Langsung ke konten utama

Postingan

Konsep Diagnostik

BAB II PEMBAHASAN KONSEP DIAGNOSTIK 2.1 Definisi Konsep Diagnostik Untuk memahami Konsep Diagnostik secara utuh, maka kita harus memulainya dengan memahami definisi konsep dan definisi diagnositik, baik secara bahasa ataupun istilah. Dibawah ini kami paparkan terkait dengan kedua hal tersebut. Definisi Konsep Konsep berasal dari kata Concept (Bhs. Inggris), yang artinya paham atau rencana. Sementara definisi konsep menurut istilah adalah rancangan abtraksi terhadap sesuatu, atau pemahaman umum yang abstrak mengenai sesuatu. Itu yang disebut dengan konsep. Definisi diagnostik Diagnostik secara bahasa, dalam kamus bahasa Inggris diagnostik itu dapat diartikan yang mendasarkan diagnose. Barang kali kita akrab dengan kata tersebut terutama dalam dunia media atau kesehatan. Seperti misalnya menurut hasil diagnostik dokter, penyakit yang diderita oleh pasien A adalah ini-ini. Diagnostik menurut istilah adalah proses yang dilakukan oleh seseorang dalam mengamati sesuatu hal yang mendasari

Analis Buku sumber

Deskripsi Tugas. Tugas ini bersifat individu, merupakan tugas dari topik materi tentang Sumber bahan ajar cetak (printed material). Alhamdulilah saya kebagian jenis buku sumber yang akan saya analisis. Kemudian hasil analisis ini nantinya akan menjadi bahan acuan saya dan teman-teman mahasiswa ketika menyusun bahan ajar untuk siswa. 1. Identitas Buku Dibawah ini akan saya paparkan identitas buku yang saya analisis. Judul Buku : FIQIH SUNNAH Jilid 1 Judul asli : Fiqhus Sunnah Penulis : Sayyid Sabiq Penerjemah : Nor Hasanuddin, Lc, MA, Dkk Penyunting : Dendi Irfan Arif Anggoro Dadi M. Hasan Basri Jumlah halaman: 593 halaman Desain Sampul : Agi Sandyta Desain Isi dan tata letak : Iman Cahya Jenis Kertas : Costum Size (25x15 cm) Tebal buku : 4 cm ISBN : 979-3855-28-2 Cetakan 1 : Maret 2006 Penerbit : Pena Pundi Aksara Jln. Cempaka Putih tengah XVIII No. 12 Cempaka Putih, Jakarta – pusat 10510 Email: penerbitpena@yahoo.co.id Web : www.penerbitpena.com Ang

Akhirnya Satpam Wanita Mesjid Al-Furqon Berjilbab Juga.

Oleh: Ence Surahman Awalnya tidak percaya, ketika melihat kostum satpam Wanita yang berubah dari hari sebelumnya, memang belum lama hal itu ada, baru seminggu yang lalu. Selidik punya selidik, ternyata memang ada yang mengsuslkan hal tersebut, ayitu dari ketua umum Program tutorial yang mengusulkan kepada pihak DKM, agar satpam wanita menggunakan kerudung, biar suasana mesjid menjadi lebih terasa, dan hal ini menjadi point penting tersendiri, barang kali awalnya tabu, karena biasanya satpam itu identik dengan pakaian yang rapi, rambut yang tidak semampai, dan selalu siap siaga untuk berjaga, namun sekarang di UPI telah berubah, Ibu Satpam menjadi terlihat lebih anggun, dan terkesan lebih rapi. Harapannya dengan begitu Islamic Tutorial Center dan Mesjid Al-furqon menjadi basis perubahan dan basis Islam dikampus, semuanya bersumber dan tercipta dari mesjid. Yang semoga Al-furqon bisa seperti namanya yaitu sebagai pembeda antara yang baik (hak) dan buruk (batil).

