Langsung ke konten utama

Postingan

Tanya Jawab Seputar Inovasi Pendidikan

By: Ence Surahman 1. Jelaskan pengertian; Invensi, diskoveri dan inovasi dengan contohnya masing-masing! Jawab: Invensi adalah suatu penemuan yang benar-benar baru hasil kreasi manusia. Contohnya penemuan dalam bidang pendidikan, meliputi teori-teori belajar, atau penemuan hasil ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya komputer dalam membantu memudahkan aktivitas manusia. Diskoveri adalah suatu penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, hanya belum diketahui orang. Contohnya penemuan benua, pada dasarnya benuanya sudah ada, hanya baru ditemukan oleh seseorang dan baru dipublikasikan. Atau penemuan palung laut yang terdalam, sebelumnya palung itu sudah ada. Namun karena belum ditemukan jadinya belum diketahui khalayak dan setelah ditemukan barulah bisa diketahui oleh orang banyak. Inovasi adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat),

Cinta Bersemi di Jaya Giri

Saat itu tepat jam 0.50 WIB. Ditemani bara perapian yang terus berkobar menghangatkan jasad yang kedinginan, bara api yang seolah mendukung jemariku menulis sepatah kata demi kata untuk kurangkai menjadi sebuah kelimat yang akan terangkai memberi makna yang bercerita tentang aku dan malam ini, di Jaya Giri kurasakan cinta itu tumbuh bersemi.  Ya memang terkesan lebay, terlebih berbicara tentang cinta, semua orang juga kadang sangat sensitif kalau berbicara satu kata ini. Tapi aku memang ingin bercerita tentang cinta malam ini. Sebuah perasaan yang muncul dan semakin kuat dalam pikiranku setelah sekian lama terpendam karena mungkin benih-benih itu tertutup, terhalang oleh kebebasan otak semata sehingga hatiku kurang bercerita. Hal ini karena kesibukan harian di kampusku. Sebuah pembelaan diri.   Malam itu, ketika bulan seolah malu-malu memperlihatkan terangnya. Awan mendung yang menutupi membuat suasana semakin hening bermakna. Aku nikmati semuanya. Semua tentang cinta, cinta itu kin

Kuliah Pengelolaan Laboratorium TIK

Perencanaan ICT LAB 1. Timing (Perencanaan dalam hal waktu) a. Short time (planing jangka pendek) b. Midle time (planing jangka menengah) c. Long time (satu periode kepengurusan kepemimpinan kepala sekolah, 2. Object Plan (perencanaan objek) a. Activity (event) Membuat program-program yang berkaitan dengan aktivitas lab kedepan, misalnya ada IHT (Inhouse training) b. Development programe (Progam pengembangan yang akan dilakukan di laboratorium) c. Procurement programe (program pengadaan) d. Services programe 3. Output (hasil atau produk yang akan dihasilkan) a. Document-1; (Blue print) Berisi kerangka umum mengenai lab yang kita bangun, ada visi, misi, porgram jangak pendek, jangka panjang, tujuan, jobdesk setiap pengelola lab, b. Document-2; SOP (standar Operating Procedure) SOP meliputi SOP untuk (Pengembangan, Relationship programe, Productions dll) 4. Object (sasaran konsumen lab) a. Student (siswa) b. Teacher (guru) c. Personal (perseorangan) d. General (pihak umum) 5. Variant (r

Kuliah Inovasi Pendidikan

Rabu, 03 Nopember 2010 @108 FIP UPI TAHAPAN-TAHAPAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN INOVASI Menurut Rogers: 1. TAHAP PENGETAHUAN (KNOWLAGE) Seseorang atau unit pengambil keputusan ingin mengetahui terkait inovasi yang baru. Karena hl ini berkaitan dengan salahsatu ciri profesional yaitu terbuka, responsif dengan pembaharuan. 2. TAHAP PERSUASI (TAHAP PEMBUJUKAN) Setelah adopter memahami/mengetahui inovasi yang telah dipelajari oleh adopter, maka ada dua kemungkinan yang pertama mereka menyukai yang kedua tidak menyukai terhadap inovasi yang muncul. Pada tahap ini, biasanya diadakan kegiatan-kegiatan semacam Training Of Trainner (TOT). 3. TAHAP KEPUTUSAN INOVASI Tahap ini berlangsung pada saat seseorang atau calon adopter melakukan kelakuan yang mengarah pada proses pengambilan keputusan untuk menerima inovasi yang baru. 4. TAHAP IMPLEMENTASI Setelah calon adopter di biasakan dengan produk baru sebuah inovasi, maa tahap selanjutnya adalah tahap implementasi inovasi. 5. TAHAP KONFIRMASI Pada p

