Langsung ke konten utama

Postingan

Mahasiswa Kewirausahaan Jurusan Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan FIP Gelar Kegiatan Young Entrepreneur Expo 2011

Oleh: Ence Surahman (Ketua pelaksana kegiatan) UPI. “One step to be a successful young entrepreneurs” itulah tema utama kegiatan “Young Entrepreneur Expo 2011” yang akan diselenggarakan oleh Mahasiswa pengontrak kuliah kewirausahaan di Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UPI. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Kamis (26/05/2011), bertempat di area parkir FIP untuk bazar produk kuliah dan talkshow -nya dilaksanakan di ruang Auditorium FIP. Dalam acara bazar nanti, akan di tampilkan semua produk dari 18 kelompok yang telah di hasilkan oleh para mahasiswa. Adapun gambaran acara yang akan di laksanakan dimulai jam 08.00 sampai jam 12.30 wib. Dengan rincian, bazaar jam 08.00-12.30 sejalan dengan kegiatan bazar, jam 09.00-12.30 diadakan acara talkshow yang akan dipandu oleh Kang Purwanto (penyiar radio swasta Di Bandung). Menghadirkan tiga pemateri , diantaranya Bapak Ir. Drs. Imam R. Martadiputra, M.Ba (Owner kelompok usaha Jatimas). Yang juga dulunya sempat menjadi mahasis

Acara Puncak Hardiknas dan Harkitnas 2011

“RAIH PRESTASI JUNJUNG TINGGI BUDI PEKERTI" Jum’at, 20 Mei 2011, seluruh mahasiswa dari tiap-tiap universitas menyambut undangan dari mentri pendidikan untuk menghadiri Acara Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional. Universitas Pendidikan Indonesia mengirimkan dutanya sebanyak 48 orang mahasiswa, yang terdiri dari mahasiswa bidik misi dan mahasiswa berprestasi. Acara puncak peringatan hari kebangkitan dan hari pendidikan nasional ini bertema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa” dihadiri oleh orang tertinggi di Indonesia ini, yaitu bapak presiden H. Susilo Bambang Yudoyono beserta Ibu Ani Yudoyono, Bapak Wakil Presiden dan Ibu Wakil Presiden, Bapak mentri pendidikan nasional, mentri komunikasi dan informatika, mentri perhubungan, dan segenap para mentri serta para pejabat tinggi lainnya. Acara ini diawali dengan sambutan dari mentri pendidikan nasional, Bapak Muhammad Nuh, kemudian lanjut dengan sambutan dari bapak presiden In

Saatnya Indonesia Bangkit dan Berkarakter

  Indonesia Bangkit dan Berkarakter itulah slogan pada acara perayaan puncak Hardiknas dan Harkitnas Jum’at, 20 Mei Tahun 2011 di Arena JiExpo yang biasa digunakan untuk kegiatan Pekan Raya Jakarta. Ribuan peserta hadir terdiri dari unsur pelajar, pendidik dan pejabat pendidikan dari seluruh wilayah di Indonesia. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama dua kementerian, yaitu Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Menkomenfo). Tema yang diangkat adalah pendidikan karakter sebagai pilar kebangkitan nasional dengan sub tema raih prestasi junjung budi pekerti . Dihadiri langsung oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia beserta istri. Juga pemilik hajat Menteri Pendidikan Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika, dan beberapa menteri, pejabat Negara Indonesia Bersatu jilid II. Dalam sambutannya Muh.Nuh menggaris bawahi hakikat pendiidkan karakter yang digagasnya, kata beliau ada tiga karakter yang harus dibangun dalam rangka mencipt

Kode Etik Guru Indonesia

PEMBUKAAN Dengan rahmat Tuhan yang Maha Esa guru Indonesia menyadari bahwa jabatan guru adalah suatu profesi yang terhormat dan mulia. Guru mengabdikan diri dan berbakti untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia indonesia yang bermain, bertakwa dan berakhlak mulia serta mengusai ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil,makmur, dan beradap. Guru Indonesia selalu tampil secara profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan. Melatih menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru Indonesia memiliki kehandalan yang tinggi sebagai sumber daya utama untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri serta menjadi warga negara yang de

