar

You can give whatever messages for me,,

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste