Langsung ke konten utama

Postingan

Asas-Asas Sistem Pendidikan Islam

Oleh: Ence Surahman (Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia – Bandung) Menurut Hasan Langgulung, pendidikan itu mempunyai asas-asas tempat ia tegak dalam materi, interaksi, inovasi dan cita-citanya. Jadi asas itu merupakan landasan yang menjadi tumpuan segaanya berada diatasnya. Dalam bukunya Asas-Asas Pendidikan Islam beliau menuliskan ada 6 asas dalam pendidikan; diantarana: Pertama: asas-asas historis, yaitu asas yang mempengaruhi pendidik dari pengalaman masa lalunya, undang-undang dan peraturan-peraturan, batas-batas dan kekurangannya, Kedua : asas-asas sosial yang memberinya kerangka budaya dari mana pendidikan itu bertolak dan bergerak; memindah budaya, memilih dan mengembangkannya Ketiga : asas-asas ekonomi yang memberinya perspektif tentang potensi-potensi manusia dan keuangan, materi dan persiapan yang mengatur sumber-sumbernya dan bertanggungjawab terhadap anggaran belanjanya Keempat : asas-asas politik dan administrasi yang memberinya bingkai ideologi (aqidah) dari man

Hati-Hati Dengan Dunia TI

Oleh: Ence Surahman (Praktisi dan pengamat Perkembagan TI) Dalam sebuah seminar yang pernah saya ikuti di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Oktober lalu.saya disadarkan sesuatu oleh Pembicara Seminar (Prof. Dr. Onno W. Purbo, M.T. sungguh saya merinding ketika mendengar statement dari beliau yang mengatakan bahwa “hati-hati dengan dunia TI”. Dalam benak saya langsung muncul pertanyaan, “mengapa harus berhati-hati? Lalu dalam hal apa kita harus berhati-hati?” kemudian beliau melanjutkan ceritanya yang diambil dari kisah nyata. Kata beliau, pernah terjadi satu peristiwa mengerikan sekaligus menggelikan, bahwa terdapat salahsatu kasus yang sangat tidak dibayangkan sebelumnya. Dan boleh jadi saat ini kita sedang menuju kearah sana. Alkisah, ada seorang remaja cantik, yang kegemarannya itu adalah berinteraksi dalam dunia maya, dengan menggunakan salah satu jejaring sosial yang saat ini sedang banyak digandrungi, mulai dari anak-anak sampai orang yang sudah tua renta hampir semuan

Adab Terhadap Ilmu Dan Ulama

Sebuah catatan Kantin (kajian Rutin) PT #2 Ditulis oleh: Ence Surahman Salah satu karakter ilmu adalah tidak mau dipoligami, maka ketika dalm majelis ilmu kita masih memikirkan hajat yang lain, maka pasti ilmu itu tidak akan masuk atau kalaupun masuk pasti hanya sebagian saja. Maka ketika punya hajat lebih baik penuhi dulu hajatnya. Dalam penelitian Dr.Adian Dusaini, disimpulkan bahwa masih banyak aktivis dakwah yang pemikirannnya masih belum benar. Atau nama lainnya tingkat kesesatan pemikiran seorang mahasiswa aktivis dakwah masih tinggi. Aktivis dakwah saja corak atau paradigma berpikirnya masih banyak yang belum benar apalagi orang yang tidak mengerti dan tidak mau menegrti tentang Islam. Dalam kisah perjalanan di jaman Rosulullah, pernah dikisahkan tentang kisah Khawarij. Mereka adalah kaum yang memiliki kesholehan ibadah yang sangat luar biasa. Namun karena tidak berilmu maka jelas-jelas mereak sesat. Jadi kesolehan seseorang itu tidak selamanya relevan dengan keimanan dan ilm