Kisah Penuh Hikmah dari Penjaga Kebun Delima

Dikisahkan, ada seorang mantan budak kurus yang dimerdekakan oleh tuannya. Namanya Mubarak. Setelah merdeka, dia bekerja pada seorang pemiliki kebun sebagai buruh. Suatu hari, sang tuan mengunjungi kebunnya bersama dengan beberapa sahabtnya. Dipanggillah Mubarak, "petikkan kami beberapa buah delima yang manis!," pintanya. Bergegaslah Mubarak melaksanakan perintah sang tuan. Dia memetik beberapa buah delima dan diserahkannya kepada sang majikan dan beberapa sahabatnya tadi. Namun, ketika majikannya mencicipi delima yang dipetik Mubarak, tak satupun ada yang manis. Semuanya masam. Sang majikan marah dan menanyai mubarak, "apa kamu tak bisa membedakan delima yang manis dan yang masam?" "Selama ini Anda tak pernah mengizinkan saya makan barang sebuahpun, bagaimana saya bisa membedakan yang delima yang manis dan yang masam?," jawab Mubarak. Sang tuan merasa kaget dan tak percaya, bertahun-tahun bekerja di kebun itu, tapi Mubarak tak pernah makan satu

Bunda, Umar Sayang Bunda

Oleh: By Ukasah Aditya “Bunda, kenapa Allah gak kasih kita hidup enak yah?” tanya seorang anak pada ibunya. “Mungkin karena Allah amat sayang sama kita,” jawab bundanya dengan santun. “Begitu ya, bunda?” Anaknya berujar. “Iya, nak. Allah amat sayang sama kita, Allah gak mau kita terlena sama nikmat dunia,” sambil meneteskan air mata Bundanya berujar pelan. Sore pun menjelang, bersiaplah Umar kecil untuk pergi ke masjid dekat rumahnya. Mengenakan peci kesayangannya dan kain sarung yang agak kumal. Langkahnya berpacu dengan suara iqamah petang itu.Dari sudut jendela, bundanya tertegun melihat anaknya amat riang mendengar panggilan Allah itu. “Ayo, nak, bergegas. Jangan sampai kau telat shalat maghrib ini!” teriak bundanya dari balik jendela. “Iya, Bunda. Assalamu’alaikum. ..” jawab Umar. Bangga rupanya bunda Umar ini, melihat pelita kecilnya rajin ibadah. Matanya berkaca-kaca saat teringat Ramadhan tahun yang lalu. “Sayang, andai kau lihat anak kita saat ini, dia luc

Subuhnya Masih Ada?

Oleh: Ence Surahman …”Subuhnya masih ada……?” tiba-tiba wanita –belum terlalu tua itu- itu bertanya. “apa bu…?” aku balik nanya untuk memastikan pertanyaan Ibu tadi. Beliaupun mengulangi pertanyaannya “ Subuhnya masih ada….?” Sembari ia melihat jam tangan dan terlihat membuka sepatu biru yang dikenakannya. Aku masih bingung namun sentak aku mengerti maksud Ibu tadi. Dalam pikiranku sepertinya Ibu itu ingin memastikan kalau waktu untuk shalat subuh apakah masih ada atau sudah lewat. Ketika itu aku lihat jam di tanganku sudah menunjukan tepat pukul 05.47 wib. Akupun menjawab untuk menenangkan hatinya “masih bu”, tanpa ditambahkan sedikitpun pernyataanku, sembari aku tersenyum. Mendengar tanggapanku,Ibu langsung berwudlu dan melaksanakan shalat, setelah selesai shalatnya aku lihat beliau masih menyempatkan waktu untuk memanjatkan do’a, ntah apa yang Ibu itu panjatkan. Semnetara jam ditanganku sudah menunjukan pukul 05.58 wib, dan akupun melanjutkan agenda lain. Serta tak kulihat lagi Ib

Pengantar Etika Profesi Guru

Sebuah catatan Perkuliahan Oleh : Ence Surahman Guru tempo dulu. Untuk melakukan proses pendidikan kepada peserta didik, seorang guru tidak jarang menggunakan pola pendidikan secara pisikly, tidak tabu ketika guru menempeleng siswa, atau menyruuh siswa untuk lari, menghukung dengan push-up dan lain-lain. Itu masa dahulu yang saat ini sudah tidak lagi sepeprti itu. Saat ini tuntutan guru harus: 1. Professional Syaranya guru memiliki: a. Kualifikasi S1/D-IV b. Sertifikat pendidik c. Kompetensi agen pembelajaran 2. Sejahtera Sejahtera material maupun nirmaterial, guru itu harus keren, harus gagah, jangan jadi loyo, mengkahwatirkan. Nonmaterial misalnya rasa senang, diakui oleh masyarakat, dan eksistensinya berguna dan dirasakan kegunaannya oleh orang lain. 3. Bermartabat a. Kode etik/etika kerja (berupa nilai-nilai dan norma yang harus dilaksanakan) b. Apresiasi profesi artinya guru harus mengapresiasi profesi keguruannya. c. Apresiasi masyakat artinya masyarakat bahwa g