Mengungkap hikmah dibalik Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Oleh Ence Surahman Tepat 1339 Tahun yang lalu, disuatu tempat yang saat ini kita kenal dengan nama Mekah, lahirlah seorang manusia pilihan Allah, yang ketika terlahir dalam keadaan yatim atau telah ditinggal mati oleh sang Ayah. Terlahir dari rahim seorang ibu yang sangat mencintainya yaitu Siti Aminah, bayi yang lahir pada tanggal 12 Robiul awal ini bernama Muhammad. Seorang yatim yang besar dibawah asuhan kakek dan pamannya. Kelahiran seorang hamba Allah, ini memang telah ada dalam skenario Allah, bahkan title beliau sebagai nabi ini telah Allah beritahukan dalam kitab sebelum Al-Qur’an, yang kemudian ada ahli-ahli kitab yang baik yang meyakini hal tersebut. Bahkan dalam keterangan dinyatakan bahwa nabi Musa sekalipun menginginkan menjadi umat Nabi Muhamad ini. Siapa sangka anak yang besar dikeluarga kafir Quraiy ini, menjadi nabi yang sangat Allah cintai, menjadi nabi yang punya hak untuk menyelematkan atau memberi safaat kepada umatnya nanti diyaumul hisab, seorang pemimpin yang a
12 ROBIUL AWAL 12 Robiul awal atau lebih dikenal dengan tanggal 12 Mulud, merupakan hariyang istimewa, karena bagaimana tiak hariii adalah hari diturunkannya seorang manusia yang kemudian telah membawa jalan yang terang benderang dan mengajak orang-orang yang sedang dalam kegelapan menuju jalan yang terang benderang, ya, pada tanggal inilah Rosulloh Muhammad SAW, Allah tutunkan kebumi untuk jadi: 1. Pembawa Risalam Yang Benar, Damai,dan selamat yaitu Islam 2. MEnghentikan Pemujaan terhadap Syetan 3. Pemberi Peringatan, 4. Pemberi Kabar gembira bagi Abdi Allah,,, 5. Teladan dalam segala hal, Dll,,, Maka Seyogyanya Kitamengikuti jejak langkahnya,,,,,

MODEL DESAIN PEMBELAJARAN

UJIAN AKHIR SEMESTER Membuat Analisis Terhadap Model-Model Perencanaan Pembelajaran (Design Of Instructional) Serta Implementasinya Dalam Penyusunan Silabus Dan Rpp Disusun Sebagai Tugas Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran Dosen Pengampu: Dra. Masitoh, M.Pd =================== ================== Disusun Oleh: Ence Surahman 0800201 Mahasiswa Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia-Bandung KATA PENGANTAR Pembelajaran bagian dari pendidikan, yang merupakan pilar penting dalam tubuh ketahanan nasional, menjadi sesuatu yang sangat penting untuk kemudian diperhatikan oleh semua kalangan, terlebih bagi orang-orang yang bergelut didalam dunia pendidikan. Pendidikan yang baik menjadi sebuah tolok ukur terhadap kualitas hidup manusia dijamannya. Pendidikan pada dasarnya terbagi dalam tiga jalur yaitu pendidikan formal (formaly education), pendidikan informal (informal

MASTERY LEARNING

=================================== MINI PAPER TENTANG: MODEL PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNNG) SEBAGAI MODEL BELAJAR YANG EFEKTIF UNTUK MEMBELAJARKAN PELAJARAN YANG PRAKTIS MISALNYA MATA PELAJARAN TIK DISUSUN UNTUK MEMENUHI TUGAS DOSEN MATA KULIAH KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN ================================== DOSEN: DRS. ASEP HERRY HERNAWAN, M.PD OLEH: ENCE SURAHMAN (0800201) ================================= MHS. KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA-BANDUNG ================= ASUMSI DASAR Metode pembelajaran adalah cara untuk mempermudah peserta didik mencapai kompetensi yang ditentukan.. Hal ini berlaku baik bagi guru (dalam pemilihan metode mengajar) maupun bagi peserta didik (dalam memilih strategi belajar). Dengan demikian semakin baik metode, akan semakin efektif pula pencapaian tujuan belajar (Winarno Surahmad, 1982). Langkah metode pembelajaran yang dipilih memainkan peranan uta

TAHUN BARU....? SIKAP KITA.....???