CATATAN KULIAH SPJJ PERSENTASI KEL IV TENTANG PENILAIAN DALAM SPJJL

PENILAIAN DALAM SPJJ Oleh Kelompok IV; Agus, Aprima, Murliati, Prasassti, Tiara dan yuren Sasiska. SISTEMATIKA PENILAIAN 1. Penyiapan abhan, ruang dan pengawas ujian 2. Pelaksanaan ujian 3. Pengiriman hasil ujian Pengertian evaluasi dalam SPJJ; Evaluasi adalah suatu usaha untuk mengukur dan memberi nilai secara obyektif untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan suatu proses. Sesi tanya jawab: 1. Dari Afief :Evaluasi yang baik yang seperti apa yang mampu memberikan validitas dan kepercayaan peserta yang dievaluasi? Jawaban dari Mba Yuren: Antara penilaian PJJ dengan konvensional ada standar penilain tersendiri. Bagaimana standar dan jaminan kelulusan peserta. 2. Ence ; Perbedaan yang secara spesifik antara evaluasi konvensional dan PJJ? Pada dasarnya hampir sama, tergantung model pjj yang digunakan karena ada model yang semi PJJ dan ada juga yang full pjj. Menurut Aprima: Porsesnya menggunakan media di internet. Ada divisi yang mengurusi proses penilasian. 3. Bagaim

Catatan kuliah Seminar Pendidikan Agama Islam Tema: Pendidikan Anak dalam Islam.

Persentasi kelopok 7; (Diah, Yasir dan Tri) Menurut syayidina Ali Ra. Ada 3 tahap pendidikan Islam oleh diah; 1. Tahap BERMAIN (“la-ibuhum”/ajaklah mereka bermain), dari lahir sampai kira-kira 7 tahun. 2. Tahap PENANAMAN DISIPLIN (“addibuhum”/ajarilah mereka adab) dari kira-kira 7 tahun sampai 14 tahun. 3. Tahap KEMITRAAN (“roofiquhum”/jadikanlah mereka sebagai sahabat) kira-kira mulai 14 tahun ke atas. Ada 8 pilar pendidikan anak; oleh Yasir; 1. Pendidikan keimanan 2. Pendidikan akhlak 3. Pendidikan ibadah yang benar 4. Pendidikan fikroh/pemikiran 5. Pendidikan fisik anak 6. Sosial 7. Pendidikan Kejiwaan 8. Pendidikan Kejenisan (seksual) Metode mendidik anak; oleh ; Tri. Ada 5 metode dalam islam; 1. Keteladanan Bermusyawarah, berdiskusi, memberikan contoh. 2. Hambatan dalam pendidikan anak; 1. Internal Sumbernya dari orang tua, kecakapan orang tua akan menentukan keberhasilan pendidikan anak 2. Ekternal Lingkungan tempat anak berada, baik disekolah, ditempat permainan, dll. Urgensi me

CATATAN KULIAH INOVPEND Tentang Perubahan Sosial

Senin, 22 Nopember 2010 PERSENTASI KELOMPOK 1: PERUBAHAN SOSIAL (SOCIAL CHANGE) TOKOH-TOKOH YANG MENDEFINISIKAN PERUBAHAN SOSIAL; 1. GERLACH AND HINES 2. HAMBLIN, JACOBSEN, MILLER 3. ABCARIAN 4. ROGERS 5. ETZIONI 6. LIPPIT Direncanakan ataupun tidak direncanakan, baik individu maupun kelompok 7. SMITH 8. TRIANDIS Perubahan sosial dari suatu bentuk, 9. LENSKI Degan inovasi baik dengan invention, discovery, 10. DOBNY, BOSKOFF, PENDLETON 11. NEIHOFF Wahana pembaharu, NIDIA; TIPE OF SOCIAL CHANGE Ditinjau dari proses terjadinya: 1. Yang direncanakan Dilakukan secara terencana untuk merubah keadaan suatu masyarakat, misalnya program KB, program transmigrasi penduduk, 2. Yang tidak direncanakan Berlangsung secara langsung, tanpa disusun terlebih dahulu, seperti gaya hidup masyarakat, dulu biasa bergotong royong, sekarang lebih banyak individualis, Tipe berdasarkan ruang lingkup; 1. Mikro ; dalam lingkup yang sempit, misalnya perubahan dalam diri seorang individu 2. intermediet ; lingkup mene