Terminologi Interaksi Manusia Dengan Komputer

TERMINOLOGI INTERAKSI a. Domain b. Goal c. Task d. Intention e. Task analist f. Core SIKLUS INTERAKSI 1. Menetapkan tujuan 2. Membentuk intention 3. Menetapkan rangkaian aksi 4. Melaksanakan aksi 5. Meliha kondisi system 6. Menginterpretasikan kondisi system 7. Mengevaluasi kondisi system sehubungan dengan goal dna intense KERANGKA KERJA INTERAKSI 1. User Jurang pemisah evaluasi 2. Input 3. System 4. Output KERANGKA KERJA UMUM INTERAKSI 1. Tidka dibatasi system computer elektronik 2. Suatu abstraksi ERGONOMI Ergonomic meruapkan suatu bidang studi yang mencari dan menangani desain peralatan dan tugas-tugas yang cocok dengan kapabilitas manusia beserta batasannya atau juga disebut dengan factor kenyamanan kerja. Ergonomic harus bias memahami seluruh bagian atau system dalam computer. Meliputi fisiologi, dll Ergonomic melihat sesuatu sebagai: a. Pengaturan dari berbagai control dan tampilan b. Masalah lingkungan yang melingkupinya yang merupakan factor yang

FPOK Berjaya di PGM Program Tutorial

Oleh: De-in Fpok…? Jaya… Fpok…? Jaya… Fpok…? Jaya… Jaya… Jaya… Itulah yel-yel yang digelorakan oleh sahabat-sahabat dari FPOK ketika mengawali acara PGM (Program Tutorial Goes to Majori) atau nama lain dari Road to Jurusan,2 April 2011 di Depan Gedung Gymnasium, acara yang berlangsung dari pukul 07.30-10.00 WIB itu cukup membuat peserta merasa Antusias apalagi ditambah dengan suasana dan nuansa UPI yang Alami. Diawali dengan Apel siaga yang diikuti kira-kira 150 peserta Ikhwan dan Akhwat dari berbagai macam jurusan di Fpok, menuntut adanya sebuah kedisiplinan sekaligus mengingatkan peserta dengan masa-masa lalunya disekolah yang selalu diawali dengan Upacara dan Apel. Pada Apel tersebut, Kang Heri (FPOK 2009) menyampaikan berbagai hal tekhnis dalam mengikti acara PGM ini. Dalam acara PGM kali inipun, panitia telah membuat 4 pos yang harus dilalui oleh semua peserta, dan masing-masing pos telah disediakan berbagai macam Simulasi dan tantangan yang harus diselesaikan oleh pese

Segores Tinta Tentang Cerita Hari Ini

Oleh: Ence Surahman “Satu…. Dua…. Tiga…, Satu…. Dua…. Tiga…”” itulah kata-kata yang sering terlontar dari setiap lisan ikhwan yang sedang mendorong lemari untuk dipindah posisikan, maklum siang, sore sampai malam ini, kami sedang memberesakan sekretariat kami Program Tutorial. Sesekali terdengar celetukan “ayolah akh, jangan isitrahat dulu, target kita masih panjang nih”, tentu disertai dengan senyum dan canda serta tawa yang terus menghiasi nuansa yang terjadi hari ini, kalau ditanya “emangnya pada tidak cape….?” Jawabannya bisa dilihat dari dua kacamata yang berbeda yaitu kacamata hitam dan putih, eh eh, kok jadi kesana, terlalu jauh kali,,, sedikit saja dimensi yang kan menjawab dari pertanyaan diatas, yang pertama dari dimensi pisik, secara biologis barangkali tidak salah apabila kita mangatakan bahwa “kami begitu lelah hari ini”, bagaimana tidak, kita telah datang ke sekre untuk agenda pekanan sejak pukul 05.40an, kemudian kita angkut-angkut barang untuk digunakan dipekanan, sete

Hipotesis Penelitian

KULIAH METODOLOGI PENELITIAN SELASA, 28 MARET 2011. Proses penyusunan Hipotesis: Salahsatu ciri karya ilmiah adalah berpatokan pada sebuah teori yang dianut, bahkan sebuah krya ilmiah itu sangat bergantung kepada landasan teorinya, Ada beberapa tingkatan teori: 1. Filosofikal teori Yaitu teori yang sangat kuat, dan tidak lagi terbantahkan, misalnya teori taksonomi bloom, dan ada juga teori yang belum berlaku secara universal, seperti pendapat para ahli, yang belum mapan, bisa juga disebut dengan teoiru turunan atau disebut dengan istilah preskriftif teori. Dalam buku yang lain dibedakan menjadi 3, yaitu mikro, meso, dan makro teori, artinya teori bergantung kepada luas tidaknya cakupan atau peneybaran dalam penggunaan teori, Dalam sebuah penelitian ilmiah, maka harus dicantumkan yang dibseut dengan grand theory, teoti ini diambil dari teori mapan. Dalam penyususnan proposalpun harus jelas grand teorinya, dan grand theory ini yang harus dikembangkan dalam melakukan sebuah pen

