Langsung ke konten utama

Muhammad Daffa Vicenza, Calon Profesor yang Hapal Qur’an

Rasa bahagia tiada terkira dirasakan oleh Muhammad Daffa Vicenza alhafidz, salah satu siswa SMA Daarul Qur’an yang sudah berhasil menyelesaikan 30 juz hapalan qur’annya pada Hari Jum’at, 17 Januari 2014. Daffa menyelesaikan hapalannya bersamaan dengan Muhamad Ihsan Ridhanif Attaqwa siswa kelas X SMA Daarul Qur’an.
                Putra pertama dari pasangan Bapak Muhammad Sulianto dan Ibu Dendi Azmi Nasution mengaku dirinya baru mulai menghapal sejak masuk SMA Daarul Qur’an Bandung tahun 2011. Siswa lulusan SMPN 51 Jakarta itu mengaku masuk Daarul Qur’an karena diminta oleh orang tuanya yang lebih dulu dekat dengan PPPA Daarul Qur’an, bahkan awalnya mau dimasukin ke Daarul Qur’an sejak SMP namun Daffanya belum siap dan baru masuk ketika masuk kelas X SMA.
                Siswa yang bercita-cita ingin menjadi profesor dibidang kimia ini menceritakan suka dukanya menghapal seluruh ayat alqur’an, tahun pertama atau kelas X Daffa hanya mampu menyelesaikan 4 juz hapalannya, dan di tahun kedua atau kelas XI Daffa menambahkan 12 juz hapalan barunya, serta di enam bulan tahun ketiga (kelas XII)  Daffa berhasil menuntaskan seluruh hapalannya.
                Anak yang gemar dengan mata pelajaran berbau science ini sering mengikuti kegiatan olimpiade mulai dari olimpiade kimia, fisika, biologi dan juga matematika. Karena kesukaannya kepada sains itulah yang membuat Daffa berencana masuk Permbatangan  ITB.
                Daffa menyampaikan terimakasih kepada Ust. Rozi yang sudah memmbimbing proses menghapal qur’annya, kemudian untuk kedua orang tua yang sudah menyekolahkan di Daarul Qur’an, juga untuk seluruh civitas akademika daarul qur’an dan teman-teman seangkatannya TETRA. Ia juga menitipkan pesan untuk teman-teman yang masih menghapal untuk tetap semangat, konsisten, sabar, jangan terburu-buru namun tetap menguatkan motivasi diri untuk menyelesaikan hapalan qur’annya. (Ence-DQBdg).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

SOAL DAN JAWABAN UJIAN AKHIR SEMESTER MATA KULIAH MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

DIJAWAB OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) MAHASISWA SEMESTER IV KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK  PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN AKADEMIK 2010   SOAL DAN JAWABAN.  1. Proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dapat mendorong dan membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan permasalahan secara berpikir ilmiah serta menanamkan tugas saudara, Jelaskan model pembelajaran apa ( dapat lebih dari satu) yang dapat membentuk kemampuan siswa tersebut, dikaji dari) 1. Konsep, 2, karakteristik dan filsafatnya 4, tingkat (usia) berapa tahun sebaiknya siswa menguasi kemampuan tersebut Jawaban: Model-model pembelajaran yang dapat melatih kemampuan berpikir ilmiah siswa. a. Model pembelajaran berbasis masalah (PBM)/ (Learning Basic Problem Model) Pembelajaran berbasis masalah adalah pola pembelajaran individu yang menuntut individu itu untuk mengembangkan kemampuan dirinya dalam menggunakan intelegensinya untuk memecahkan masalah yang bermakna, relevan dan konste