KISAH TENTANG ITSAR

Dikutif dari buku Fadhail A’mal Karangan Maulana Muhammad zakariyya Al Kandhalawi rah. a. HADIAH KEPALA KAMBING YANG BERPINDAH TANGAN SEHINGGA KEMBALI KE TANGAN SEMULA Ibnu Umar ra. Menceritakan, “Seorang sahabat telah menerima hadiah berupa kepala kambing. Tetapi Dia merasa tidak berhak menerima pemberian itu karena tetangga sebelahnya lebih memerlukan, karena tetangganya itu mempunyai keluarga yang banyak. Lalu Dia pun memberikan kepala kambing itu kepada tetangganya tersebut. Ketika tetangganya menerima pemberian itu, maka ia pun teringat kepada tetangganya yang lebih memerlukan lagi. Begitulah seterusnya sehingga diketahui kepala kambing itu telah berpindah tangan tidak kurang dari tujuh rumah sampai akhirnya kembali ketangan syahabat yang pertama kali menerimanya.” Hikmah dari kisah di atas: Dari peristiwa ini kita dapat mengambil pelajaran, bagaimana para shahabat yang berada dalam keadaan serba miskin, tetapi masih sanggup mengutamakan kepentingan saudaranya daripada kepentinga

Tanpa Kita Sadari

Oleh: Ence Surahman Kita Harus menghancurkan moral disetiap tempat, dengan sering mempertontonkan hubungan-hubungan seksual dibawah sinar matahari, agar para pemuda tidak lagi melihatnya sebagai sesuatu yang tabu dan keinginan yang besar hanya tercurahkan pada pemuasan seksual. Dan ketika itulah moralnya akan hancur (dari buku Protokol Pemerintah Zionis) Saudarahku marilah kita menganalislisnya secara cermat, sesungguhnya mereka menginginkan manusia tak bermoral, bukan hanya muslim, tapi umat yang lain juga. Orang-orang yang mempropagandakn kumpul kebo, dan pergaulan bebas antara laki-laki dan wanita dinegara Islam dan ingin memasyarakatkan budaya itu keseluruh kehidupan sosial kita, pada hakikatnya merupakan alat-alat propaganda dan pelaksana rencana musuh-musuh Islam, terutama kalangan materialis, atheis, stois, Zionis dan masunis. Kemudian mari kita renungkan perkataan seorang kolonialis “Minuman keras dan wanita cantik akan lebih efektif dalam menghancurkan umat Muhammad daripada s

Memaknai Jalan Hidup

Kajian Bersama Ust. Ibnu Sholih Dalam hidup kita ada kekuatan yang diluar kamampuan manusia. derajat manusia ada 3 tingkatan: 1. Statsusnya ada yang lebih dari manusia biasa dan hampir menyamai malaikat. 2. Statusnya sama dengan manusia biasa 3. Statusnya lebih rendah dari manusia bahkan sama dengan hewan. Ibrahim adalah kekasih Allah yang memiliki tingkatan yang pertama. Yaitu derajat yng diatas rata-rata. Ada 2 istilah yiatu hamasah dan tsiqah. Yang penting adalah yakin kepada Allah dan semangat dalam berdakwah. Maka mari kita bergerak, melangkah untuk mencapai derajat yang pertama. Dakwah dengan membina orang lain, amalannya sangat luar biasa, karen a ia tida ahanya memikirkan diri sendiri tetapi juga orang lain. Ada sebuah amalan yang harus kitalakukan, untuk memcapai kemenangan yang dijanjikan Allah. Maka yang harus kita miliki adalah: 1. Memiliki semangat untuk memperbaharui orang lain. Tentu dengan semangat dan aksi nyata yang terorganisisr.    