SPIRITUAL EXPERIENCE IN JAYAGIRI MOUNTAINT

Oleh : Ence Surahman / Jaisyurahman Sore itu cuaca cerah menyertai kepergianku meninggalkan kampus dengan setumpuk aktivitas rutinku, mentari sore yang menyemburkan sinar keemasannya menemani setiap deru motor yang aku Tumpangi. Perjalanan yang cukup lancar membuat aku bisa sampai lebih cepat ketempat tujuan. Taman Wisata Gunung Jaya Giri yang akan kami kunjungi sore itu, maksudnya ingin melakukan survey lokasi untuk kegiatan Funtime for Tutor (FfT)diakhir pekan ini. Sore itu cuaca memang sangat mendukung, perjalananku menjadi sangat menyenangkan, sangat aku nikmati, terlebih jalan-jalan ke gunung sudah tersingkirkan dalam agenda rutinku akhir-akhir ini karena kesibukan urusan kampus yang terus membuntutiku. Sore itu setibanya di gerbang masuk, aku temui penjaga gerbang, aku ajak bicara panjang lebar, terkait rencana keberangkatan aku dan teman-teman yang direncanakan akhir pekan ini. Setelah semuanya jelas aku meminta ijin untuk meninjau lokasi ke atas bukit. tepat pukul 16.30an aku d

PENTINGNYA SHALAT KHUSU’

Oleh: Ence Surahman/Jaisyurahman Saat ini banyak sekali kita temukan berbagai pelatihan yang dilakukan untuk melatih orang-orang bisa melakukan shalat dengan khusu’. Lalau mengapa shalat yang kita lakukan harus dilakukan dengan khusu’? berikut jawabannya. 1. Shalat merupakan bagian dari Rukun islam Sebagaimana yang kita ketahui dalam sebuah keterangan, ketika Malaikat Jibril bertanya kepada Nabi Muhammad SAW tentang rukun Islam, kemudian Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa yang dimaksud dengan Islam adalah Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa dan Haji Ke Baitullah. Maka jelaslah bahwa shalat merupakan pilar penting dalam tubuh Islam, hanya pertanyaannya bagaimanakah dengan shalat kita? Apakah kita sudah memahami bahwa shalat merupakan bagian dari tubuh Islam, agama dan keyakinan yang kita anut. Jelaslah bahwa shalat merupakan bagian penting dalam kehidupan seorang muslim. 2. Shalat merupakan tihangnya agama islam Dalam Islam peranan shalat menjadi bagian yang sangat penting. Dalam sebuah ketera

CATATAN KULIAH INOVASI PENDIDIKAN Senin, 11 Oktober 2010,

Bersama Dr. Endang Hernawan, M.Pd Inovasi hadir untuk memperbaharui, mengatasi permasalahan, dimana diasumsikan bahwa dibutuhkan carayang baru, maka diperlukan yang namanya inovasi. Misalnya untuk menambah ruang belajar, maka diperlukan yang namanya inovasi. Salah satu contoh dari inovasinya adalah adanya Sekolah terbuka, dari SMP sampai Perguruan tinggi ada pembelajaan terbuka. Inovasi muncul karena permasalahan2 dalam pendidikan: 1. Mutu Artinya harus dikejar namun dalam konstek2 tertentu hal itu tidak memungkinkan, karena mungkin faktor geografis, dll. 2. Akses Untuk mengakses pendidikan tidak mudah, karena indonesia daerahnya luas, maka untuk mengatasinya perlu ada inovasi. 3. Relevansi Inovasi itu bermacam-macam dengan media 2 dimensi, atau media 3 dimensi. Itupun bagain dari inovasi. Inovasi adalah suatu ide, barang, metoda, yang dianggap sesuatu yang abru oleh seseorang atau sekelompok orang. Istilah yang berdekatan dengan inovasi adalah discovery artinya sesuatu tu elah ada tap