Nasehat Dr Aid Alqorni

Kata-kata 'Bijak' Dr Aidh al-Qarni Siapa yang tidak mengenal Dr. Aidh al-Qarni atau lengkapnya Dr. Aidh Abdullah Al-Qarni ? Seorang penyair dan penulis yang buku-bukunya selalu menempati posisi best seller. Beliau berasal dari keluarga Majdu' al-Qarni, lahir di tahun 1379 H di perkampungan al-Qarn, sebelah selatan Kerajaan Arab Saudi. Meraih gelar kesarjanaan dari Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Imam Muhammad ibn Su'ud tahun 1403-1404 dan gelar Magister dalam bidang Hadits Nabi tahun 1408 H dengan tesis berjudul al-Bid'ah wa Atsaruha fi ad-Dirayah wa ar-Riwayah (Pengaruh Bid'ah terhadap ilmu Dirayah dan Riwayah Hadits). Gelar Doktornya diraih dari Universitas yang sama pada tahun 1422 H dengan judul disertasi "Dirasah wa Tahqiq Kitab al-Mafhum 'Ala Shahih Muslim li al-Qurthubi" (Studi analisis Kitab al-Mafhum 'Ala Shahih Muslim karya al-Qurthubi). Ia telah menghasilkan lebih dari delapan kaset rekaman yang memuat khotbah, kuliah, ce

Masih Terkait Metodologi Penelitian

Latar belakang: 1. Paradigma a. Positifistik b. Post positifistik 2. Pendekatan a. Pendekatan kuantitatif b. Pendekatan kualitatif 3. Tujuan dan Fungsi Penelitian 4. Masalah dan variable Unsur-Unsur Penelitian a. Penentuan Subjek penelitian b. Pemilihan metode penelitian c. Teknik dan alat pengumpulan data d. Pengolahan dan analisis data Metodologi penelitian a. Cara ilmiah untuk mendapatkan data untuk kepentingan dan tujuan tertentu Car ilmiah adalah: kegiatan yang didasarkan pada ciri-ciri ilmiah: 1. Rasional Artinya kegiatan peneltian dilakukan dengancara-cara yang masuk akal sehingga terjangkau oleh penalaran manusia 2. Empiris Artinya dapat di uji, dibuktikan, diamati, di reflikasi 3. Sistematis Artinya mengikuti langkah-langkah tertentu yang bersifat logis b. Produk dari cara yang ilmiah ini menghasilkan data atau informasi yang valid, reliable dan objektif c. Valid berkenaan degan derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya dengan data yang dikumpulk

Metodologi Penelitian

Penegertian Penelitian; 1. Suatu usaha untuk mengumpulkan, mecatat dan menganalisas fakta-fakta, mengenai suatu masalah, (Marzuki) 2. Metode ilmiah untuk penyelidikan yang sistematis, atas sesuatu pertanyaan atau amsaah (masson) 3. Usaha untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan dengan menggunakan metode ilmiah (Boyd Wesfall) 4. Usaha yang sistematis untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan (tucman) Beberapa ciri kerja penelitian; a. Penelitian dirancang dan diarahkan guna memecahkan sesutau maslaah tertentu sebagai jawaban terhadap suatu masalah yang menjadi fokus penelitian b. Penelitian memerlukan instturmen dan prosedur pengumpulan data yang valid sehingga membuahkan hasil analisis/penemuan yang akurat dan terpercaya atau valid dan relieble c. Penelitian berkepentingan bukan sekedar mensistesa atau mereorganisasi hal-hal yang telah diketahui sebelumnya tetapi lebih diarahkan untuk penemuan baru (invensi) d. Penelitian meneuntut keahlian unt

JANGAN BERSEDIH…….