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

Cinta Bersemi di Jaya Giri

Saat itu tepat jam 0.50 WIB. Ditemani bara perapian yang terus berkobar menghangatkan jasad yang kedinginan, bara api yang seolah mendukung jemariku menulis sepatah kata demi kata untuk kurangkai menjadi sebuah kelimat yang akan terangkai memberi makna yang bercerita tentang aku dan malam ini, di Jaya Giri kurasakan cinta itu tumbuh bersemi.  Ya memang terkesan lebay, terlebih berbicara tentang cinta, semua orang juga kadang sangat sensitif kalau berbicara satu kata ini. Tapi aku memang ingin bercerita tentang cinta malam ini. Sebuah perasaan yang muncul dan semakin kuat dalam pikiranku setelah sekian lama terpendam karena mungkin benih-benih itu tertutup, terhalang oleh kebebasan otak semata sehingga hatiku kurang bercerita. Hal ini karena kesibukan harian di kampusku. Sebuah pembelaan diri.   Malam itu, ketika bulan seolah malu-malu memperlihatkan terangnya. Awan mendung yang menutupi membuat suasana semakin hening bermakna. Aku nikmati semuanya. Semua tentang cinta, cinta itu kin

Kuliah Pengelolaan Laboratorium TIK

Perencanaan ICT LAB 1. Timing (Perencanaan dalam hal waktu) a. Short time (planing jangka pendek) b. Midle time (planing jangka menengah) c. Long time (satu periode kepengurusan kepemimpinan kepala sekolah, 2. Object Plan (perencanaan objek) a. Activity (event) Membuat program-program yang berkaitan dengan aktivitas lab kedepan, misalnya ada IHT (Inhouse training) b. Development programe (Progam pengembangan yang akan dilakukan di laboratorium) c. Procurement programe (program pengadaan) d. Services programe 3. Output (hasil atau produk yang akan dihasilkan) a. Document-1; (Blue print) Berisi kerangka umum mengenai lab yang kita bangun, ada visi, misi, porgram jangak pendek, jangka panjang, tujuan, jobdesk setiap pengelola lab, b. Document-2; SOP (standar Operating Procedure) SOP meliputi SOP untuk (Pengembangan, Relationship programe, Productions dll) 4. Object (sasaran konsumen lab) a. Student (siswa) b. Teacher (guru) c. Personal (perseorangan) d. General (pihak umum) 5. Variant (r

Kuliah Inovasi Pendidikan

Rabu, 03 Nopember 2010 @108 FIP UPI TAHAPAN-TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INOVASI Menurut Rogers: 1. TAHAP PENGETAHUAN (KNOWLAGE) Seseorang atau unit pengambil keputusan ingin mengetahui terkait inovasi yang baru. Karena hl ini berkaitan dengan salahsatu ciri profesional yaitu terbuka, responsif dengan pembaharuan. 2. TAHAP PERSUASI (TAHAP PEMBUJUKAN) Setelah adopter memahami/mengetahui inovasi yang telah dipelajari oleh adopter, maka ada dua kemungkinan yang pertama mereka menyukai yang kedua tidak menyukai terhadap inovasi yang muncul. Pada tahap ini, biasanya diadakan kegiatan-kegiatan semacam Training Of Trainner (TOT). 3. TAHAP KEPUTUSAN INOVASI Tahap ini berlangsung pada saat seseorang atau calon adopter melakukan kelakuan yang mengarah pada proses pengambilan keputusan untuk menerima inovasi yang baru. 4. TAHAP IMPLEMENTASI Setelah calon adopter di biasakan dengan produk baru sebuah inovasi, maa tahap selanjutnya adalah tahap implementasi inovasi. 5. TAHAP KONFIRMASI Pada p

SPIRITUAL EXPERIENCE IN JAYAGIRI MOUNTAINT

Oleh : Ence Surahman / Jaisyurahman Sore itu cuaca cerah menyertai kepergianku meninggalkan kampus dengan setumpuk aktivitas rutinku, mentari sore yang menyemburkan sinar keemasannya menemani setiap deru motor yang aku Tumpangi. Perjalanan yang cukup lancar membuat aku bisa sampai lebih cepat ketempat tujuan. Taman Wisata Gunung Jaya Giri yang akan kami kunjungi sore itu, maksudnya ingin melakukan survey lokasi untuk kegiatan Funtime for Tutor (FfT)diakhir pekan ini. Sore itu cuaca memang sangat mendukung, perjalananku menjadi sangat menyenangkan, sangat aku nikmati, terlebih jalan-jalan ke gunung sudah tersingkirkan dalam agenda rutinku akhir-akhir ini karena kesibukan urusan kampus yang terus membuntutiku. Sore itu setibanya di gerbang masuk, aku temui penjaga gerbang, aku ajak bicara panjang lebar, terkait rencana keberangkatan aku dan teman-teman yang direncanakan akhir pekan ini. Setelah semuanya jelas aku meminta ijin untuk meninjau lokasi ke atas bukit. tepat pukul 16.30an aku d