CATAN KULIAH INOVASI PENDIDIKAN 28 Oktober 2010

KAMIS, 28 OKTOBER 2010 PROSES INOVASI DALAM PENDIDIKAN: Catatan penting: ” inovasi ada karena ada permasalahan” MENURUT ZATLMAN: 1. TAHAP/LANGKAH PERMULAAN Adalah menanamkan pada diri guru mengenai inovasi itu sendiri, agar guru paham maksud dari inovasi yang dilakukannya. Misalnya ada inovasi dalam hal kurikulum, maka guru harus dipahamkan terkait dengan kurikulum yang baru. A. PENGETAHUAN DAN KESADARAN Kesadaran merupakan hal pertama dan penting untuk diberikan kepada guru. Kesadaran mengenai pentingya berinovasi,dalam dunia pendidikan, karena kalau tidak ada inovasi maka sistem pendidikan kita tidak akan ada perubahan dan kemajuan. Kesadaran untuk menerima inovasi akan menjadi penentu berhasil tidaknya proses inovasi tiu sendiri. untuk mencapai keberhasilan ini maka perlu adanya setrategi dalam berinovasi ataupun dalam menerapkan inovasi, bisa dengan strategi pemaksaan, atau bujukan,hadiah (reward) dan hukman (punisment), Untuk meningkatkan motivasi penerimaan inovasi, maka salah s

RESENSI NOVEL KEMI

Oleh: Ence Surahman (Jaisyurahman) Alhamdulillah atas perkenan dan ijin dari Allah saya diberikan kekuatan untuk menuliskan menuliskan resensi sebuah novel yang baru saja tamatkan membacanya. Tulisan ini saya maksudkan mudah-mudahan ilmu yang saya serap dari novel itu bisa juga dinikmati oleh anda yang belum sempat membacanya. Identitas Novel Judul : KEMI Cinta Kebebasan yang Tersesat Pengarang : Dr. Adian Husaini Penerbit : Gema Insani Press (GIP) Cetakan : Pertama Oktober 2010 ISBN : 978-979-077-220-5 Tebal Hal- : 316 Halaman Sejujurnya saya bukan penggila novel, tapi setelah membaca sinopsis dan testimoni dari Pak Taufik Ismail, saya menjadi penasaran untuk membuka halama nawal dari novel ini. Saya sungguh tidak menyangka tema materi yang lukiskan dengan gaya bahasa yang baik, membuat saya berdecak kagum untuk terus mengkhatamkan bacaan saya. Saking ayiknya buku yang saya baca itu, saya tidak menyangka dalam rentang waktu 18 jam dengan jumlah waktu total untuk membaca hany

LANGKAH-LANGKAH MENJADI AHLUL QUR’AN

Oleh: Ence Surahman Di dapat dari materi kajian bersama Ust. Hanaan Attaki Sahabat Al-Qur’an, senang rasanya apabila ketika kita mambaca Al-Qur’an kita bisa merasakan aliran ketenangan dala seluruh jiwa kita, atau dengan membaca Al-Qur’an kita menjadi merasa sejuk, hati merasa tentram, maka inilah yang harus kita usahakan agar dengan membaca Al-Qur’an kita bisa mencapai pribadi orang-orang yang selalau dekat dengan Allah, senantiasa mendalami kisah-kisah yang sangat dahsyat yang ada dalams setiap ayat Al-Qur’an, namun marilah kita mengevaluasi diri, dan bertanya kepada diri sendiri, berapa kali kita bisa menjatuhkan air mata ketika membaca Al-Qur’an? Atau lebih dari pada itu kita bisa tersedu sedat menangis karena menghayati bacaand an pesan serta makna yang terkandung dalam Al-Qur’an? Padahal kalau kita mau membaca sejarah para sahabat ketika mereka membaca Al-Qur’an, banyak sekali kisah orang-orang shaleh yang dengan membaca Al-Qur’an ia mampu mendatangkan kebahagiaan dan ketenangan

SIKLUS PENGELOLAAN LABORATOIUM TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Oleh; Ence Surahman/Jaisyurahman Mahasiswa Pendidikan Guru TIK. Bahasan materi ini, sangat penting dipahami oleh orang-orang yang mengelola (tim manajemen) laboratorium TIK, dalam level dan lembaga apapun. Baik bagi pengembang, dan pengelola laboratorium yang sudah ada. Dalam pembahasan kali ini akan kita pelajari, mengenai siklus yang terdiri dari serangkaian proses dari awal pembangunan sampai tahap-tahap selanjutnya, dengan harapan manajer laboratoium akan mengetahui bagaimana menjadi pengelola laboratorium yang baik. Topik-topik yang akan dibahas dalam pembahasan ini merupakan tahapan-tahapan dalam pembangunan dan pengelolaan laboratorium. Mulai dari tahap pengadaan (procurenment), penataan (structuring), pengamanan (security), pemeliharaan (maintenance), pembaruan (updating), dan juga penghapusan (elimination). Pembahasan lebih terperinci akan dipaparkan berikut ini: 1. Pengadaan (procurenment), Pada tahap awal yang harus dipikirkan ketika akan membangun sebuah laboratorium, apap