Dikutif dari bukunya Dr. Aidh al-Qorni, MA. Oleh : Ence Surahman Saudaraku, pernahkah kita saudara menemukan kesedihan yang berhasil mengoyak-ngoyak perasaan, hati dan pikiran? Atau pernahkah kita berada dalam sebuah suasana yang sangat menyakitkan, sehingga kita merasa sangat tertekan, kita merasa kesepian, merasa kesepian, merasa tak berdaya, merasa sangat kecil merasa tidak punya teman, merasa percuma menjalani hidup, atau merasa tak karuan dengan semua aktivitas yang dijalani? Ya, memang. Semua orang tentu pernah atau mungkin sering ditimpa rasa sedih. Sedih menjadi sesuatu momok yang menakutkan, mengapa demikian? Karena semua orang sangat mengingkan berada dalam suasana kebalikan dari kesedihan, yaitu kebahagiaan. Kesedihan adalah kebalikan dari kehagiaan. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana seharusnya kita bersikap untuk melawan atau menghindarkan diri dari kesedihan, atau ketika kita mendapat atau ditimpa kesedihan, apa yang seharusnya kita lakukan, agar kita terhindar kesedi

Sebaik-Baik Teman Anda Adalah Buku

Dikutif dari Buku Dr. Aidh al-Qorni Oleh : Ence Surahman Sebuah kegiatan yang membuat Anda nyaman adalah membaca buku dan mengembangkan daya pikir Anda dengan meraih ilmu pengetahuan didalamnya. Al-Jahizh, seorang penulis arab beberapa abad yang lalu menasehati sesorang untuk menghapuskan kecemasan dengan membaca buku, dia berkata : “buku adalah teman yang tidak suka memujimu dan tidak menyeretmu kepada kejahatan. Ia adalah sahabat yang tidak membuatmu bosan dan dia adalah tetangga yang tidak mengancam keselamatanmu, ia adalah sahabta yang tidak berniat untuk memeras kebaikan darimu dengan rayuan, dan ia tidak akan menipumu dengan kepalsuan dan dusta. Ketika kamu membuka halaman-halaman buku, perasaanmu mendapat stimulus dan daya intelektualmu pun menjadi tajam, dengan membaca biografi orang lain, Anda bisa meraih apresiasi orang-orang pada umumnya sambil memperlajari cara berpikir para raja. Dapat dikatakan disini, bahwa apa yang kamu pelajari dari lembaran-lembaran buku selama satu

Kisah Satu Malam Seribu Satu Pesan

Oleh : Ence Surahman Diceritakan pada suatu kesempatan, Imam Ahmad Bin Hambali, seorang Imam besar yang telah membangun Madzhab Hambali, kedatangan tamu, tamu yang datang adalah orang yang beliau kagumi, dan beliau rindukan pertemuannya, beliau adalah gurunya yaitu Iman Safi’i. Imam Safi’i adalah Imam besar yang juga meletakan sebuah dasar pemikiran dan pendiri salah satu madzhab yaitu madzhab Safi’i. kedatangan Imam Safi’i disambut meriah dan dimulyakan oleh Imam Ahmad bin Hambali. Setelah melaksanakan Shalat Maghrib, Imam Ahmad Bin Hambali menyediakan makanan untuk gurunya, karena saking enaknya Imam Safi’i makan dengan lahapnya, sampai sempat nambah porsi makanannya. Setelah makan dilanjutkan untuk melaksanakan shalat Isya, setelah melaksanakan shalat Isya, kemudian Imam Ahmad Bin Hambal mempersilakan gurunya untuk istirahat dikamar yang telah disediakan khusus untuk Imam Safi’i. Di lain cerita, ternyata selama ada yang memperhatikan Imam Safi’i selama di rumah Imam Bin Hambali,

Laporan Observasi Evaluasi Program Pelayanan Perpustakaan

LAPORAN OBSERVASI EVALUASI PROGRAM PELAYANAN PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA Sebuah studi tentang pengaruh keberhasilan ISO;9001 dan perbaikan sarana perpustakaan terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan. Disusun dalam rangka memenuhi salah satu tugas mata kuliah Evaluasi Program Dosen Mata Kuliah: Drs. Zaenal Arifin, M.Pd. Dr. Deni Kurniawan, M.Pd Disusun Oleh: Ence Surahman (0800201) MAHASISWA KONSENTRASI PENDIDIKAN GUTU TIK PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN JURUSAN KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA – BANDUNG TAHUN 2010. KATA PENGANTAR Bismillahirrahmanirrahim Assalamu’alaikum wr wb. Segala puji beserta syukur kita panjatkan kepada Allah Yang Maha Kuasa, atas berkat rahmat-Nya kita semua bisa menikmati setiap nikmat yang telah diberikan-Nya, semoga kita menjadi orang-orang yang bersyukur kepada-Nya, sehingga nikmat-Nya semakin ditambah, amin. Solawat dan salam semoga selamanya tercurahlimpahkan kepa