PENTINGNYA SHALAT KHUSU’

Oleh: Ence Surahman/Jaisyurahman Saat ini banyak sekali kita temukan berbagai pelatihan yang dilakukan untuk melatih orang-orang bisa melakukan shalat dengan khusu’. Lalau mengapa shalat yang kita lakukan harus dilakukan dengan khusu’? berikut jawabannya. 1. Shalat merupakan bagian dari Rukun islam Sebagaimana yang kita ketahui dalam sebuah keterangan, ketika Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang rukun Islam, kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa yang dimaksud dengan Islam adalah Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji Ke Baitullah. Maka jelaslah bahwa shalat merupakan pilar penting dalam tubuh Islam, hanya pertanyaannya bagaimanakah dengan shalat kita? Apakah kita sudah memahami bahwa shalat merupakan bagian dari tubuh Islam, agama dan keyakinan yang kita anut. Jelaslah bahwa shalat merupakan bagian penting dalam kehidupan seorang muslim. 2. Shalat merupakan tihangnya agama islam Dalam Islam peranan shalat menjadi bagian yang sangat penting. Dalam sebuah ketera

CATATAN KULIAH INOVASI PENDIDIKAN Senin, 11 Oktober 2010,

Bersama Dr. Endang Hernawan, M.Pd Inovasi hadir untuk memperbaharui, mengatasi permasalahan, dimana diasumsikan bahwa dibutuhkan carayang baru, maka diperlukan yang namanya inovasi. Misalnya untuk menambah ruang belajar, maka diperlukan yang namanya inovasi. Salah satu contoh dari inovasinya adalah adanya Sekolah terbuka, dari SMP sampai Perguruan tinggi ada pembelajaan terbuka. Inovasi muncul karena permasalahan2 dalam pendidikan: 1. Mutu Artinya harus dikejar namun dalam konstek2 tertentu hal itu tidak memungkinkan, karena mungkin faktor geografis, dll. 2. Akses Untuk mengakses pendidikan tidak mudah, karena indonesia daerahnya luas, maka untuk mengatasinya perlu ada inovasi. 3. Relevansi Inovasi itu bermacam-macam dengan media 2 dimensi, atau media 3 dimensi. Itupun bagain dari inovasi. Inovasi adalah suatu ide, barang, metoda, yang dianggap sesuatu yang abru oleh seseorang atau sekelompok orang. Istilah yang berdekatan dengan inovasi adalah discovery artinya sesuatu tu elah ada tap

CATAN KULIAH INOVASI PENDIDIKAN 28 Oktober 2010

KAMIS, 28 OKTOBER 2010 PROSES INOVASI DALAM PENDIDIKAN: Catatan penting: ” inovasi ada karena ada permasalahan” MENURUT ZATLMAN: 1. TAHAP/LANGKAH PERMULAAN Adalah menanamkan pada diri guru mengenai inovasi itu sendiri, agar guru paham maksud dari inovasi yang dilakukannya. Misalnya ada inovasi dalam hal kurikulum, maka guru harus dipahamkan terkait dengan kurikulum yang baru. A. PENGETAHUAN DAN KESADARAN Kesadaran merupakan hal pertama dan penting untuk diberikan kepada guru. Kesadaran mengenai pentingya berinovasi,dalam dunia pendidikan, karena kalau tidak ada inovasi maka sistem pendidikan kita tidak akan ada perubahan dan kemajuan. Kesadaran untuk menerima inovasi akan menjadi penentu berhasil tidaknya proses inovasi tiu sendiri. untuk mencapai keberhasilan ini maka perlu adanya setrategi dalam berinovasi ataupun dalam menerapkan inovasi, bisa dengan strategi pemaksaan, atau bujukan,hadiah (reward) dan hukman (punisment), Untuk meningkatkan motivasi penerimaan inovasi, maka salah s