BNI, UPI EDUFAIR

Oleh: Ence Surahman (Jaisyurahman) Dua hari yang lalu, 18 Oktober 2010, di Kampus universitas Pendidikan Indonesia terlihat sangat rame. Puluhan umbul-umbul dan publikasi acara dipasang di pinggir kanan mesjid Al-Furqon. Sepanduk yang menonjolkan salah satu Bank terkemuka di indonesia yang tengah menjadi sponsor utama sebuah acara besar yang dilaksanakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (BEM REMA UPI). Acara yang disponsori oleh Bank BNI ini bernama BNI dan UPI Edufair. Sebuah acara yang mengusung berbagai acara dalam bidang pendidikan. Acara yang dilakukan dari tanggal 18-22 Oktober ini, terdiri dari acara seminar pendidikan, perlombaan-perlombaan seperti lomba karya ilmiah, lomba desain poster, lomba fiilm, fotografi, dll. Yang semuanya bertemakan tentang pendidikan. Selain acara-acara yang disebutkan diatas, acar dimeriahkan dengan pameran karya pendidikand ari setiap Himpunan, dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Semua himpunan dan U

DIES NATALIS UPI KE-56

Oleh: Ence Surahman (Jaisyurahman) Hari ini, Rabu 20 Oktober 2010 Seluruh Civitas akademika Universitas Pendidikan UPI (UPI ) harus berbahagia karena bertepatan dengan acara dies natalis UPI yang ke-56. Artinya UPI telah mengabdikan dirinya untuk negara kurang lebih selama 56 tahun sejak tahun pendiriannya yaitu pada tahun 1954. Seluruh rangkaian acara dies natalis ini silaksanakan di lingkungan kampus UPI tepatnya di ruang Gimnasium. Seperti biasa dalam acara ini Pak rektor yang sedang menjabat yang meruapakn rektor periode sebelumnya yakni Prof. Dr. H. Sunaryo Kartadinata, M.Pd memberikan sambutan kepada audiens yang terdari dari seluruh komponen civitas akademika UPI. Waktu yang cukup lama yang telah dilalui oleh UPI. Tentu telah banyak yang dilakukan oleh Universitas yang memiliki icon Pendidikan ini, sesuai dengan namanya, karena memang dulunya adalah institut keguruan dan Ilmu Pengetahuan (IKIP). Dengan visinya “leading and Outstanding University” dalam rangka merelasasikannya be

HUJAN LEBAT, GUYUR BANDUNG

Oleh: Ence Surahman (Jaisyurahman) Bandung walaupun bukan kota hujan sebagaimana kota bogor. Namun kota kembang ini juga tergolong kota yang memiliki rata-rata curah hujan yang cukup tinggi. Sebagaimana yang terjadi malam tadi, Rabu, 20 Oktober 2010 dari jam 00.30-05.30 hujan yang turun sangat lebat. Sepanjang malam hujan terus mengguyur warga kota bandung. Dan derasnya hujan telah mengganngu aktivitas para pedagang yang berjualan di gerlong tengah salahsatunya. Biasanya sejak jam 3 pagi mereka sudah membuka lapaknya, namun karena hujan yang turun dengan lebatnya, maka mereka baru mulai memjajakan dagangannya lebih siang ketika hujan sudah reda. Hujan yang besar dimalam hari, diperkirankan akan mengakibatkan pelaung terjadinya banjir bandang terutama dikawasan kota yang memiliki ketinggian tempat yang rendah. Seperti halnya kawasan dayeuh kolot, Bale Endah. Peluang terjadinya banjir sangat besar, karena curah hujan yang turun dari kawasan Ledeng, Lembang, dan Cibiru kawasan bandung tim

PENDIDIKAN JARAK JAUH (DISTANCE EDUCATION)

TUGAS INDIVIDU Mata Kuliah : Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (SPJJ) Dosen : Dr. Deni Kurniawan, M.Pd Mahasiswa : Ence Surahman Konsentrasi : Pendidikan Guru TIK 2008 Kurtekpend FIP Jenis Tugas : Menerjemahkan Topik : Pendidikan Jarak Jauh (Distance Education) PENDIDIKAN JARAK JAUH Pendidikan Jarak Jauh, atau pembelajaran jarak jauh adalah sebuah tempat pendidikan yang terfokus pada pendidikan anak (pedagogy)/pendidikan orang dewasa (andragogy), teknologi dan desain sistem pembelajaran yang efektif dalam menyatukan pada proses penyampaian pesan pendidikan kepada para siswa yang tidak secara fisik berada dikelas (secara langsung) dalam menerima pendidikan mereka. malahan, para guru dan siswa memungkinkan berkomunikasi pada waktu yang mereka miliki atau pilih sendiridengan menukarkan berupa bahan ajar tercetak atau media elektronik, atau sampai teknologi yang diperbolehkan mereka untuk berkomunikasi secara langsung. Kursus Pendidikan jarak jauh yang mensyaratkan sebuah kondisi fisik ons