ANTARA TAHUN BARU ISLAM DENGAN TAHUN BARU MASEHI,,, BAGAIMANA SIKAP KITA SEBAGAI MUSLIM, SEHARUSNYA??? Ketika kita telah bertemu dengan bulan yang berakhiran ber, maka kitapun telah sama-sama faham bahwa tahun yang baru akan segera datang. Atau ketika kita telah bertemu dengan masa-masa ibadah haji, maka dalam urutan bulan Hijriah, hal itu menjelaskan tentang pergantian bilangan tahun yang baru. Dan secara otomatis pula dalam benak kita tengan tertulis bahwa dalam kalender masehi tengah menginjak usia kesekia tahun, missal untuk sekarang telah bersiap kedatangan tahun 2010, di hijriah sebagai tahun eksistensi Islam dimuka bumi tengah menyambut kedatangan tahun ke-1431. Dan inya Allah dibawah ini akan coba saya paparkan sikap kita yang sebaiknya dilakukan dalam rangka menyambut kedatangan moment istimewa itu, dan kitapun harus memahami momen istimewa umat muslim yang mana yang seharusnya, lantas yang lainnya terkait hal-hal yang tidak sepatutnya kita perhatikan dan kita kultuskan terka

KONSEP DASAR PEMBELAJARAN

KATA PENGANTAR Segala fuji, fuja dan syukur, beserta segenap penghambaan hendaknya senantiasa kita panjatkan hanya untuk Allah semata, Tuhan yang telah mencipta kita, sedang mengatur semua hal yang terjadi pada diri kita dan akan kepada-Nya kita semua mempertanggungjawabkan semua perbuatan selama hidup didunia pana ini. Alhamdulilah atas karunianya kami kelompok 1, telah selesai menyusun perbaikan (revisi) makalah yang telah kami persentasikan dalam persentasi kelas pada hari Rabu, 18 November 2009, pada kegiatan perkuliahan Kurikulum dan Pembelajaran kami. Salawat beserta salam semoga selamanya tercurah limpah atas baginda tercinta orang yang paling mulya dalam pandangan manusia dan juga Allah, seorang revolusioner, yang telah menghantarkan kita semua menuju titik cahaya terang untuk kebahagiaan yang hakiki. Yakni Nabi Muhammad SAW. Semoga sampai juga kepada keluarga tercintanya, sahabat setianya dan seluruh umatnya yang senantiasa taat, turut dan akan selamanya menjadi risalah agama

TANYA JAWAB TENTANG KURIKULUM

Ence Surahman (0800201) Mhs. Konsentrasi Pendidikan Guru TIK Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung 1. Dari penelusuran saudara mengenai pengertian kurikulum dari berbagai sumber, jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat: a. Jelaskan dimensi-dimensi pengertian kurikulum yang saudara ketahui! Dalam buku Kurikulum dan Pembelajaran yang disusun oleh tim dosen MKDU Kurikulum Pembelajaran, dan juga dari berbagai artikel-artikel di internet yang membahas tentang dimensi-dimensi kurikulum, dapat saya tuliskan sebagaimana berikut ini: 1. Dimensi kurikulum sebagai suatu gagasan (Ide), mengandung makna bahwa kurikulum adalah sekumpulan ide yang akan dijadikan pedoman dalam pengembangan kurikulum selanjutnya 1, saya tambahkan bahwa yang dimaksud kurikulum sebagi ide itu adalah dalam termuat maksud bahwa kurikulum berdasarkan hasil penelitian, analisis, pengamatan dan pengalaman sebagai sumber gagasan dan pemiki

PENGELOLAAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN

NAMA : ENCE SURAHMAN NIM: 0800201 MHS. KONSENTRASI PENDIDIKAN GURU TIK FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA-BANDUNG ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ PEMBIAYAAN PENDIDIKAN Sebelum saya menjelaskan lebih jauh tentang pembiayaan pendidikan, saya coba sedikit gambarkan diagram keterkaitan antara pendidikan dengan komponen-komponen manajemennya. Gambar di samping ini saya persepsikan bahwa kelima faktor penunjang pendidikan itu sangat vital perannya dalam rangka melaksanakan proses pendidikan, baik itu dilevel mikro ataupun makro, kesemua faktor penunjang itu sunggguh tidak bisa dipilah-pilah lagi, dan kesemuaannya, akan menjadi satu kesatuan yag terintegrasi, dengan kesimpulan bahwa hilangnya diantara salah satu dari kelima faktor penting ini akan mengakibatkan lemahnya kerangka pendidikan bahkan bisa mengakibatkan lesu atau terdiamnya proses pendidikan, sebagai contoh dalam aktivitas pendidikan, sementara biaya