RESENSI NOVEL KEMI

Oleh: Ence Surahman (Jaisyurahman) Alhamdulillah atas perkenan dan ijin dari Allah saya diberikan kekuatan untuk menuliskan menuliskan resensi sebuah novel yang baru saja tamatkan membacanya. Tulisan ini saya maksudkan mudah-mudahan ilmu yang saya serap dari novel itu bisa juga dinikmati oleh anda yang belum sempat membacanya. Identitas Novel Judul : KEMI Cinta Kebebasan yang Tersesat Pengarang : Dr. Adian Husaini Penerbit : Gema Insani Press (GIP) Cetakan : Pertama Oktober 2010 ISBN : 978-979-077-220-5 Tebal Hal- : 316 Halaman Sejujurnya saya bukan penggila novel, tapi setelah membaca sinopsis dan testimoni dari Pak Taufik Ismail, saya menjadi penasaran untuk membuka halama nawal dari novel ini. Saya sungguh tidak menyangka tema materi yang lukiskan dengan gaya bahasa yang baik, membuat saya berdecak kagum untuk terus mengkhatamkan bacaan saya. Saking ayiknya buku yang saya baca itu, saya tidak menyangka dalam rentang waktu 18 jam dengan jumlah waktu total untuk membaca hany

LANGKAH-LANGKAH MENJADI AHLUL QUR’AN

Oleh: Ence Surahman Di dapat dari materi kajian bersama Ust. Hanaan Attaki Sahabat Al-Qur’an, senang rasanya apabila ketika kita mambaca Al-Qur’an kita bisa merasakan aliran ketenangan dala seluruh jiwa kita, atau dengan membaca Al-Qur’an kita menjadi merasa sejuk, hati merasa tentram, maka inilah yang harus kita usahakan agar dengan membaca Al-Qur’an kita bisa mencapai pribadi orang-orang yang selalau dekat dengan Allah, senantiasa mendalami kisah-kisah yang sangat dahsyat yang ada dalams setiap ayat Al-Qur’an, namun marilah kita mengevaluasi diri, dan bertanya kepada diri sendiri, berapa kali kita bisa menjatuhkan air mata ketika membaca Al-Qur’an? Atau lebih dari pada itu kita bisa tersedu sedat menangis karena menghayati bacaand an pesan serta makna yang terkandung dalam Al-Qur’an? Padahal kalau kita mau membaca sejarah para sahabat ketika mereka membaca Al-Qur’an, banyak sekali kisah orang-orang shaleh yang dengan membaca Al-Qur’an ia mampu mendatangkan kebahagiaan dan ketenangan

SIKLUS PENGELOLAAN LABORATOIUM TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Oleh; Ence Surahman/Jaisyurahman Mahasiswa Pendidikan Guru TIK. Bahasan materi ini, sangat penting dipahami oleh orang-orang yang mengelola (tim manajemen) laboratorium TIK, dalam level dan lembaga apapun. Baik bagi pengembang, dan pengelola laboratorium yang sudah ada. Dalam pembahasan kali ini akan kita pelajari, mengenai siklus yang terdiri dari serangkaian proses dari awal pembangunan sampai tahap-tahap selanjutnya, dengan harapan manajer laboratoium akan mengetahui bagaimana menjadi pengelola laboratorium yang baik. Topik-topik yang akan dibahas dalam pembahasan ini merupakan tahapan-tahapan dalam pembangunan dan pengelolaan laboratorium. Mulai dari tahap pengadaan (procurenment), penataan (structuring), pengamanan (security), pemeliharaan (maintenance), pembaruan (updating), dan juga penghapusan (elimination). Pembahasan lebih terperinci akan dipaparkan berikut ini: 1. Pengadaan (procurenment), Pada tahap awal yang harus dipikirkan ketika akan membangun sebuah laboratorium, apap