RENDAHNYA BUDAYA BACA MASYARAKAT INDONESIA, Apa Penyebabnya?

Oleh: Ence Surahman (Jaisyurahman) Salah satu ciri khas seorang pembelajar atau peserta didik yang paling menonjol adalah “kebiasaan membaca”. Kebiasaan membaca lebih dikenal dengan sebutan “Budaya Baca”. Budaya baca yaitu kebiasaan seorang siswa dalam rangka menambah wawasan dan mengembangkan ilmu pengetahuannya. Budaya baca yang baik yang dimiliki oleh seorang pelajar akan menjadi penunjang keberhasilan proses pembelajaran yang dilakukannya. Asumsi saya adalah “semakin baik budaya baca seseorang maka akan semakin tinggi pula ilmu dan semakin luas wawasannya”. Saya sangat yakin bagi seorang pelajar membaca adalah kebiasaan yang sangat penting dilakukan, karena bagaimanapun dengan membaca maka terbukalah cakrawala wawasan yang selama ini terhalang oleh dinding ketertutupan. Lalu mengapa budaya membaca begitu penting? Sejauh mana tingkat pentingnya budaya membaca pada diri seorang pelajar? Lalu bagaimana kondisisnya dilakangan para pelajar Indoensia? Selanjutnya permasalahan apa saja y

HIKMAH DI WAKTU SUBUH, DARI PENJUAL NASI GORENG.

Oleh : Ence Surahman (Jaisyurahman) Dalam sebuah keterangan disebutkan bahwa “hikmah itu milik orang yang beriman, maka temukanlah dan ambilah dimanapun engkau menemukannya, karena itu hakmu”. Tadi subuh, di Hari Kamis, 14 Oktober 2010, seperti biasa di Hari kamis sebelum subuh aku suka menikmati nasi goreng, sembari menunggu datangnya waktu subuh, hari ini ada beberapa pelajaran yang aku dapatkan. Yang ketika aku belajar formal didalam kelas perasaan hal ini belum pernah aku dapatkan. Singkat cerita, ketika aku sedang menikmati santap nasi goreng, datanglah temanku “A”. Beliau datang untuk membeli goreng telur untuk lauk sahurnya. Kejadiannya bermula ketika terjadi kelebihan uang kembalian dari penjual nasi goreng kepada temanku. Temanku “A” membeli 1 goreng telur dan 1 kerupuk jadi total urang yang dikeluarkannya adalah 3.000. Uang disodorkan kepada penjual itu adalah sebesar 5.000. kemudian penjual nasi goreng malah mengembalikan uang sebesar 3.000. untuk temanku bukan orang yang

KARYA ILMIAH (ESSAY) FINALIS GEMASTIK III TAHUN 2010 ATAS NAMA ADE TRIANA UNIKOM

KALA UU ITE MEMBIDIK PENGGUNA HANDPHONE Oleh Adi Triana ABSTRAK UU ITE merupakan sebuah perlindungan hukum bagi pengguna media komunikasi dan informasi masyarakat Indonesia. Selain mengatur pengguna internet, UU ITE juga mengatur aktivitas pengguna handphone. Handphone merupakan alat telekomunikasi dan informasi yang tingkat penyebaran penggunaannya sangat luas meliputi hampir seluruh kalangan masyarakat Indonesia. Fenomena yang ada adalah kebanyakan media massa kurang menginformasikan ke masyarakat mengenai pengaturan UU ITE terhadap pengguna handphone dan masalah ini juga jarang dijadikan pembicaraan publik. Banyak pemberitaan dan opini-opini di internet yang bisa menimbulkan persepsi masyarakat yang kurang tepat. Jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut maka bisa jadi hal tersebut malah membentuk persepsi masyarkat bahwa UU ITE hanya mengatur penggunaan internet saja, dan hal ini sudah terjadi di sebagian kalangan masyarakat. Beberapa pasal yang menyinggung masalah penggunaan hand